Puncak Gunung Lanang, Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan bukit Menoreh.

Puncak Gunung Lanang Kulon Progo, Perbukitan Menoreh Yang Mempesona
Puncak Gunung Lanang Kulon Progo, Perbukitan Menoreh Yang Mempesona (Photo by, Ardan Nugroho)

Kawasan alam di Kulon Progo belum tereksplor secara keseluruhan. Hal tersebut bisa menjadi adanya wisata di daerah tersebut yang kaya akan keindahan alam anugerah dari Sang Maha Kuasa.

Namun ada wisata yang harus kalian kunjungi, destinasi wisata itu adalah Gunung Lanang. Puncak gunung tersebut merupakan salah satu dari beberapa puncak Gunung Menoreh. Maksudnya puncak Bukit Lanang sebenarnya adalah hanya sebuah perbukitan.

Lebih Dekat Dengan Puncak Gunung Lanang

Menilik keindahan alam Kulon Progo yang memiliki eksotisme wisata yang sangat mengagumkan. Seperti sebuah bukit yang menjulang tinggi dengan sejuknya udara dan alam yang masih asri.

Bukit ini merupakan bagian dari deretan gunung merapi purba yang sudah tidak aktif lagi. Salah satu yang membuatnya begitu menarik ialah karena dekat dengan Pantai Glagah atau disebut Astana Lingga.

Lokasi

Lokasi wisata merupakan hal yang paling utama untuk diketahui. Untuk menuju ke Gunung Lanang pun juga begitu. Jika tidak tahu maka tak akan pernah sampai kan Sob, hehee~

Lokasi tempat wisata alam ini tepatnya berada di Sibolong, Jatimulyo, Girimulyo, Sibolong, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674. Lokasi wisata puncak tersebut mudah untuk diakses.

  Kedung Pengilon, Kecantikan Tersembunyi Di Balik Tirai Hutan Jati Bantul

Begitu pula jalan untuk menuju kesana, karena kondisi jalan sudah sangat baik sehingga membuat para pengunjung yang datang lebih mudah.

Rute

Setelah lokasi tempat wisata, yang perlu Anda ketahui berikutnya ialah bagaimana Anda menuju kesana? Cara atau rute jalan mana yang akan Anda tempuh untuk menuju kesana. Anda bisa menggunakan motor atau mobil untuk menuju kesana.

Jika menggunakan sepeda motor Anda bisa memilih jalur ke arah Goa Kiskendo. Apabila Anda menggunakan kendaraan roda empat dari kota Jogja bisa mengambil arah Jalan Godean lalu Pasar Kenteng, Goa Kiskendo, hingga ke lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk

Persoalan tiket mungkin menjadi hal yang paling utama juga. Dengan tiketlah Anda bisa memasuki wilayah wisata dan menikmatinya. Selain itu, dari tiket tersebut menjadi pemasukan warga setempat, sehingga secara tidak langsung membantu pertumbuhan ekonomi.

Untuk bisa memasuki dan menikmati keindahan wisata Gunung Lanang, Anda cukup membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Namun biaya lain juga harus Anda keluarkan seperti biaya parkir per motor Rp 2.000 atau jika menggunakan mobil dikenakan tarif sebesar Rp 5.000 per mobil.

  Wisata Jogja Embung Nglanggeran Gunung Kidul

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Daya Tarik

Berkunjung di tempat wisata alam Kulon Progo memang tidak ada habisnya. Pasalnya Anda bisa melihat panorama keindahan alam dan perbukitan yang membentang dari sini. Apalagi jika Anda sangat beruntung dengan cuaca serta pemilihan waktu yang tepat.

Anda akan menyaksikan secara langsung matahari tenggelam atau matahari terbit. Lalu juga mitos yang dikenal adalah tempat bertapa bagi Kyai Lanang dan Nyi Rantam Sari.

Fasilitas

Objek wisata ini memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk pengunjung. Fasilitas yang tersedia diantaranya adalah area parkir kendaraan roda dua dan roda empat, Mushola, warung makan, tempat istirahat, dan kamar mandi.

Oke Sob, demikianlah informasi terkait keindahan alam Puncak Gunung Lanang yang berada di Kulon Progo Yogyakarta. Ingat, selalu mempersiapkan segala kebutuhan yang akan dibawa saat berwisata ke Gunung Lanang.

Jagalah selalu kebersihan lokasi wisata, jangan membuang sampah sembarang, dan tetap perhatikan untuk melestarikan wisata yang Anda kunjungi.

Petunjuk Arah via Google Maps

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here