Kulon Progo kini memang menjadi sorotan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara, salah satunya yaitu Goa Kidang Kencono yang memiliki pesona alam sangat indah.

Goa Kidang Kencono: Pas Untuk Menikmati Udara Segar di Kulon Progo
Goa Kidang Kencono: Pas Untuk Menikmati Udara Segar di Kulon Progo (Photo by, Mozzart Arrow)

Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi Goa Kidang maka ketahui lokasinya terlebih dahulu. Lokasinya berada di Dusun Sabrang Kidul, Desa Purwosari, Kec. Girimulyo, Sabrang Kidul, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674.

Jarak yang harus Anda tempuh dari pusat Kota Jogja yaitu sekitar 33 kilometer, atau sekitar satu jam perjalanan. Lebih tepatnya, Goa yang satu ini berada di barisan perbukitan Menoreh Kulon Progo.

Namun, untuk sampai di lokasi wisata memang cukup sulit karena belum adanya. Arah petunjuk menuju Goa tersebut sehingga wajib bertanya kepada masyarakat sekitar.

Rute paling mudah yang dapat ditempuh oleh para wisatawan yaitu melewati Jalan Godean dari pusat Kota Jogja. Apabila Anda sudah sampai di lokasi wisata ternyata juga harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki 400 km sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Namun, tak perlu khawatir akses menuju tempat wisata Goa Kidang Kencono memang sudah cukup mudah dengan jalanan beton.

Lebih Dekat Dengan Goa Kidang Kencono Kulon Progo

Sebagai salah satu tempat wisata yang cukup tersembunyi. Membuat tempat ini nampak asing untuk para wisatawan. Tetapi, Goa Kidang ternyata menyimpan banyak pesona keindahan yang luar biasa, yuk simak apa saja;

  Watu Giring Gunung Kidul Yang Mempesona Hasil Pahatan Maha Karya

Lorong Panjang

Lorong panjang ternyata menjadi salah satu keindahan yang dimiliki oleh Goa Kidang Kencana. Sebagai salah satu akses jalan mengitari keseluruhan bagian Goa. Tentunya, lorong panjang ini tidak hanya berfungsi sebagai akses jalan.

Tetapi juga menjadi salah satu fasilitas bagian Goa yang memberikan cahaya penerangan dari lorong panjang tersebut. Dengan demikian tentunya akan semakin memudahkan para wisatawan berkunjung menikmati keindahan alam dengan nuansanya yang masih sangat alami.

Sungai Bawah Tanah

Berikutnya keunikan yang dimiliki oleh Goa Kidang Kencana, yaitu adanya bagian sungai bawah tanah. Yang cukup dalam sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu wahana untuk rafting. Tentunya, hal tersebut sangatlah membuat liburan Anda jauh lebih menyenangkan dan tidak terlupakan.

Perlu diketahui bahwa dengan adanya sungai bawah tanah pasti harus lebih berhati-hati dalam melewatinya. Tak perlu khawatir saat berwisata ke Goa Kidang juga sudah terdapat tour guide yang akan membuat liburan menjadi lebih aman.

Soko Bentet

Apa itu soko Bentet? Apabila Anda mengunjungi Goa Kidang Kencana maka akan menjumpai. Adanya tiang yang menyatukan stalaktit dan stalagmit berupa batuan. Hal tersebut tentunya akan menjadi keunikan tersendiri.

  Air Terjun Randusari: Menikmati Pesona Alam Gunung Kidul Yang Indah

Yang dapat menarik perhatian para wisatawan untuk mengunjunginya. Dengan demikian Goa yang satu ini memang sangat terlihat alami dan eksotis.

Batu Menyerupai Candi

Berikutnya keunikan yang dimiliki oleh Goa Kidang yaitu adanya struktur batu yang menyerupai candi di dalam Goa. Sehingga semakin membuat Goa yang satu ini semakin memiliki nilai religi yang sangat tinggi.

Dengan demikian tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin mengunjunginya.

Ringin Kurung

Sesuai dengan namanya ringin kurung merupakan salah satu bagian dari Goa Kidang Kencana. Yang merupakan batuan kapur berbentuk seperti pohon beringin, sehingga sangat unik. Tentunya, Anda bisa melihatnya hanya saat mengunjungi Goa Kidang  Kulon Progo.

Nah, dengan menjadikannya sebagai spot foto tentunya akan menciptakan suatu moment yang tidak mudah terlupakan.

Harga Tiket Masuk

Kalau ini tidak usah khawatir, cukup bayar Rp 15.000 /orang dan kalau ingin mencoba ayunan, cukup Rp 20.000 saja. Retribusi parkir kendaraan roda dua Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000 saja, cukup murah kan Sob.

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Demikianlah informasi mengenai pesona alam di Goa Kidang Kencono yang menjadi keunikan tersendiri sehingga dapat menjadi daya tarik para pengunjung wisatawan.

Petunjuk Arah via Google Maps

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here