Tugu Jogja Bukan Sekedar Symbol
Tugu Jogja Bukan Sekedar Symbol

Bangunan bersejarah satu ini memang memukau banyak mata, ada kesan tersendiri saat menyaksikan Tugu Jogja baik dari kejauhan maupun dari jarak yang dekat. Sekedar berfoto atau melihat dari sisi jalan Pangeran Mangkubumi sembari duduk di kursi yang sudah disediakan, melihat dengan suasana sore yang damai akan lebih menyenangkan. Tugu Jogja dibangun pada masa sang pendiri Yogyakarta yaitu Pangeran Mangkubumi yang bergelar Sri Sultan Hamengku Buwono I.

Tepatnya 13 Februari 1755, setelah perjanjian Gianti yang merupakan awal berdirinya Ngayogyakarta Hadiningrat yang kemudian di tetapkan secara resmi setelah perjanjian wilayah kekuasaan pada tahun 13 Maret 1755. Bangunan bersejarah ini merupakan symbol semangat perjuangan rakyat Yogykarta melawan penjajahan Belanda pada masa penjajahan.

Dan hingga kini Monumen Tugu Jogja, tetap bediri tegak bukan saja sebagai landmark Kota Yogyakarta, namun juga symbol semangat masyarakat Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke bahkan wisatawan mancanegara juga menyempatkan diri menyaksikan Tugu Jogja dikala sedang berlibur di Kota Yogyakarta. Merupakan tempat wisata Yogyakarta yang paling popular menjadi alasan tersendiri mengapa para wisatawan berkunjung ke bangunan bersejarah ini.

Menyusuri jalan Pangeran Mangkubumi lurus hingga akhirnya anda akan sampai di Jalan Malioboro Yogyakarta, tempatnya pusat perbelanjaan yang terkenal di Yogyakarta ini. Di seputaran Tugu Jogja ada juga banyak tempat menarik, untuk sekedar menikmati jajanan khas atau ber wisata kuliner Jogja. Mengingat filosofi dan sejarah berdirinya tugu Jogja mungkin anda akan merasa memiliki perasaan bangga dan bahagia saat anda mendekat menyaksikan dengan penuh makna.

Banyak sekali seniman atau penulis yang biasanya mendapat inspirasi saat duduk dan memandangi dari segi filosofi berdirinya tugu Jogja ini. Memang benar jika ada yang mengatakan tugu Jogja bukan sekedar symbol atau bangunan bersejarah. Sebab tugu Jogja ini membuktikan bahwa pada jaman dahulu masyarakat Indonesia merupakan bangsa yang memiliki ideology bahu membahu saling menolong dan berbagi kepada sesama.

Salah satu tempat wisata Yogyakarta yang wajib anda kunjungi. Bisa juga menjadi spot pertama anda sebelum menjelajah ke tempat – tempat wisata Yogyakarta lainya. Atau bisa juga menjadi tujuan akhir dari liburan anda di Kota Yogyakarta. Ada semacam rasa nyaman di seputaran tugu Jogja, lalu lalang kendaraan bermotor yang lewat tidak menghalangi keindahan tugu ini.

Ditambah lagi anda datang pada saat malam hari dimana jalanan di perempatan tugu Jogja ini mulai sepi dari kendaraan bermotor yang lewat. Gemerlap cahaya di sekelilingnya membuat tugu Jogja semakin tampak indah dan terlihat keren. Apalagi bila anda membawa kamera DSLR yang mampu menangkap moment indah di sekitarnya.

Jadi, jika anda datang berkunjung ke Yogyakarta saya sarankan jangan lewatkan satu tempat keren ini. Karena anda akan tetap mengingat suasanan Yogyakarta hingga kembali di kampung halaman anda. Dan nikmati liburan murah dan menyenangkan di sini.

Photo cover | Adrian Adendrata | Photo post | Chusni Hidayad

Penelusuran yang terkait dengan filosofi tugu jogja, filosofi foto di tugu jogja, Gambar Tugu Jogja.

9 KOMENTAR

Ada pertanyaan atau komentar?