Kuliner Jogja Khas Pasar Kranggan, Jenang Upih dan Jadah Koro
Kuliner Jogja Khas Pasar Kranggan, Jenang Upih dan Jadah Koro

Pasar Kranggan memang salah satu icon dari betebarnya kuliner Jogja, khas, unik, sehat, dan berbudaya. Pasar ini berlokasi di dekat Tugu Yogyakarta, sebuah kawasan yang merupakan padat wisatawan. Berburu kuliner Jogja di Pasar Kranggan, memang menguras kantong dan mental.Kali ini sobat Jogja, berkenalan dengan penganan khas yang sangat popular di pasar ini, betapa tidak kerumunan pengunjung sudah mengelilingi si Mbah – mbah (Nenek dalam bahasa Jawa) sehat dan berenergi. Namanya Jenang Upih dan Jadah Koro, duo yang mampu menggoda lidah, apa saja komposisinya ? mari simak berikut ini.

Jenang Upih

Upih sebenarnya adalah sebuah alat sederhana yang digunakan untuk merebus jenang, alat ini terbuat dari semacam serabut dari bahan alam. Bahan dasar jenang adalah tepung terigu yang di campur dengan air lalu direbus hingga menggumpal. Kemudian jenang tadi dimasukan kedalam jadah.

Jadah Koro

Jadah merupakan makanan khas yang biasanya terdapat banyak di kawasan kaliurang, sebuah makanan khas yang kaya akan protein. Beras ketan yang mengandung karbohidrat tinggi di campur dengan kacanf koro yang mengandung protein tinggi. Tidak kalah tinggi dengan kacang hijau tentunya.

Makanan khas satu ini nyatanya menjadi primadona bagi penikmat kuliner Jogja, terlihat jelas baru saja buka Mbah Marto sudah di serbu pengunjung. Kuliner Jogja satu ini sangatlah eksklusif, betapa tidak hanya tersedia dua hari dalam seminggu. Mengingat pembuatan Jadah yang memakan waktu cukup lama.

Jenang Upih dan Jadah Koro, seperti sebuah sumber energy protein tinggi, maklum makanan khas kebanyakan kaya akan protein. Tentunya selain, memiliki nilai budaya yang tinggi kuliner Jogja, Jenang Upih dan Jadah Koro ini sangatlah sehat.

Perburuan kuliner Jogja di pasar Kranggan masih terus berlanjut, next kita ceritakan lagi serunya perjalanan kami di Pasar Kranggan yang menjadi icon surganya kuliner Jogja. Lalu sobat bakalan mendapatkan yang namanya sensasi baru dan menyehatkan tentunya, tak perlu ragu lagi deh. Yuk! Mampir

Lokasi : Pasar Kranggan, Jalan Diponegoro, Kota Yogyakarta (Dekat Tugu Jogja)

Baca juga : Saksi Bisu Romansa Negeri Mataram Kuno

Photo by, nglarastenan.files.wordpress.com

Penelusuran yang terkait dengan jenang opeh, jenang upih, 8 aneka jenang pasar kranggan, makanan khas jogja yang mengandung karbohidrat, kaya jadah tapi dari beras namanya apa dalam bahasa jawa, jogyafoodgram jajanan pasar kranggan jenang upih tempe koro, jenang u, jenang kranggan, cara membuat jenang upeh, aneka jenang kranggan.

Ada pertanyaan atau komentar?