Museum TNI AU Yogyakarta tidak hanya sekedar menyuguhkan koleksi bersejarah dari masa ke masa. Tapi juga memberikan nilai edukasi kepada para pengunjungnya, selain itu kita juga dapat merasakan feeling-nya lingkungan TNI.

Museum TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta: Koleksinya Terlengkap
Museum TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta: Koleksinya Terlengkap (Photo by, Haruyuki)

Liburan ke museum ini, tentunya dapat memberikan nilai edukasi tentang sejarah yang ada di Indonesia. Berdiri sejak 4 April 1969, mulanya berlokasi di jalan Tanah Abang Bukit, Jakarta yang diprakarsai oleh. Seorang Panglima Angkatan Udara yang bernama Laksmana Udara Rusmin Nuryadin.

Namun, Yogyakarta merupakan kota kelahiran TNI Angkatan Udara, sehingga pada bulan November 1977. Museum ini digabungkan dengan Museum Ksatrian AAU yang berlokasi di pangkalan Adisucipto Yogyakarta. Kemudian sejak tanggal 29 Juli 1978 telah resmi menjadi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala.

Nah, pada tahun 1984 ternyata museum ini dipindahkan ke Wonocatur yang memiliki berbagai koleksi. Mulai dari berbagai pesawat penerbangan yang dulunya memang seringkali digunakan sebagai pesawat tempur.

Oleh karena itu Anda dapat melihat langsung berbagai pesawat atau koleksi lainnya yang berkaitan dengan dunia Angkatan Udara.

Lebih Dekat Dengan Museum TNI AU Yogyakarta

Sebelum Anda mengunjungi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu. Keunikan yang dimiliki oleh museum satu ini, Oke Sob! berikut beberapa informasi yang dapat kami bagikan.

Pesawat Terbang

Sudahkah Anda mengetahui apa saja koleksi yang menjadi keunikan di museum ini? Yap, Salah satunya yaitu pesawat terbang yang dulunya seringkali digunakan untuk melakukan penyerangan maupun pertempuran di masa penjajahan.

  Ramayana Ballet, Suguhkan Cerita Cinta Classic

Nah, tentunya pesawat terbang yang satu ini dapat dijadikan sebagai bahan edukasi yang bagus. Bahkan, Anda juga dapat menggunakan beberapa pakaian seragam penerbangan yang akan membuat liburan.  Menjadi lebih menyenangkan sehingga akan tercipta moment yang tak terlupakan.

Lukisan

Selanjutnya, keunikan yang dapat Anda jumpai saat mengunjungi museum ini. Yaitu, para pengunjung dapat melihat berbagai foto tentang dunia penerbangan. Mulai dari masa perjuangan, kemudian Anda juga bisa melihat 28 diorama.

Ditambah terdapat berbagai lukisan-lukisan di masa dahulu dengan berbagai lukisan mengenai para pahlawan Angkatan Udara. Yang berperan penting dalam mendirikan museum ini, sehingga hingga sampai sekarang dapat mengenang sejarah mengenai sejarah dunia Angkatan Udara.

Atribut TNI AU

Berikutnya ketika Anda mengunjungi museum ini, yaitu dapat melihat tanda kehormatan yang digunakan oleh para TNI AU. Selain itu, juga terdapat berbagai pakaian dinas jaman dahulu yang digunakan oleh para pahlawan.

Yang telah berjuang selama pertempuran, sehingga dapat mempertahankan Kemerdekaan. Dengan melihat, pengunjung dapat melanjutkan benang merah. Bahwa, bangsa ini adalah bangsa yang besar dan kuat.

Koleksi Buku

Kemudian Anda juga dapat menjumpai koleksi buku yang disimpan di Perpustakaan Museum. Tentunya, buku tersebut memiliki isi tentang dunia persenjataan Angkatan Udara.

  Museum Geoteknologi Mineral UPN: Belajar Sekaligus Liburan Edukatif

Koleksi buku yang terdapat di dalam museum pastinya memang akan memudahkan para penerus TNI angkatan udara lebih mudah dalam menjalankan berbagai kegiatan persenjataan di udara.

Koleksi Masterpiece

Ada yang tahu, apa itu Masterpiece? Koleksi ini merupakan bentuk replika pesawat Dakota VT-CLA yang merupakan penerbangan milik India yang telah jatuh di Bantul oleh Belanda saat  mendarat di Maguwo Yogyakarta.

Tentunya replika pesawat yang satu ini memang memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat melihat koleksi bersejarah di museum ini, Sobat hanya perlu menyiapkan Rp 6.000 saja. Dan parkir untuk bus Rp 25.000, mobil Rp 10.000, dan kendaraan roda dua Rp 5.000 saja.

Sangat terjangkau dan pastinya bakalan mendapat banyak sekali ilmu serta pengalaman yang seru.

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Wajib Sobat ketahui, museum ini berada dilingkungan TNI, jadi jaga sopan santunnya ya… Terutama, taati peraturan yang berlaku dan menjaga suasana tetap kondusif. Dan yang paling penting yaitu, tidak membuang sampah sembarangan.

Oke Sob, demikianlah informasi mengenai keunikan yang dapat Anda jumpai saat mengunjungi Museum TNI AU Yogyakarta. Sehingga akan membuat liburan Anda menjadi lebih menyenangkan tentunya.

Petunjuk Arah via Google Maps

Penelusuran terkait museum dirgantara mandala yogyakarta.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here