Puncak Becici, Gardu Pandang Jogja Dari Puncak Ketinggian Bantul
Puncak Becici, Gardu Pandang Jogja Dari Puncak Ketinggian Bantul (Photo by, hermionewulohering.blogspot.com)

Pada satu waktu kami sempat mengulas mengenai pesona dari kawasan wisata alam Mangunan. Salah satu desa wisata agro yang terkenal di kawasan Bantul. Berada di tengah perbatasan antara kawasan Imogiri dengan Dlingo, salah satu puncak tertinggi dari perbukitan Bantul.

Puncak Becici, Gardu Pandang Jogja Dari Puncak Ketinggian Bantul
Puncak Becici, Gardu Pandang Jogja Dari Puncak Ketinggian Bantul (Photo by, hermionewulohering.blogspot.com)

Rupanya di kawasan wisata Mangunan ini tersimpan satu lagi destinasi wisata yang tersembunyi namun sangat sayang untuk Anda lewatkan, apa lagi kalau bukan gardu pandang Jogja. Anda memang bisa menemukan banyak gardu pandang Jogja dengan panorama perbukitannya yang memikat. Mulai dari gardu pandang Suroloyo, ketep pass dan masih banyak lagi. Tetapi yang satu ini tetap saja perlu Anda jajal di waktu liburan Anda.

Untuk menuju gardu pandang Jogja ini, Anda perlu menyusuri jalan menanjak dari Kebun Buah Mangunan, menuju ke pedalaman hutan pinus Mangunan. Lokasi gardu pandang  ini sendiri memang seolah di balik kawasan Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan.

Puncak Becici terletak di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Anda perlu menyusuri lereng perkebunan kebun buah Mangunsari, lalu bertemu dengan pertigaan yang menjadi penanda kawasan hutan pinus Mangunan. Ikuti papan petunjuk tersebut sampai Anda menemukan satu kawasan terbuka yang biasa dimanfaatkan sebagai area parkiran.

Dari titik ini, Anda hanya bisa mencapai puncak Becici dengan berjalan kaki. Perjalanan ini memerlukan waktu sekitar 15 menit, menyusuri jalur tracking mendaki landai di area hutan pinus Mangunan. Perjalanan ini sangat memikat, karena ada akan dimanjakan oleh kecantikan hutan pinus tua ini disertai dengan keunikan garis sadapan cairan pinus yang dapat Anda jumpai pada batang-batang pohon. Cairan pinus sendiri dimanfaatkan sebagai bahan terpentin.

Suasana hutan sangat rimbun, karena berpayungkan dedaunan pinus yang menghalangi pancaran panas sinar matahari.Ditambah vegetasi ringan yang menyelimuti tanah dari kawasan hutan. Meski termasuk penangkaran, tetapi hutan ini juga menjadi salah sumber ekonomi masyarakat sekitar.  Hanya saja memang perlu stamina yang prima untuk menempuh jalur menanjak yang terbilang melelahkan ini.

Dan setibanya di puncak Becici, perjalanan melelahkan yang Anda jalani tadi akan terbayar lunas. Anda akan benar-benar disuguhkan panorama mempesona dari ketinggian. Lengkap dengan garis-garis dan siluet perbukitan Bantul lengkap dengan awanyang berkabut menghias sela perbukitan seolah Anda berada di negeri kahyangan.

Ada nuansa magis yang muncu menyelesak dalam benak ketika menemukan keindahan pesona ketinggian Bantul ini. Ditambah panorama unik di bawah bukit seperti liukan sungai Oya, kawasan persawahan yang membentang, pegunungan sewu di latar belakang dan laut selatan dari kejauhan. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati cantiknya gunung Merapi sampai pegunungan Menoreh bila cuaca memang sedang cukup cerah.

Ternyata di Bantul  juga bisa Anda temukan kecantikan panorama dari ketinggian pada gardu pandang Jogja yang terkenal, sebagaimana Anda lihat di puncak Becici. Sempatkan menikmati nuansa berbeda dengan duduk di atas papan yang sengaja dipasangkan pada pohon tinggi sebagaimana bisa Anda temukan di Kalibiru Kulon Progo, gardu pandang Jogja lain yang sudah duluan terkenal.

Baca juga : Pantai Ngedan, Wisata Pantai Terbaru Dari Bibir Pantai Gunung Kidul

gardu pandan bantul, gardu pandang jogja, lereng becici, puncak becici
BAGIKAN

Ada pertanyaan atau komentar?