Kalau selama ini Anda kira untuk bisa menikmati keseruan di kawasan pantai maka Anda membutuhkan pasir putih yang menghampar dan hempasan ombak yang memanjakan kaki Anda, maka kali Anda perlu meralat pandangan Anda. Karena di pantai Kesirat Gunung Kidul, ada cara lain untuk menikmati hati Anda di tepian pantai dengan cara berbeda.

Pantai Kesirat Gunung Kidul Memang Paling Pas Buat Lokasi Mancing
Pantai Kesirat Gunung Kidul Memang Paling Pas Buat Lokasi Mancing (Photo by, andanaparingga.com)

Pantai satu ini memang bisa dikatakan masih perawan. Jangan harap bisa menjumpai penjaja makanan atau jasa sewa toilet, karena untuk bisa mencapai pantai ini saja sudah sulit. Jalur transportasinya sulit, jalan yang tersedia masih ala kadarnya dan untuk bisa mencapai titk tepi pantai, Anda masih pula harus menempuh jalur tracking.

Dan setiba Anda di tepian pantai Kesirat Gunung Kidul, anda masih juga tak menemukan hamparan pasir putih yang melebur dengan hempasan ombak. Sepanjang mata memandang yang Anda jumpai adalah jajaran tebing batuan karst tinggi yang beradu dengan kedalaman laut Hindia. Ombak menghajar dinding tebing dengan kerasnya membentuk cekungn-cekungan eksotis yang memberi kesan kecantikan misterius dari pantai ini.

Benar sekali pantai Kesirat Gunung Kidul memang bukan pantai pasir, tetapi jajaran tebing. Pantai ini sudah dikenal bagi kalangan pecinta memancing sebagai spot rock fishing di Yogya. Banyak pengunjung dari pantai ini adalah pecinta rock fishing alias memancing dari puncak tebing ke area laut dalam.
Tebing-tebing berjajar di pantai ini berhias beberapa vegetasi hijau yang menyelimuti permukaan bukit. Membuat pantai ini malah terkesan asri dan tropis. Malah, di salah satu puncak tebing utama terdapat satu pohon besar dengan sebagian batang menjorok ke laut dengan lekukan unik yang eksotis. Menambah efek misterius dari pantai Kesirat ini.

Pantai ini juga kerap menjadi pilihan untuk berkemah bagi para pecinta traveling. Posisi tebing yang tinggi memang membuat tenda yang dibangun cenderung aman dari hempasan ombak, ditambah posisi tingginya membuat kita bisa berpuas memandang panorama alam yang tercipta, memandang cakrawala yang mengukirkan sunset dan sunrise serta menikmati hempasan ombak yang lepas ke dinding tebing.

Konon beberapa pengunjung yang pernah mengalami sunset di pantai ini, diakui sunset di pantai Kesirat Gunung Kidul ini termasuk yang terindah di Jogja. Karena sudut pandang kita yang bebas dari ketinggian, juga efek bayangan dari bias matahari pada dinding tebing.

Penasaran ingin menyambangi pantai Kesirat Gunung Kidul ini? Lokasinya sebenarnya tidak sulit kok, berada tepat di kawasan perbatasan Imogiri dan Gunung Kidul. Dari Imogiri Anda bisa berjalan kea rah timur melalui Siluk lalu Panggang dan teruskan sampai ke pertigaan Legundi. Dari pertigaan ini masuk kea rah selatan menuju arah pantai Gesing, lalu temukan pertigaan dengan pohon besar di tengahnya di desa Girikarto, dimana Anda bisa temukan plang arah menuju lokasi.

Jangan kira perjalanan ini dengan mudah berakhir, karena untuk menuju pantai Kesirat Gunung Kidul, Anda masih harus menyusuri jalur cornblok sampai habis, lalu memarkir kendaraan di lokasi lapangan yang tersedia dan berjalan kaki menyusuri turunan bukit berbatu menuju pantai Kesirat. Bukan perjalanan mudah memang, tetapi akan memberi Anda satu lagi petualangan yang bernilai.

Baca juga : Telusuri Situs Sejarah Purbakala Di Sokoliman, Gunung Kidul

Penelusuran yang terkait dengan mancing pantai kesirat, wisata alam gunung kidul spot fishing.

2 KOMENTAR

Ada pertanyaan atau komentar?