Objek wisata di Jogja yang wajib dikunjungi memiliki berbagai macam jenis wisata yang sangat menarik. Mulai dari seni dan budaya, masa kini, alam, sampai pendidikan mengingat statusnya sebagai kota pelajar. Bahkan siapapun yang ke Jogja, rata-rata mereka akan mengunjungi tempat wisata populer seperti Malioboro, Keraton Yogyakarta, sampai pantai Parangtritis.

Akan tetapi, Jogja sebenarnya masih memiliki banyak pilihan wisata di Jogja. Pilihan-pilihan ini terbilang masih jarang dikenal, bahkan di sosial media pun belum begitu booming. Nah, pada kesempatan kali ini, Anda akan mengetahui setidaknya tiga objek wisata di Jogja yang wajib dikunjungi, tentunya selain wisata favorite di atas.

Objek Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Dengan mengetahuinya, Anda kemudian akan mendapatkan referensi lebih tentang lokasi wisata baru di kota Jogja. Dan Anda tak perlu khawatir, tiga tempat ini masih terbilang terjangkau dan tidak menguras kantong Anda. Siap untuk mengunjunginya?

Wisata Agro Edukatif Kebun Buah Langka Sedayu

5 Tempat Wisata Jogja Terbaru Untuk Anda Yang Hobby Fotografi
Tempat Wisata Jogja Terbaru – Kebun Buah Langka Sedayu (Photo by, kebun_buah_sedayu)

Objek wisata di Jogja yang wajib dikunjungi yang pertama datang dari dusun Sundi Kidul, kelurahan Argorejo, kecamatan Sedayu, Bantul. Di lokasi ini, Anda akan dapat menemukan kebun buah. Tapi tunggu dulu, kebun buah ini tak sembarangan, melainkan kebuh buah langka.

Maka lahirlah sebutan Wisata Agro Edukatif Kebun Buah Langka Sedayu. Status ‘langka’ ini juga dibuktikan dengan banyak varian buah yang memang tak ditemukan di sembarang tempat, sebut saja blackberry, kacang Amazon, jeruk Nagami, anggur Brasil, dan yang paling mencuri perhatian adalah yang disebut buah surga, buah Tin.

Buah Tin memang istimewa karena buah yang satu ini juga tertulis di dalam kitab suci Al-Quran. Secara total, Kebun Buah Langka Sedayu memiliki tak kurang dari 300 jenis buah tanaman langka. Anda bisa membawanya pulang dengan harga Rp 60.000 ditambah tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja!

Gunung api purba Nglanggeran

3 Objek Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi Untuk Anda Pecinta Alam
Objek Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi – Embung Gunung Api Purba Nglanggeran (Photo by, zulynurul)

Kemudian objek wisata di Jogja yang wajib dikunjungi yang kedua datang dari sebuah gunung. Tapi gunung ini tak seterkenal gunung Merapi. Namanya adalah gunung api purba Nglanggeran. Yang membuatnya berbeda adalah usianya yang diperkirakan mencapai 60 juta tahun.

Dengan demikian, bebatuan yang menjadi badan dari gunung ini memang bebatuan kuno dan lawas. Di spot ini, Anda bisa mengambil foto dengan angle yang unik dari puncaknya. Anda juga akan dapat melihat suasana di sekitarnya, termasuk embung yang sengaja di buat di salah satu sisinya.

Embung ini sebenarnya kolam lele dan dimanfaatkan untuk pengairan. Bila malam tiba, embung pun nampak lebih cantik dengan tatanan lampu yang ada di sekelilingnya. Oh iya, meski disebut gunung api, gunung ini sudah tidak aktif. Tertarik untuk melihatnya? Silakan datang ke desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, Gunung Kidul.

Goa Jomblang

Goa Jomblang, Mengintip Surga Kecil Dari Bawah Tanah
Goa Jomblang, Mengintip Surga Kecil Dari Bawah Tanah

Nah, yang selanjutnya, masih berhubungan dengan alam. Akan tetapi kali ini bukan di gunung, melainkan di goa. Jogja memiliki goa yang fenomenal dan menjadi tempat wajib bagi yang menginginkan sensasi traveling yang berbeda di Jogja. Goa ini bernama goa Jomblang.

Sebenarnya ada beberapa goa di Jogja, namun yang satu ini adalah yang paling menantang. Hal itu dibuktikan dengan ukurannya yang terbesar dengan suasana yang mencekam. Namun ketika Anda berada di dalamnya di waktu yang tepat, Anda akan mendapatkan spot foto yang spektakuler.

Spektakulernya ada pada cahaya matahari yang memasuki goa. Cahaya tersebut membuatnya nampak seperti lampu raksasa. Tak ayal, banyak wisatawan yang menyebutnya ‘Cahaya Surga’. Goa ini pun pantas masuk sebagai objek wisata di Jogja yang wajib dikunjungi.

Oke Sob, demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Mengingatkan selalu untuk tidak membuang sampah sembarangan di lokasi wisata dan menjaga suasana tetap kondusif.

Baca juga artikel menarik berikut ini, enjoy sobatJogja.com ~Maturnuwun

Penelusuran terkait objek foto.

Ada pertanyaan atau komentar?