Menyusuri Pantai Glagah Nan Megah
Menyusuri Pantai Glagah Nan Megah
Menyusuri Pantai Glagah Nan Megah

Pantai Glagah tak ubahnya dengan pantai – pantai lain di Indonesia, memiliki ciri khas yang berbeda. Begitu pula di Pantai Glagah, ciri khasnya adalah sebuah Laguna, agro wisata buah Naga, lokasi memancing yang seru dan olahraga air yang cukup lengkap. Tak heran jika kesan yang Sobat rasakan kala menginjakan kaki di Pantai Glagah Sobat akan langsung tak jub dengan melihat scenario alam yang indah.

Nampak dari kejauhan pantai yang megah sangat terasa, karena pandangan luas langsung ter-pampang di depan Sobat. Lautan luas nan biru seakan bersatu padu dengan langit cerah yang indah, dengan awan putih seakan memberi eksotisme keindahan alam yang luar biasa. Hamparan dataran padang rumput dan sibuknya nelayan di bibir pantai, terlihat hidup harmony bersama lautan.

Anak – anak kecil canda bersama, tawa bersama, keceriaan mereka, teriakan mereka seakan memberi kedamaian hati tersendiri. Lokasi pantai yang cukup jauh yaitu sekitar 40 km, bila Sobat berangkat dari Kota Yogyakarta. Akan langsung terbayar lunas rasa lelah anda sesampainya disini, sebab indahnya Pantai Glagah serasa mengobati rasa letih Sobat sepanjang perjalanan.

Sesampainya di Pantai Glagah, Sobat bisa beristirahat sejenak di Gazebo – gazebo yang telah disediakan oleh warga sekitar. Apalagi dengan meneguk segelas air kelapa muda yang segar membasahi tenggorakan yang haus akan kesegaran. Atau mencoba segelas jus buah Naga yang menyegarkan dan segelah es sirup bunga Roselle yang menyehatkan.

Sekaligus juga nikmati suguhan sajian seafood yang pastinya dapat menggoyang lidah Sobat. Pastinya menyenangkan, apalagi datang beramai – ramai beserta keluarga besar. Setelah selesai menikmati sajian makanan khas seafood ala Kulon Progo. Selanjutnya, anda bisa bersajalan – jalan meyusuri pantai yang indah indah ini.

Terdapat gardu pandang yang mampu membuat Sobat bakalan takjub melihat Pantai Glagah yang luas dan megah ini. Sebab dari gardu pandang ini Sobat bisa melihat luasnya hamparan Pantai, melihat kapal – kapal besar dengan muatan ton – ton-an, dan hamparan ladang budidaya tanaman buah Naga yang dikelola oleh perkebunan Kusumo Wanadri.

Selain itu juga dari gardu pandang ini Sobat dapat melihat kawasan muara sungai Serang. Setelah puas melihat indahnya Pantai Glagah dari atas gardu pandang, sekarang Sobat bisa jalan – jalan sejenak menuju Laguna. Sebuah ciri khas dari Pantai Glagah ini, terdapat sebuah telaga yang diakibatkan terjebaknya air laut yang kemudian membentuk semacam danau yang disebut Laguna.

Fenomena unik ini jarang dapat Sobat jumpai di pantai – pantai Indonesia. Oleh karena adanya Laguna ini mengakibatkan lokasi Pantai Glagah terpisah menjadi dua bagian, yaitu hamparan padang rumput dan areal gundukan pasir yang berbatasan dengan lautann lepas. Nah, karena di bagian Laguna ini airnya cukup tenang, akhirnya pengelola menyediakan sampan agar dapat digunakan oleh pengunjung yang suka dengan mendayung.

Dari sini Sobat bisa melihat perkebunan buah Naga yang terhampar luas. Selain sampan terdapat juga kano dan perahu motor yang dapat Sobat sewa disini. Setelah puas mendayung sampan Sobat bisa menikmati sensasi memancing yang jarang dapat anda rasakan di tempat lain. Selain perkebunan buah Naga terdapat juga perkebunan buah Melon dan Semangka yang memang komoditi andalan di kawasan ini.

Bagi anda pecinta motocross, salurkan hobby Sobat dengan menjajal track berpasir di areal motocross di Pantai Glagah ini, yang tentunya dapat memacu adrenalin Sobat pastinya. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk mencentang Pantai Glagah sebagai destinasi wisata di Jogja yang bakalan Sobat kunjungi akhir pekan ini. Suasana pantai yang indah dan ragam wisata lainya juga dapat anda rasakan disini.

Untuk menikmati wisata pantai nan megah ini, Sobat harus melangkah perjalanan menuju lokasi Pantai Glagah di Desa Glagah, Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk harga tiket masuk sebesar 4.000 rupiah saja. Dilokasi pantai Glagah ini juga sudah dikelola dengan baik, jadi sudah terdapat tempat – tempat menarik yang hanya terdapat di sini.

Jangan lupa juga untuk tetap tidak membuang sampah sembarangan, agar tetap menjaga lestarinya alam Indonesia, agar dapat juga dirasakan oleh generasi selanjutnya. Nah, demikian tadi perjalan yang menyenangkan, selanjutnya Sobat Jogja bisa lanjut ke destinasi wisata Jogja lainya yang tentunya menyenangkan. Selamat berlibur …

1 COMMENT

LEAVE A REPLY