Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama memiliki berbagai koleksi senjata dan informasi bersejarah. Salah satu rekomendasi tempat wisata museum, untuk Anda yang ingin tahu sejarah TNI Angkatan Darat.

Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama: Mewariskan Nilai Perjuangan
Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama: Mewariskan Nilai Perjuangan (Foto: 李燡)

Saya yakin Sobat pasti setuju, kalau tempat wisata itu gak cuman tentang nongkrong? Bisa juga liburan berfaedah, dengan mengunjungi museum atau tempat bersejarah. Jadi, yuk liburan berikutnya, berkunjung ke Museum TNI AD.

Museum ini milik TNI Angkatan Darat, sehingga sangat banyak merekam kisah perjuangan sesudah kemerdekaan mulai tahun 1950-1980. Dan gedung museum satu ini sudah menjadi markas komando resimen sehingga pada tahun 1980. Sebelum diubah menjadi Museum Dharma Wiratama hingga saat ini.

Menyimpan koleksi senjata perang besar pada masa lalu dan Anda juga dapat melihat berbagai foto pejabat Angkatan Darat. Semua koleksinya itu telah disimpan dalam lemari kaca besar dengan beralaskan karpet merah.

Nah, Anda juga dapat mengetahui bahwa museum ini juga menyimpan berbagai senjata dari Tank Stuart MK I dan II, kemudian beberapa senjata buatan Amerika dari golok, samurai, senapan, pistol, dan lainnya.

Lebih Dekat Dengan Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama

Sudahkah Anda mengetahui apa saja yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan? Atau sudah penasar seperti apa? Langsung saja simak ulasan singkat kami berikut ini;

  Museum Pangeran Diponegoro, Menelusuri Kisah Sang Diponegoro Di Sasana Wiratama

Dharma Wiratama memiliki arti “Pengabdian Luhur” yang telah diberikan oleh prajurit TNI AD, baik itu senjata maupun amal baktinya kepada Negara.

Museum ini memiliki fungsi dan peranan sebagai bagian dari Dinas Sejarah Militer Angkatan Darat. Dengan tujuan untuk mewariskan nilai-nilai perjuangan para Pahlawan khususnya TNI.

Bangunan Bersejarah

Gedung museum ini, merupakan saksi bisu tentang masa penjajahan dan kolonialisme pada masa lalu. Yang kemudian beralih fungsi menjadi museum, untuk mengingatkan generasi muda akan pentingnya sejarah.

Sekarang ini banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi museum TNI AD ini. Mengapa demikian? Tentunya karena dengan banyaknya informasi bersejarah tersebut, menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Ruang Pengantar

Perlu Anda ketahui, lokasi ruang pengantar ini terletak di bagian tengah depan museum. Ruangan pengantar menampilkan bukti sejarah perjuangan perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah dengan prasasti peresmian Museum ini dan foto para Kasad.

Di ruangan ini terdapat dua ruangan yang dipergunakan Pangsar Jenderal Sudirman dan Letjen Oerip Soemohardjo sebagai ruang kerja yang saling berhadapan.

Tentunya, kedua ruangan ini menyimpan koleksi berupa telepon kuno , meja kerja, kursi, gambar kedua pahlawan nasional tersebut.

  Panggung Krapyak, Satu Bagian Garis Imajiner Yogya Yang Sarat Kisah Masa Lalu

Ruang Palagan

Disini pengunjung dapat melihat perlengkapan perang dan koleksi senjata seperti seragam tentara PETA. Kemudian dipamerkan juga TKR serta lukisan 8 palagan dalam ruangan ini yaitu Palagan Semarang, Palagan Bandung, Palagan Bali, Palagan Ambarawa, Palagan Medan, Palagan Palembang, Palagan Makassar, dan Palagan Surabaya.

Replika Dapur Umum

Menyimpan koleksi peralatan masak tradisional, seperti kekep, dandang, kukusan, bakul dan kayu bakar.  Selain itu, Anda juga dapat melihat pameran alat komunikasi berupa panji-panji kebesaran TNI AD, alat-alat kesehatan, radio pemancar dan penerima, dan aneka macam seragam TNI AD disertai dengan tanda jasa berupa Bintang Jasa dan Satya Lencana.

Galeri Museum

Terdapat galeri museum dharma wisata dengan berbagai benda ataupun foto TNI yang telah berjuang untuk di masa penjajahan. Dengan demikian tentunya museum TNI AD ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata, sekaligus tempat edukasi yang menyenangkan.

Oke Sob, demikianlah informasi mengenai hal yang menarik di Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama. Semoga bermanfaat dan dapat Sobat jadikan sebagai referensi destinasi wisata liburan Anda di Jogja.

Petunjuk Arah via Google Maps

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here