Pantai Jungwok, Sudut Timur Jajaran Pantai Wonosari
Pantai Jungwok, Sudut Timur Jajaran Pantai Wonosari
Pantai Jungwok, Sudut Timur Jajaran Pantai Wonosari
Pantai Jungwok, Sudut Timur Jajaran Pantai Wonosari

Wisata di Jogjakarta rasanya memang belum lengkap kalau belum menjajal menyusuri kawasan pantai di daerah wonosari Gunungkidul. Kawasan bibir pantai di daerah ini memang memiliki sisi eksotis yang indah. Bagaimana tidak bila jajaran pantai ini diriasi dengan rangkaian karang-karang menjulang yang menghiasi lepas pantai dan mengapit apik kawasan bibir pantai.

Salah satu yang tidak rugi untuk Anda sambangi adalah pantai Jungwok. Nama pantai Jungwok memang tidak sepopuler pantai Baron atau pantai Indrayanti. Namun pesonanya bisa jadi akan membuat Anda tidak akan beranjak segera darinya.

Pantai Jungwok berada di sisi timur daerah garis pantai Wonosari. Tepat diapit dua pantai, pantai Wediombo dan pantai Sadeng. Berjarak hanya sekitar 2 km dari pantai Wediombo membuat kawasan ini tak ubahnya seperti bertetangga.

Pantai ini berpasir putih dengan sebagian sudah cukup halus namun seagian lagi bertekstur cenderung lebih kasar, dengan beberapa masih jelas menyerupai pecahan karang kasar. Yang menarik dan membuat pantai Jungwok semakin mengesankan adalah pecahan karang besar dan kecil yang menghampar di seluruh kawasan bibir pantai. Ini membuat pantai Jungwok sangat kental terkesan sebagai sebagai pantai perawan.

Tak hanya di bibir pantai, karena dilepas pantaipun Anda akan menemukan jajaran karang raksasa yang seolah menyembul dari permukaan air. Pantai ini seolah dipagari oleh tiang-tiang karang besar dan memberi kesan sedikit menyeramkan. Apalagi pantai Jungwok ini selalu terkesan sepi, mungkin karena memang belum banyak pengunjung yang rela menempuh perjalanan sekitar 75 km dari kota Jogja demi mencapai pantai cantik ini.

Padahal pantai ini memiliki keistimewaan, meski terkesan seram, justru omak di pantai ini terasa lembut. Seperti biasa Anda jumpai di pantai berkarang di bibir pantai Gunungkidul, deburan ombak di pantai Jungwok selalu tampak besar dan bergeliat tampak dari kejauhan. Tetapi jajaran pecahan karang itu menjadi tanggul alami yang memecah ombak hingga berakhir lembut menyapa pasir.

Beberapa pakar geologi yang pernah menyambangi kawasan ini meyakini kalau kondisi ombak yang seperti inilah yang membuat pasir di kawasan ini terkesan kasar, karena jarang terhempas ombak. Bahkan jajaran karang di kawasan ini juga masih utuh meski sudah berusia jutaan tahun.

Jajaran karang purba ini rupanya juga memberi wahana tersendiri bagi pengunjung. Karena di sisi timur pantai terdapat kolam alami dengan kedalaman sekitar 1,5 m yang berasal dari ceruk pada sebuah bongkahan karang. Anda bisa bermain air dan berendam di dalamnya dengan sepuasnya.

Salah satu sebab pantai Jungwok masih jarang pengunjung adalah karena lokasinya terbilang tersembunyi. Padahal sebenarnya Anda bisa dengan mudah mencapainya dengan menempuh jalur ke arah timur di kawasan Gunungkidul. Anda cukup memasuki tikungan menuju pantai Wediombo, kemudian belok ke kiri hingga memasuki jalur off road diakhir jalur.

Anda membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari sini untuk benar-benar masuk di kawasan pantai Jungwok dengan berkendara motor. Tetapi Anda bisa memilih berjalan kaki melalui jalan setapak dengan jarak tempuh sekitar setengah jam. Memang benar-benar pantai yang tersembunyi kan?

Kawasan pantai ini kerap menjadi pilihan para petualang dan pecinta alam menikmati panorama alam sembari berkemah. Anda harus menyiapkan semua perbekalan dengan baik mengingat di kawasan ini belum ada usaha komersial yang dijalankan permanen. Lokasi pertokoan komersial terdekat adalah di pantai Wediombo. Cukup jauh juga kan menempuh jarak 2 -3 kilometer demi sebotol minuman.

Kecuali Anda tertarik mencicipi kesegaran sumber air tawar yang muncul ditegah pantai Jungwok ini. Sumber air ini terlihat cukup kecil dengan riak air yang relatif tenang, tepat berada di kawasan bibir pantai tak jauh dari ceruk kolam. Kadang para pengunjung kurang menyadari keberadaan sumber air ini karena memang terlihat samar.

Sebuah pantai cantik dengan pesona yang lengkap bukan? Anda bisa puas menikmati keindahan pantai berkarang lengkap dengan pasir putih, deretan karang besar dan kecil, sebongkah karang besar dengan kolam karang ditengahnya dan tentu saja disertai sumber air tawarnya. Dijamin perjalanan 2 jam dari pusat kota Jogja tidak akan membuat Anda menyesal setelah Anda larut dalam pesona pantai Jungwok.

Photo by, Yoga HanggaraSebastian Photowork

wonosari pantai baru

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY