Sajian Khas Jogja Unik Paling Pas Kopi Moka Menoreh
Sajian Khas Jogja Unik Paling Pas Kopi Moka Menoreh
Sajian Khas Jogja Unik Paling Pas Kopi Moka Menoreh
Sajian Khas Jogja Unik Paling Pas Kopi Moka Menoreh

Bagi Anda yang mengaku pecinta kopi wajib menjajal minuman kopi unik satu ini. Dijamin ini akan menjadi pengalaman berbeda dalam petualangan rasa Anda, terutama dalam khasanah perkopian. Pasalnya kopi satu ini memang sangat unik dan mungkin hanya bisa Anda jumpai di perbukitan Menoreh. Itu sebabnya kami katakan minuman satu ini sebagai sajian khas Jogja yang unik.

Adapun sajian tersebut adalah minuman kopi moka. Kelihatannya memang tak ada yang istimewa dari minuman berbahan kopi alami ini, bukankah ada banyak kopi kemasan yang menyajikan kopi moka dengan citarasa yang cukup istimewa, jadi apa istimewanya kalau kopi moka tersebut Anda buat di perbukitan Menoreh?

Tentu saja istimewa kalau kopi mokanya merupakan produk alami bahkan tata kelola perkebunannya sudah dengan sistem organik. Dan jangan Anda kira nama kopi moka di sini sama dengan bubuk kopi yang Anda oplos dengan bubuk moka atau cokelat. Karena yang satu ini lebih istimewa dari konsep oplosan tadi.

Karena kopi moka bukan kopi campuran, jadi 100% murni kopi dengan citarasa kopi. Kopi moka berasal dari proses perkawinan akar kopi jenis robusta dengan akar tanaman cokelat. Untuk Anda tau, Tentu saja beberapa dari Anda mengetahui babhwa kawasan menoreh ini terkenal dengan produksi cokelatnya.

Ternyata di masa lampau beberapa pelaku usaha tani dengan sengaja mengawinkan dua jenis tanaman ini kemudian membiakannya di kawasan menoreh dengan pertimbangan kawasan ini memiliki karakter tanah yang sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Dengan percampuran dua unsur ini, kopi moka memiliki citarasa unik. Ada rasa cokelat pada kopinya dan ini memberi efek nikmat tersendiri. Menariknya perkebunan kopi moka hanya bisa Anda jumpai di lahan pertanian kawasan bukit Menoreh. Tampilan kopinya juga berbeda karena memiliki warna lebih cerah dari kopi biasa. Hasil sangrainya akan terlihat cenderung cokelat dari pada hitam kelam.

Dan soal rasa, sudah tentu unik. Karena rasa kopi yang bercampur dengan aroma dan rasa cokelat membuat hidangan ini terasa unik. Bahkan bagi penikmatnya, rasanya lebih menarik daripada kopi moka biasa hasil oplosan. Belum lagi aroma unik yang berpadu antara aroma kopi ala robusta yang harum dengan aroma cokelat sangrai yang harum.

Meski sempat menghilang dari perderaan, kini usaha pembiakan kopi moka ini kembali dikembangkan. Tanaman kopi moka yang sempat hilang bertahun-tahun dulu kini kembali berkembang di kawasan menoreh. Bahkan kini kopi moka menajdi salah satu sajian khas Jogja di beberapa café lokasl dengan mengetengahkan produk kopi lokalan yang unik.

Kopi moka juga bisa anda beli dalam bentuk kemasan baik yang masih berupa biji atau yang sudah giling siap seduh. Jadi kalau Anda bertandang ke Jogja dan sempat mampir di kawasan Kulonprogo jangan lupa membeli sajian khas Jogja satu ini, kopi moka.

Baca juga : Kuliner Kulonprogo Paling Khas Ala Rakyat, Tempe Benguk

Photo by, hollyrilinger.com

LEAVE A REPLY