Pertanian adalah salah satu sistem yang selalu memiliki banyak sejarah di dalamnya. Berikut merupakan ulasan tentang Museum Tani Jawa untuk anda.

Museum Tani Jawa: Belajar Teknik Pertanian Dari Masa Lalu Hingga Kini
Museum Tani Jawa: Belajar Teknik Pertanian Dari Masa Lalu Hingga Kini (Foto: Fadli Andriawan Wibawa)

Tahukah anda jika pertanian sudah dilakukan berabad – abad lamanya. Hal ini dilakukan karena manusia membutuhkan makanan dan membutuhkan pula uang untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Oleh karena itu bertani adalah salah satu cara yang mudah untuk mendapatkan beberapa hal yang berkaitan dengan makanan. Jika sistem ini sudah dimulai dari berabad – abad yang lalu, maka sudah pasti terdapat beberapa peralatan yang dulunya digunakan untuk proses bertani.

Anda bisa menemukannya di Museum Tani. Penasaran? Berikut ini adalah informasinya;

Lebih Dekat Dengan Museum Tani Jawa

Museum ini cukup unik karena mengenalkan beberapa peralatan bertani yang dulunya digunakan. Oleh masyarakat agar memudahkan dalam mendapatkan dan mengolah hasil panen setelah bertani.

Pada dasarnya Museum Tani merupakan museum yang memiliki tema pertanian. Hal ini juga bisa dijadikan edukasi bagi anak – anak yang ingin mempelajari tentang pertanian.

Adapun pertanian tetap harus dilestarikan keberadaannya agar sistem yang selama ini dijalankan tidak menghilang begitu saja. Jika anda ingin mengetahui pertanian lebih dalam, maka anda bisa ke Museum Tani yang berada di Yogyakarta.

Lokasi

Sebelum anda ke Museum Tani, sebaiknya anda mengetahui letak tempat dari museum ini. Museum yang menggunakan tema pertanian ini berada di daerah kawasan Kampung Dusun Candran, Desa Kebonagung, Imogiri, Bantul.

Jika anda berada di daerah pusat Yogyakarta, maka anda menempuh jalan sekitar 18 KM ke arah jalan Imogiri Timur untuk bisa ke Museum Tani Indonesia.

Tempatnya sempat berpindah akibat gempa yang terjadi di Yogya beberapa tahun yang lalu. Anda bisa menggunakan motor atau kendaraan mobil untuk menuju ke museum yang bertema pertanian ini.

Fasilitas

Jika anda ingin mempelajari pertanian pada zaman dulu, maka Museum Tani adalah museum yang harus anda kunjungi. Adapun fasilitas yang diberikan untuk anda jika mengunjungi museum ini adalah beberapa alat pertanian yang dipamerkan di dalam museum.

Hal ini menjadi sangat menarik karena peralatan – peralatan tersebut masih tersimpan dengan baik dan menjadi sejarah dalam dunia pertanian.

Terkadang, untuk membuat pengunjung semakin betah dan ingin berkunjung lagi, daerah tersebut membuat acara yang berhubungan dengan pertanian. Kegiatan tersebutlah yang menjadi salah satu fasilitas yang sangat baik.

Jam Buka Museum Tani

Anda bisa berkunjung kapan saja ke Museum Tani Indonesia. Hal ini dikarenakan museum ini buka pada setiap hari, mulai dari hari Senin hingga Minggu. Untuk jam bukanya sendiri, anda bisa mengunjungi museum ini, mulai jam 08.00 – 15.00 WIB.

Museum ini terbuka untuk umum sehingga bagi anda yang ingin mengunjunginya bisa langsung ke museum tersebut. Anda bisa mendapatkan pengalaman terbaik saat berada di museum tersebut.

Sehingga bisa memanjakan diri anda untuk bersantai ala – ala pertanian. Hal ini juga bisa menjadi pelestarian budaya pertanian.

Oke Sob, demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda. Jika anda ingin lebih tahu lagi tentang Museum Tani Jawa, maka anda bisa langsung ke sana dan mencari berbagai hal yang ingin anda ketahui secara pasti.

Petunjuk Arah via Google Maps

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here