Museum adalah salah wisata yang terbaik sebagai salah satu cara menghabiskan waktu liburan. Berikut akan dijelaskan tentang Museum Sandi Yogyakarta untuk anda.

Museum Sandi Yogyakarta: Tempatnya Belajar Sejarah Ilmu Enkripsi
Museum Sandi Yogyakarta: Tempatnya Belajar Sejarah Ilmu Enkripsi (Foto: engsel kotee)

Apa yang terjadi jika saat ini anda tidak mengetahui sejarah? Tentu saja anda tidak bisa menghayati dan menghargai masa lalu. Adapun beberapa museum yang mengajarkan beberapa sejarah yang bisa membuat anda memiliki wawasan yang cukup baik untuk anda ketahui tentang Enkripsi.

Salah satu museum yang bisa anda kunjungi adalah museum ini, yang memberikan pameran tentang sejarah persandian yang ada di Indonesia. Berikut ini merupakan informasi yang bisa anda dapatkan tentang museum ini.

Lebih Dekat Dengan Museum Sandi Yogyakarta

Museum ini termasuk museum yang sudah lama berdiri, karena sudah sekitar 10 tahun berdiri. Museum ini didirikan bertujuan untuk melestarikan dan mengenalkan sejarah persandian yang ada di Indonesia. Adapun museum ini berada di Yogyakarta yang dibangun mulai tahun 2006 dan diresmikan pada tahun 2008.

Museum ini adalah salah satu bentuk penghargaan yang ditujukan untuk badan sandi yang dimiliki oleh Indonesia. Jika anda penasaran dengan wisata edukasi yang satu ini, maka anda bisa mengetahui informasinya melalui ulasan berikut ini.

  Candi Mendut Peninggalan Kerajaan Medang Masa Dinasti Syailendra

Lokasi

Langsung saja datang ke Jl. Faridan M Noto No.21, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224. Fakta menarik dari museum ini adalah awalnya alamat dari Museum tidak berada di alamat yang sekarang.

Karena pada saat itu, koleksi yang dimiliki sudah semakin banyak akhirnya lokasinya pindah kesini. Hal ini pula yang menandakan museum ini mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak. Sehingga mendapatkan banyak barang – barang yang bisa dipamerkan dalam Museum.

Ada banyak ruangan yang dapat anda jumpai, saat ini terdapat 9 ruang. Adapun ruang tersebut terdiri dari ruang pengenalan, ruang Agresi Militer I, Replika kamar mandi, Ruang Agresi militer II, Ruang Nusantara, Ruang Tokoh, Ruang Sandi Global, Ruang Edukasi dan perpustakaan.

Kesembilan ruang ini bisa anda kunjungi, di setiap bagian ada beberapa hal yang nantinya bisa menginspirasi anda atau bisa membuat anda lebih memahami lagi tentang sandi negara. Jika anda penasaran, maka anda bisa langsung mengunjunginya.

Fasilitas dan Jam Buka

Adapun beberapa fasilitas atau koleksi yang bisa anda perhatikan dalam Museum Sandi. Pertama ada replika kamar mandi yang digunakan oleh sandi pertama yang berada di Indonesia.

  Pesona Candi Sewu Di Balik Kisah Dongeng Roro Jonggrang

Kemudian ada pula beberapa peralatan sehari – hari baik secara replika ataupun asli yang digunakan oleh orang – orang sandi negara terdahulu.

Masih ada lagi dokumen – dokumen lainnya bisa anda lihat. Lalu anda akan ditunjukkan pula fasilitas multimedia yang memberikan berbagai informasi.

Untuk jam buka dari museum ini adalah setiap hari, mulai Senin – Jumat anda bisa datang mulai dari jam 08.30 – 16.00 WIB. Sedangkan untuk Sabtu dan Minggu mulai dari jam 09.00 – 12.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Gratis. Wah, mantapkan Sob? Liburan mu jadi semakin hemat kalau begini kan? Tunggu apalagi langsung saja datang dan belajar.

Oke Sob, demikianlah informasi tentang Museum Sandi Yogyakarta. Semoga anda bisa mengetahui informasi ini dan bisa menjadi salah satu rekomendasi dalam wisata anda.

Petunjuk Arah via Google Maps

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here