Menikmati Wisata Pantai Jogja di Baron, Gunungkidul
Menikmati Wisata Pantai Jogja di Baron, Gunungkidul
Menikmati Wisata Pantai Jogja di Baron, Gunungkidul
Menikmati Wisata Pantai Jogja di Baron, Gunungkidul

Memandangi pantai Baron dari ketinggian memang istimewa, sebuah kesempatan yang langka melihat salah satu tempat wisata pantai Jogja yang istimewa ini. Sebuah pantai yang memiliki sejarah cukup panjang, sekaligus legenda – legenda yang menyelimutinya.

Pantai ini dinamai pantai Baron, berdasarkan cerita masyarakat yang menyatakan dahulu kala seorang bangsawan bernama Baron Skeber, berlabuh di pantai ini. Seorang bangsawan yang bahkan masuk dalam legenda Serat Babad Pati, sehingga kisahnya sering dibawakan oleh lakon dalam kesenian ketoprak.

Tak lepas dari penamaan tersebut memang terdapat berbagai versi legenda masyarakat setempat, namun kisah ini sering kita lewatkan karena lebih fokus pada keindahan wisata pantai Jogja di Gunungkidul ini.

Selain panorama alam yang indah, dari sini sobat bisa melihat laut selatan yang sangat megah, serta sobat juga bisa menyaksikan aktifitas nelayan yang pulang dan pergi untuk melaut. Selain itu disini sobat juga bisa membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan langsung dengan harga cukup terjangkau.

Nah, bila sobat tertarik untuk mengunjungi pantai Baron ini, jalan yang dilalui sangatlah mudah, karena akses menuju pantai ini sudah jalanan aspal dan tidak sulit untuk menjamahnya. Lokasinya sekitar empat puluh kilometer dari pusat kota Yogyakarta, tepatnya di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Bagi para wisatawan dari berbagai daerah, Pantai Baron ini memang sudah tidak asing lagi di teling mereka. Sebab, menurut data pariwisata pemerintah Gunungkidul ada sekitar 1000* lebih pengunjung setiap bulanya.

Apalagi di musim liburan tiba, bahkan tak jarang lokasi wisata pantai Jogja satu ini digunakan sebagai spot untuk mengabadikan moment penting seperti photo prewedding, panorama, dan sebagainya. Namun, pantai Baron sebenarnya cukup nikmat untuk dipandangi serta disyukuri keindahan alamnya.

Bila ingin main air, bisanya cukup di bibir pantai saja, sebab ombak laut selatan cukup berbahaya bila sampai terlalu ke dalam. Untuk itu pengawasan kepada putra putri anda juga sangat penting untuk menjauhkan dari hal – hal yang tidak di inginkan.

Selain itu juga, sobat bisa piknik menikmati liburan bersama keluarga, terutama disaat pagi lokasi pantai Baron sangat pas untuk bercengkrama. Karena tidak terlalu dingin dan panas, suhu pas hangat karena terpaan sinar mentari yang menghangatkan jiwa.

Dan jangan lupa untuk membawa kembali sampahnya, supaya ekosistem alam tetap terjaga dan bisa menikmati salah satu wisata pantai Jogja recommended ini.

Baca juga : Menikmati Wisata Pantai Jogja di Mangrove Baros, Bantul

Photo by, faishalaqsa, jogjaflyingclub

wisata pantai di gunung kidul
BAGIKAN

Ada pertanyaan atau komentar?