Banjir Penggemar Kpop Dan Drama Korea, Ini Masukan Untuk Pemerintah Indonesia
Banjir Penggemar Kpop Dan Drama Korea, Ini Masukan Untuk Pemerintah Indonesia (photo by bzong20)

Sobatjogja – Mungkin sudah kenal dengan istilah k-pop dan k-drama. Korea memang maju dan unggul dalam bidang teknologi, ekspor, industri, termasuk juga musik dan dramanya. Bahkan penggemarnya (fans) pun tersebar di segala dunia, termasuk di Indonesia sendiri. Dan hal ini tentu tidak serta merta terjadi begitu saja.

Kesuksesan Korea dalam menyebarkan Hallyu atau Korean Wave tak luput dari berbagai pihak. Mulai dari masyarakatnya yang mencintai produk dalam negeri, kualitas dari aktor atau pemainnya, teknologi yang digunakan, hingga peran pemerintah dalam membantu memfasilitasi banyak hal.

Banjir Penggemar Kpop Dan Drama Korea, Ini Masukan Untuk Pemerintah Indonesia
Banjir Penggemar Kpop Dan Drama Korea, Ini Masukan Untuk Pemerintah Indonesia (photo by bzong20)

Intinya musik dan drama mereka digarap dengan profesional, berkualitas dan kompak. Sehingga menjadikan tontonan yang menyenangkan dan mengagumkan.
Dampak yang mereka rasakan yaitu, tempat-tempat yang dijadikan sebagai lokasi syuting, kerap dikunjungi oleh wisatawan asing, tentu hal ini menjadi sumber devisa negara Korea.

Jika ditanya penggemar Indonesia sendiri yaitu karena mereka tertarik dengan penampilan dan wajah yang cantik dan ganteng dari artis korea tersebut. Ada juga yang mengatakan bahwa artis-artis itu berjuang keras untuk bisa menghasilkan karya tersebut. Dan semuanya memang benar adanya.

Tapi coba lihat, masyarakat Indonesia mulai suka dan menggemari hal-hal yang berbau korea, sedangkan budaya nya sendiri enggan menyentuhnya. Tentu ini menjadi dampak yang negatif bagi generasi penerus bangsa. Mereka terlalu mendewa-dewakan produk korea dan kurangnya rasa bangga akan produk negeri kita sendiri.

Sudah seharusnya kita sadar akan hal itu dan jangan lupakan budaya sendiri hanya karena budaya mereka yang lebih bagus. Tentu ini menjadi PR buat kita semua, khususnya masyakarat untuk lebih tekun bekerja, berkarya dan belajar menghargai budaya kita sendiri.
Ini menjadi masukan untuk pemerintah Indonesia, untuk lebih memperhatikan dan mengembangkan industri kreatif anak-anak muda Indonesia, agar terciptanya karya-karya yang mencerminkan budaya lokal Indonesia. Sehingga masyarakat menjadi termotivasi untuk mengembangkan bahkan hal-hal yang ada disekitar kita.

Dan bisa jadi suatu saat nanti, bangsa kita juga akan sama maju nya dengan negara-negara yang besar seperti Korea. Amiin.

penggemar kpop

LEAVE A REPLY