Pac-Man – Sobat pasti pernah mainin game legendaris satu ini kan? Yup, ‘Pac-Man’, kalau pernah berarti masa kecil kita bahagia. Masih ingat kan dulu, jaman-jaman game arcade ini booming?

Billy Mitchell: Pemegang Score Tertinggi Arcade Game 'Pac-Man' di Dunia
Billy Mitchell: Pemegang Score Tertinggi Arcade Game ‘Pac-Man’ di Dunia (Photo by, CNN.com)

Hampir setiap hari lepas pulang sekolah kita selalu kumpul di “Ding-dong-an” dulu baru pulang kerumah. Gak inget makan, gak inget ngerjain PR, pokoknya kumpul seru-seruan bareng temen-temen.

Entah berapakali kena marah, dihukum sama Ortu, sampai-sampai penjaga “Ding-dong-an” nyuruh kita pulang (ngusir) buat ngerjain PR dulu.

Wah, masa-masa itu benar-benar sulit untuk dilupakan.

Lain cerita dengan Billy Mitchell, yang pada tahun 1999 berhasil menjadi orang pertama yang mencetak nilai sempurna di game ‘Pac-Man’.

Kemampuannya ini bahkan membuat sang creator geleng-geleng kepala, sampai ia dinobatkan sebagai the video game player of the century (Gamers Sepanjang Masa).

History: Andrea Dovizioso, Menangi #ItalianGP di Mugello

Perfect-score nya 3,333,360 wow..

Dulu bisa score 30,000 aja udah ndak ada yang bisa nyalip, bahkan anak-anak kompleks yang sering mainin ‘Pac-Man’ aja udah gedek-gedek.

Menurutnya, yang membuat game ini ndak ngebosenin adalah gak ada ucapan selamat, game over, atau akhir atau ending, atau apalah-apalah itu.

Tapi diakhir cuman nampilin score kita, dan list top score di ‘Pac-Man’ tersebut. Design game ini juga benar-benar diciptakan seperti itu, jalan satu-satunya adalah restart atau bertahan untuk terus bertarung.

Wow, salute buat simbah Toru Iwatani founder ‘Pac-Man’ (1980).

Siapa yang menyangka sebuah genre game yang gak ada ending-nya bisa sesukses ini, padahal sebelum launching ia beberapa kali ditolak oleh pihak distributor saat itu.

Beruntung Namco Limited (video game developer & publisher), teken kontrak dan melihat peluang cerah terhadap Pac-Man.

Oke Sobat, demikian tadi sedikit kisah inspiratif dari Pak Billy Mitchel, yang dengan sabar dan telaten menggeluti hobby-nya dan sekaligus juga. Membuktikan apa yang kita geluti dengan telaten, hal kecil apapun itu, bisa berarti bagi yang lain.

ps. Kalau sobat gamers dan pernah mainin game Pac-Man ini, jangan lupa share dan komen dibawah sini ya, sampai jumpa di ulasan lainnya. enjoy sobatjogja.com

Ada pertanyaan atau komentar?