Wisuda – adalah perayaan kelulusan bagi mahasiswa di sebuah universitas. Ibarat proses dan tujuan, wisuda adalah tujuan seorang mahasiswa dan proses adalah saat perkuliahan.

Wisuda hanya berlangsung sesaat dan bahkan tidak terlalu berkesan. Namun proses untuk bisa mencapai wisuda banyak meninggalkan kenangan indah yang tak akan terlupakan. Kenangan pahit dan manisnya akan selalu dikenang dimasa depan.

Ketika Wisuda, Moment Inilah Yang Bakal Jadi Kenangan Tak Terlupakan
Ketika Wisuda, Moment Inilah Yang Bakal Jadi Kenangan Tak Terlupakan (Photo by keepo.me)

Selama prosesi wisuda, mungkin yang terjadi hanyalah mengikuti arahan MC atau pemandu acara dari awal hingga akhir. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi foto-foto bersama dengan keluarga dan rekan-rekan.

Sebelum sobat menginggalkan semua hal tentang kampus tercinta, mungkin hal-hal berikut dapat membantu sobat dalam mengingat masa-masa lalu yang penuh kenangan.

1. Masa-Masa Rajin Dan Semangat Kuliah Di Semester Awal

rajin-kuliah-by-keepo-me

Kalo diinget-inget sebegitu rajinnya kita, dibela-belain bangun pagi-pagi, sarapan, on time masuk kuliah, buku catatan lengkap dengan alat tulisnya.
Berangkat kuliah juga mandi, pakai pakaian yang rapi, disetrika, sepatu disemir, motor disiapin, segalanya dipersiapkan. Tapi semester 3 keatas, mulai sadar dengan relalita sekitar.. haha. Dan pada akhirnya kita senyum-senyum sendiri toh sebenarnya kuliah ga musti serajin itu kan.. Kini kita kangen pada masa-masa itu.

2. Pengalaman Berbagi Jawaban Saat Ujian

Pengalaman berbagi jawaban
Pengalaman berbagi jawaban (photo by mirror.co.uk)

Berbagi jawaban atau kita yang meminta jawaban adalah hal yang lumrah ditemui saat ujian. Mungkin sudah lihai dilakukan sejak jaman SD, mulai dari yang primitif lempar-melempar kertas, lirik kanan kiri, depan belakang, dll hingga yang up to date via smartphone.

3. Deg-degannya Saat Ketahuan Menyontek

Sepandai-pandainya tupai melompat, pasti pernah jatuh juga, termasuk menyontek. Dan moment yang tak terlupakan adalah saat tertangkap basah sedang menyontek. Ini adalah resiko yang harus ditanggung dari point 1 jika kita gagal beraksi. Namun apa boleh buat, dengan segudang alasan kita coba untuk ngeles ke pengawasnya. Begitu juga pengawasnya, punya segudang jawaban pula untuk menjawabnya.
Alhasil, ketika sudah tidak kuliah lagi, yang kita ingat adalah hal tersebut dan menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi

4. Nakalnya Saat Membolos Kuliah

Bolos kuliah, trus pergi jalan-jalan
Bolos kuliah, trus pergi jalan-jalan (photo by wowcang.com)

Ini merupakan perbuatan yang tidak pantas dicontoh, tapi hampir semua mahasiswa pernah melakukannya karena berbagai macam alasan.

  • Bosen dengan kuliahnya yang sulit dipahami
  • Cara mengajar dosen yang bikin bad mood, ngantuk, seperti dininabobokan
  • Ga suka dengan suasana kelasnya yang hening, panas
  • Ada acara yg lebih urgent
  • Belain dateng nemenin pacar daripada dateng kuliah
  • Menghindari dosen agar ga ditagih tugas
  • Lupa jadwal(mungkin lupa diri juga)
  • Ketiduran di kos temen
  • Memang niat bolos, dll

Point diatas pasti pernah sobat lakukan, dan itulah hal yang menyenangkan untuk dibahas ketika reunian atau acara dimasa depan.

5. Senang Yang Bukan Main Saat Jam Kosong

Pas lagi dikelas, ada pengumuman bahwa dosennya ada rapat dadakan, ada acara di mana, anehnya bukannya kita yang rugi karena udah bayar kuliah, melainan kita senang bukan main, seperti menemukan weekend ditengah workdays..

Joke: jam kuliah yang paling menyenangkan adalah jam kosong, haha

6. Dikejar Laporan Dan Tugas Yang Banyak

Tugas yang selalu ada
Tugas yang selalu ada (photo by hipwee)

Laporan yang banyak, sementara ikut UKM juga sampe sore, dung ngalamat lembur ini
Hari ini ada tugas, padahal tugas yang kemaren aj blum dikerjain, eh kitanya malas, besok aj deh ngerjainnya, numpuk dah tuh tugas..

7. Rela Bergadang Demi Tugas Dan Menyusun Skripsi

Para pejuang skripsi yang sedang bertempur
Para pejuang skripsi yang sedang bertempur (photo by diazpermana)

Rela antri menunggu bimbingan dosen skripsi, dosen yang sulit dicari, begitu ada malah udah jamnya pulang, hingga rela hujan-hujanan demi mendapatkan revisi dosen. Belum lagi proses cetak-mencetak yang kadang harus mondar mandir demi selembar kertas yang bermasalah

8. Saat Belajar Kelompok Dengan Teman-Temanmu Yang Unyu-Unyu

Ngerjain tugas bareng temen-temen yang unyu-unyu
Ngerjain tugas bareng temen-temen yang unyu-unyu (photo by lestarihadi)

Teman belajar disaat mengerjakan tugas juga bisa dibilang polos dan belum tahu apa-apa. Sering bercanda, bertingkah konyol, ga jelas, berisik dikelas, dan lain sebagainya yang ketika kita ingat menjadikan kita kangen dengan mereka yang dulu.

9. Bakalan Kangen Sama Semua Dosen, Termasuk Tukang Parkir, Satpam Dan Tukang Kebun Yang Rajin Menyapamu

Kangen dengan semua keluarga kampus yang setiap hari kamu temui, termasuk dosen killermu. Mereka bagaikan keluarga bahkan sahabat dekat kita sendiri. Terlebih mereka yang pernah membantumu ketika kita kesusahan.

10. Senangnya Mendapat Nilai A Padahal Matakuliahnya Susah

Dapat nilai A dari matakuliah yang menyeramkan
Dapat nilai A dari matakuliah yang menyeramkan (photo by -internationalstudent)

Bagi sebagian mahasiswa, proses kuliah bisa dibilang hal yang membosankan, namun semuana berharap mendapat nilai yang baik, nah terkadang entah karena keberuntungan atau dosennya sedang berbaik hati, kita mendapat hal yang tak terduga yaitu nilai A di mata kuliah tersebut. Padahal kita sendiri merasa tidak pantas mendapatkan nilai tersebut.

Baca Juga : Sembari Menunggu Wisuda, Coba 5 Tips Berikut Ini

Demikian artikel tentang moment yang tak terlupakan setelah kita wisuda nanti. Semoga artikel ini menjadi pengingat sobat semua yang pernah merasakan rasanya dibangku perkuliahan. Harapannya supaya tetap menjadi pribadi yang membanggakan nama baik kampus dan juga orang-orang yang telah berjasa terhadap sobat semua.

Wisuda bukan akhir sobat, melainkan awal dari sebuah perjalanan panjang

Bagi yang belum lulus, sebaiknya nikmati masa-masa ini, karena jika sudah lulus nanti moment-moment diatas tidak bisa terulang lagi.

Penelusuran terkait moment wisuda, kenangan wisuda, momen wisuda, kata kata kenangan wisuda, kata kata untuk mengingat wisuda, kata kata kangen waktu wisuda, kata kata indah kenangan masa wisuda, kata indah saat wisuda, kata bijak saat moment wisuda, Kata bijak kenangan Wisudah, status menyentuh momen wisuda, ingat kenangan wisuda, cerita wisuda, cerita momen kelulusan yg tak terlupakan, cerita kelulusan wisuda.

Ada pertanyaan atau komentar?