Wisata Sejarah Kota Bandung – Jas merah adalah ucapan dari Bung Karno semasa hidupnya yang memiliki arti jangan sekali sekali melupakan sejarah. Ya, sebagai bangsa yang besar kita memang tidak boleh sekalipun melupakan sejarah bangsa kita. Karena dari sejarah itulah, perjuangan para pahlawan dan juga para penggerak kemerdekaan dituliskan.

Nah, salah satu cara untuk menghargai sejarah adalah dengan turut merawat peninggalan peninggalan sejarah yang memiliki nilai tak terhingga. Bagi anda warga kota Bandung, kabupaten Bandung atau Jawa Barat atau daerah manapun yang berkunjung ke Bandung, tidak ada salahnya untuk mengunjungi 5 lokasi tujuan wisata sejarah Kota Bandung.

Sobat bisa menikmati kemegahan bangunan bangunan jaman dahulu, berfoto foto ria di tempat tersebut hingga belajar mengenai sejarah bangunan bersejarah tersebut. Nah lalu apa saja? Kita simak ulasannya.

 Wisata Sejarah Kota Bandung: Gedung Sate

5 Tempat Wisata Sejarah Kota Bandung Yang Wajib Sobat Kunjungi
5 Tempat Wisata Sejarah Kota Bandung Yang Wajib Sobat Kunjungi (Photo by, incsomnia)

Lokasi tujuan wisata sejarah Kota Bandung untuk Sobat kunjungi saat berkunjung ke kota Bandung adalah Gedung Sate. Di sini Sobat bisa melihat lihat kemegahan Gedung Sate atau ingin menghabiskan waktu liburan dengan hunting foto atau kegiatan bermanfaat lainnya.

Di tempat ini Sobat juga bisa mencari tahu mengapa gedung ini disebut sebagai Gedung Sate, apakah karena ada hubungannya dengan pedagang sate? Gedung yang sudah berdiri sejak jaman Belanda atau lebih tepatnya dibangun pada tahun 1920 ini bisa Sobat lihat di jalan Diponegoro no 22 Kota Bandung.

Gedung ini sudah menjadi gedung pusat pemerintahan kota Bandung semenjak tahun 1980. Jadi ada baiknya jika Sobat juga berpakaian sopan saat berkunjung. Tetapi tidak hanya itu saja, sering diadakan event event baik di dalam Gedung Sate maupun di halaman sekitarnya sehingga Sobat bisa menikmati suasana lain kota Bandung.

Gedung Merdeka

Gedung Merdeka Bandung By Peter-van-Riel
Gedung Merdeka Bandung By Peter-van-Riel

Untuk lokasi tujuan wisata sejarah Kota Bandung selanjutnya ada Gedung Merdeka. Serupa dengan Gedung Sate, Gedung Merdeka ini sudah ada sejak jaman Belanda.

Jadi di sini kita bisa melihat kemegahan arsitektur jaman itu. Gedung yang terletak di jalan Asia Afrika No 65 Kota Bandung ini juga menjadi saksi sejarah bagi berjuangan kemerdekaan Indonesia hingga pertemuan KTT Asia Afrika pertama yang juga bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Jadi, segera sempatkan waktumu untuk mengunjungi tempat ini.

Goa Belanda dan Goa Jepang

Goa Belanda dan Goa Jepang
Goa Belanda dan Goa Jepang (Photo by, qinanatour.com)

Masa peperangan memang menjadi salah satu masa yang kelam bagi sejarah bangsa Indonesia. Dari peperangan tersebut, meninggalkan berbagai bangunan atau tempat yang dulu dijadikan sebagai markas persembunyian hingga markas penyerangan namun kini berubah fungsi menjadi lokasi tujuan wisata sejarah Kota Bandung.

Contohnya seperti Goa Belanda dan Goa Jepang di Bandung ini. Gua yang terletak di Hutan Raya Juanda yaitu di Jalan Ir. H. Djuanda No.99, Dago Pakar, Kota Bandung ini dulunya difugsikan sebagai rumah tinggal tentara Belanda hingga dijadikan tahanan.

Gedung Jaarbeurs

Gedung Jaarbeurs
Gedung Jaarbeurs (Photo by, artdecolovers.com)

Gedung Jaarbeurs adalah salah satu lokasi tujuan wisata sejarah Kota Bandung yang wajib Sobat kunjungi. Alasannya, di tempat wisata ini juga terdapat sebuah festival yang disebut Braga Festival.

Braga Festival merupakan salah satu festival tertua di kota Bandung karena sudah diadakan semenjak jaman Belanda untuk menarik wisata ke kota Bandung. Gedung Jaarberus berada di Jalan Aceh no 50, Kota Bandung.

Gedung Indonesia Menggugat

Gedung Indonesia Menggugat
Gedung Indonesia Menggugat (Photo by, okezone.com)

Salah satu lokasi tujuan wisata sejarah Kota Bandung yang juga Sobat wajib kunjungi adalah Gedung Indonesia Menggugat. Gedung ini meskipun terlihat seperti rumah tinggal biasa namun sebenarnya merupakan lokasi bersejarah yang menjadi saksi bisu Insinyur Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Disinilah, Soekarno diadili atas dalih berusaha menggulingkan Belanda dari Indonesia dan saat itulah dikenal sebagai peristiwa Indonesia Menggugat.

Bagaimana? Menarik bukan sekilas cerita mengenai lokasi tujuan wisata sejarah Kota Bandung? Sobat bisa mengajak seluruh keluarga terutama keponakan atau adik adik yang masih sekolah untuk belajar sejarah dengan melihat bukti sejarahnya langsung.

Sedangkan Sobat yang tertarik dengan fotografi, lokasi lokasi ini memiliki arsitektur Belanda yang tidak bisa Sobat lewatkan untuk dijadikan sebagai obyek hunting fotomu. Selamat berkunjung di kota Bandung.

Ada pertanyaan atau komentar?