Monumen Pahlawan Pancasila Kentungan – Sebaik – baiknya bangsa adalah yang menghargai perjuangan bangsanya sendiri. Seperti kata Bung Karno pada pidatonya, tanggal 17 Agustus 1966, “Jangan sekali-kali meninggalkan Sejarah!”.

Monumen Pahlawan Pancasila Kentungan: Jangan Meninggalkan Sejarah!
Monumen Pahlawan Pancasila Kentungan: Jangan Meninggalkan Sejarah! (Foto: Prasetyo Budi Widagdo)

Salah satu yang membuat Indonesia menjadi bangsa yang kuat adalah karena masyarakatnya tidak meninggalkan sejarah. Bagaimana caranya? Dengan cara mengunjungi museum – museum yang bersifat nasionalisme.

Pada dasarnya museum – museum nasionalisme hampir ada disetiap Kota di Indonesia untuk mengenang perjuangan masa itu. Penasaran dengan museum yang satu ini?

Lebih Dekat Dengan Monumen Pahlawan Pancasila Kentungan

Museum yang memiliki tema perjuangan nasional pasti meninggalkan sebuah cerita pada masa peperangan. Hal ini juga terjadi pada Museum Pahlawan Pancasila.

Monumen atau museum ini dibuat untuk mengenang peristiwa G30S/PKI, mengenang gugurnya dua kolonel Angkatan darat. Hal ini bisa anda ketahui dari dua buah patung yang berada di dalam museum tersebut.

Dua patung tersebut yakni adalah Brigjen Katamso dan Kolonel Sugiyono. Jika anda semakin penasaran dalam penelusuran sejarah Indonesia, maka anda jangan lewatkan wisata yang satu ini.

  Museum Batik Ciptowening, Menutur Sejarah Batik Khas Jogja

Berikut akan dijelaskan untuk anda tentang berbagai macam informasi penting yang bisa anda ketahui saat berkunjung kesini.

Lokasi

Sebelum anda menuju ke museum tersebut setidaknya anda mengetahui tentang letak alamat dari museum tersebut. Monumen berada di Jl. Kentungan, Condongcatur, Depok, Kentungan, Condongcatur, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

Museum ini berada di kawasan TNI Angkatan Darat Batalyon 403. Hal inilah yang cukup menarik karena lokasi ini berada di mana tempatnya menjadi satu dengan tempat kerja TNI.

Adapun jika anda ingin kesana, maka anda bisa melewati terminal condongcatur nantinya 900 meter kemudian anda akan sampai. Anda bisa menggunakan motor atau mobil untuk mengunjungi museum tersebut.

Fasilitas

Ada beberapa fasilitas dari museum ini, anda akan dibawa untuk berjalan – jalan sambil mempelajari sejarah terjadinya G30S/PKI. Selain itu nantinya anda akan menemukan berbagai benda – benda bersejarah.

Serta monumen yang membuat anda memahami perjalanan sejarah tersebut. Tidak hanya itu saja, anda akan mengetahui pula tentang foto dan dokumentasi yang menjelaskan sejarah tersebut.

  Menyusuri Sejarah Bangsa Dari Benteng Vredeburg

Semakin anda memahami sejarah ini, maka anda akan mendapatkan makna perjuangan Indonesia. Jika anda bisa menghargainya, maka Bangsa Indonesia akan semakin kuat akan persatuan dan kesatuan.

Masih banyak lagi fasilitas yang nantinya dapat anda temukan di museum tersebut.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Untuk jam buka yaitu, jam 8 pagi hingga jam 1 siang dari hari Senin sampai Kamis. Sedangkan untuk hari Jumat, maka anda hanya bisa mengunjungi dari jam 8 pagi hingga jam 11 siang.

Adapun untuk biaya masuk yang dikenakan sampai saat ini adalah Gratis. Fasilitas yang dimiliki oleh museum ini adalah tempat parkir, Mushola, dan lain – lainnya.

Jika anda memang ingin melakukan perjalanan menuju museum ini, setidaknya anda bisa dengan mudah mendapatkan pengalaman berharga dalam museum ini.

Oke Sob, demikianlah informasi terkait Monumen Pahlawan Pancasila Kentungan yang bisa kami sampaikan. Semoga anda bisa mendapatkan pengalaman dan wawasan dari sejarah Indonesia.

Petunjuk Arah via Google Maps

Penelusuran terkait monumen pahlawan pancasila kentungan.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here