Lezatnya Kuliner Wonogiri, Ayam Panggang Mbok Tiyem Yang Istimewa
Lezatnya Kuliner Wonogiri, Ayam Panggang Mbok Tiyem Yang Istimewa
Lezatnya Kuliner Wonogiri, Ayam Panggang Mbok Tiyem Yang Istimewa
Lezatnya Kuliner Wonogiri, Ayam Panggang Mbok Tiyem Yang Istimewa

Setelah menikmati pesona alam Wonogiri, kami menyempatkan berkunjung menikmati lezatnya kuliner Wonogiri. Bertajuk ayam panggang istimewa Mbok Tiyem yang sudah sangat heboh di kawasan perbatasan Jateng dengan Jatim. Pada dasarnya cita rasa berbahan dasar ayam, memang paling mantap kalau dipanggang ketimbang di goreng atau direbus.

Sebab bila pandai memanggang rasa ayam yang gurih akan otomatis keluar dan meleleh dalam mulut anda. Wah, udah bikin ngiler ya ? itulah memang andalah warung makan Mbok Tiyem ini.

Aroma ayam panggang sudah mengepul – ngepul kala sobat tiba diwarung makan ini. Apalagi perut dalam kondisi kelaparan akut, tambah deh bikin ngilernya. Andalan Mbok Tiyem ini memang ayam panggang sejati, dimasak dengan kasih sayang siMbok menjadikan kuliner Wonogiri satu ini layak buat sobat Jogja jajal.

Nah, bila sobat kebetulan sekarang sedang di Wonogiri atau akan kesini, lokasinya berada di Jalan Raya Wonogiri – Ponorogo, tepatnya itu berada di daerah Sambi, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri.

Sejak pertama kali buka pada tahun 1960, warung Mbok Tiyem ini tidak begitu dikenal, bahkan pada awalnya Bu Tiyem berkeliling di sekitaran Wonogiri, memang awal – awal buka usaha itu seperti ini sama halnya dengan “Pisang Ceria“.

Namun, lambat laun dengan ciri khas panggangan yang matang sempoa, alhasil hingga kini karena konsisten menjaga kualitas rasa. Warung ini bisa menghabiskan berkilo – kilo daging ayam per-harinya lho, kini warung Mbok Tiyem sudah diteruskan anak – anak beliau.

Dan memiliki empat cabang yang terus bekembang, dengan tetap menjaga kualitas ayam panggang cita rasa istimewa ini. Nah, buat yang penasaran mengapa cita rasanya begitu nikmat ? usut punya usut, ternyata ayam dipanggang menggunakan kuali dengan bara api diatasnya, sehingga ayam tidak kena api secara langsung.

Rahasia lainya adalah ayam kampung jantan yang digunakan sebagai bahan utama ayam panggang mbok Tiyem. Nah, yang bikin keren lagi ayam tidak di ungkep atau direbus dulu, melainkan langsung dipanggang dengan metode tadi tersebut.

Selain itu bumbu lebih meresap dan dagingnya empuk secara alami. Sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih agak manis pada daging ayam panggan ini, apalagi di cocol pada sambal trasi bikin nambah ngiler deh.

Sementara itu side-dish yang berupa sayuran pepaya dan lalapan nambah suasana makan jadi makin sip, apalagi ada kerupuk nambah mantap. Untuk soal harga, cukup murah dan gak merogok kocek terlalu dalam, yaitu 17.000 rupiah saja.

Nah, itu dia tadi cerita lezatnya kuliner Wonogiri yang menggairahkan lidah. Next kita telusuri lagi Wonogiri, baik itu budayanya, kulinernya, dan pesona alamnya. Yang intinya nunjukin pada dunia kalau Indonesia itu indah untuk dikunjungi, tapi menolak untuk dirusak.

Salah satu andalan wisata alam Wonogiri :

Kembali lagi, sedikit tambahan warung makan Mbok Tiyem ini buka sejak pagi jam 7:00 sampai malam jam 20:00 WIB.

Baca juga : Ini dia, Senjata Penting Yang Wajib Dibawa Travel Blogger

Photo by, tribunnews.com (Hamim Thohari)

kuliner wonogiri, wisata kuliner wonogiri, kuliner di wonogiri, ayam panggang wonogiri, ayam panggang mbok tiyem, ayam bakar wonogiri, wisata kuliner wonogiri photos, harga ayam panggang mbok dinem, wonogiri kuliner, harga ayam panggang mbok tiyem

4 COMMENTS

  1. mantap, kalau bahas kuliner paling demen nih baca 😀
    kalau ke wonogiri juga jangan lupa mampir ke Serba Sambal di jalan diponegoro no.99 wonoboyo wonogiri tepatnya di lampu merah pasar pokoh.
    di jogja juga ada lho jalan gedong kuning selatan.
    http://www.serbasambal.co.id

LEAVE A REPLY