Pantai Kukup – Merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang paling sering di kunjungi saat musim liburan tiba. Lokasinya masih berada di deretan pantai Selatan yang memiliki kondisi lingkungan berkarang seperti Pantai Timang.

Pantai Kukup Gunung Kidul Yang Mempesona Dengan Pulau Juminonya
Pantai Kukup Gunung Kidul Yang Mempesona Dengan Pulau Juminonya (Photo by, instagram.com/eyedeal_aidil)

Pantai Kukup juga memiliki pasir putih yang membentang sepanjang bibir pantai dan di himpit oleh bukit kapur disekitarnya. Panorama alam pantai yang mempesona membuat para wisatawan betah berlama-lama disini.

Ada banyak hal menarik di tempat ini, salah satunya ialah terdapat sebuah batu karang besar yang penduduk setempat menyebutnya Jumino. Entah mengapa disebut demikian, tapi batu karang tersebut menjadi daya tarik yang sangat menarik.

Karena sangat besar, membuatnya nampak seperti pulau, yang kemudian dibuatlah Gazebo diatasnya dan jembatan menuju pulau Jumino. Menurut kami pribadi, penamaan tersebut berdasarkan nama penduduk setempat yang membangun jembatan dan Gazebo.

Pantai Kukup Gunung Kidul Yang Mempesona Dengan Pulau Juminonya

Bisa dibilang, kalau di Bali ada Tanah Lot, nah di Gunung Kidul ada pantai Kukup dengan pulau Jumino-nya. Lain halnya di Tanah Lot, di tempat ini terdapat Gazebo untuk bersantai dan tempat yang tepat untuk melihat langit senja.

  Pantai Kesirat Gunung Kidul Memang Paling Pas Buat Lokasi Mancing

Tipikal pantai Selatan yang memiliki ombak besar dan banyak karang adalah salah satu alasan mengapa tempat ini tidak cocok untuk dijadikan tempat berenang. Meski begitu, Pantai Kukup tetap memiliki pesona alam yang luar biasa.

Hampir setiap hari, sepanjang tahun Pantai Kukup Gunung Kidul selalu ramai pengunjung. Apalagi saat musim liburan tiba, hampir setiap sudut pantai penuh sesak para wisatawan dari berbagai penjuru daerah.

Fasilitas yang ada juga sangat mendukung, seperti gazebo, rumah makan, parkir yang luas, dan kamar mandi. Apalagi spot foto yang ditawarkan juga sangat beragam, bisa dibilang tempat ini sangat instagramable banget.

Hampir setiap sudu tempat ini dapat Sobat jadikan objek yang sangat menarik untuk menambah galeri foto instagram Anda. Yang jelas, Sobat tidak bakalan merugi kalau menghabiskan waktu liburan disini.

Lokasi tepatnya berada di Jalan Pantai Selatan Jawa, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55000

Oke Sob, demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai Pantai Kukup, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di lokasi wisata. Tetap sehat, tetap semangat, supaya bisa jalan-jalan lagi.

  7 Pantai Yang Tersembunyi di Gunung Kidul, Dijamin Gak Bikin Baper

Tidak lupa, mengingatkan selalu untuk tidak membuang sampah sembarangan di lokasi wisata dan menjaga suasana tetap kondusif, enjoy sobatJogja.com ~Matur nuwun

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here