Goa Jomblang, Mengintip Surga Kecil Dari Bawah Tanah
Goa Jomblang, Mengintip Surga Kecil Dari Bawah Tanah

Petualangan kami kali ini berlanjut di Goa Jomblang, Gunungkidul. Sebuah goa yang masyarakat setempat menyebutnya Luweng Jomblang. Salah satu Goa yang amat popular di Kabupaten Gunung Kidul. Keindahanya bahkan terdengar hingga ke mancanegara, seperti ketika Amazing Race America datang untuk mengabadikan keindahan Goa Jomblang ini.

Tak heran bila pecinta alam dari berbagai negeri serta Mapala dari berbagai kampus di Indonesia memasukan Goa Jomblang ke dalam daftar tujuan wisata saat berkunjung ke Yogyakarta. Seperti kata Mark salah satu peserta tour goa Jomblang asal Australia mengatakan, sangat kagum dengan keindahan alam yang disuguhkan di Luweng Jomblang ini.

Seperti pula kami, beberapa peserta tour Goa Jomblang juga masih newbie untuk caving di goa yang luar biasa indah ini. Tak perlu khawatir, karena sobat akan ditemani oleh profesional dalam urusan ini. Jadi, pastikan keadaan kondisi tubuh sobat prima saat mengikuti kegiatan tour goa Jomblang ini. Karena kita harus tetap focus, mengingat kita harus melalui jalan terjal menuju dasar goa.

Dengan mulut goa yang memiliki luas kurang lebih 50 meter serta luas lorong sepanjang 300 meter tak pelak membuat kita harus extra hati – hati. Goa yang terbentuk karena collapse doline ribuan tahun lalu ini, membentuk goa vertikal dengan vegetasi alam tetap tumbuh subur meski telah amblas ke bawah tanah.

Terdengar gemercik aliran sungai tak jauh dari Goa Jomblang, setelah terpukau dengan hutan purba serta pohon – pohon yang tetap tumbuh di dasar goa. Kini pusat perhatian tertuju pada kawasan Luweng Grubug atau Goa Grubug yang masih terhubung dengan Goa Jomblang. Luweng Grubug memiliki kedalaman kurang lebih 90 meter.

Bila sobat datang kiranya antara pukul 10:00 pagi hingga 12:30 siang, sobat akan disuguhkan fenomena yang menjadi primadona perjalanan goa Jomblang ini. Yap, sinar mentari yang menembus dasar Luweng Grubug memang sungguh memukau mata siapa saja. Seakan terhipnotis kami pula ikut hanyut dalam biasan cahaya yang menembus goa yang gelap.

Keseruan ini hanya bisa sobat dapatkan di Goa Jomblang, jadi pastikan sobat datang dengan peralatan keselamatan yang lengkap. Atau menggunakan jasa tour wisata atau paket wisata yang menyediakan alat – alat keamananan yang lengkap. Selain itu juga maksimal dalam satu penjelajahan Goa Jomblang adalah 25 orang demi terjaganya ekosistem alam.

Lokasi : Desa Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta (-+ 2 jam dari Kota Jogja)

Paket Wisata : Rp 450.000,- min. 2 orang | Jomblang Resort (+62 811 117 010)

Photo by, Agus Rohmad

Penelusuran yang terkait dengan wisata jogja bekas tanah amblas.

2 KOMENTAR

Ada pertanyaan atau komentar?