Kedung Pedut Kulon Progo – Merupakan aliran dari jernihnya sumber mata air Gunung Kelir, yang merupakan sebuah gunung kapur antara Kulon Progo dan Purworejo. Menciptakan air terjun Kedung Pedut yang bertingkat dan memiliki ketinggian beragam.

Kedung Pedut Kulon Progo Seolah Membawa Kita ke Negeri Dongeng Asli
Kedung Pedut Kulon Progo Seolah Membawa Kita ke Negeri Dongeng Asli (Photo by, instagram.com/sekarumptr)

Menghasilkan destinasi wisata yang memiliki panorama alam lembah Kulon Progo, yang menyejukkan hati. Mendengar nama lokasinya yang terdengar unik, membuat kami tergoda untuk datang Kedung Pedut Kulon Progo.

Sesampainya di sana, kami terperangah dengan beningnya air dan damainya jatuhan air yang deras bak sebuah lukisan yang sangat indah. Deburan jatuhan air terjun tersebut menghasilkan kolam berkabut bekas hempasan Air yang jatuh menuju kolam.

Menurut salah satu warga, dulunya Kedung Pedut tidaklah sepopuler sekarang ini. Namun kemudian, karena sekelompok mahasiswa yang sedang KKN di Dusun tersebut. Kemudian mengunggahnya di sosial media mereka, yang kemudian mendapat impact yang sangat bagus.

Kedung Pedut Kulon Progo Seolah Membawa Kita ke Negeri Dongeng Live Action

Sejak saat itu lah warga Dusun menggarap lebih serius, sebagai sebuah destinasi wisata, sekiranya membuat dan menyediakan tempat-tempat foto yang sangat bagus. Sehingga mendorong masyarakat luas untuk hadir ke Kedung Pedut Kulon Progo.

  Gereja Gothic Sayidan, Mencuat Kembali Berkat Runtuhnya Ruko Sebelah

Sebenarnya daya tarik air terjun di sini adalah warna airnya yang begitu jernih kebiruan. Namun kemudian, masyarakat sekitar mempercantik lokasi wisata. Dengan membuat jembatan bambu, gazebo, dan fasilitas pendukung sebuah destinasi wisata.

Yang kemudian, membuat destinasi wisata ini menjadi nyaman untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Sebab semua tertata rapi dan tersusun rapi, serta terkonsep dengan sangat bagus. Sehingga wisatawan tidak akan merasa rugi karena destinasi wisata sudah siap untuk dikunjungi.

Hasil kerja keras warga setempat yang menjadikan desanya sebagai salah satu destinasi wisata di Kulon Progo. Lambat laun warga setempat mendapat pendapatan dari wisatawan, dengan hanya membayar retribusi tiket sebesar Rp5.000 per pengunjung dan untuk parkir kendaraan roda dua sebesar Rp3.000.

Tidak perlu khawatir untuk Anda yang membawa serta rombongan, halaman parkirnya cukup luas dan aman bahkan tidak perlu khawatir kelaparan. Terdapat fasilitas warung makan dengan sajian serba murah, terdapat pula Toilet yang bersih, gazebo, gardu pandang, dan tentu saja Mushola.

Fasilitas ini ditujukan untuk para wisatawan, supaya nyaman selama berwisata di air terjun Kedung Pedut. Selain itu Kedung pedut sangatlah mudah untuk didatangi, kira-kira sekitar 16 km dari kota Wates yaitu Ibukota Kulon Progo.

  Pantai Kesirat Gunung Kidul Memang Paling Pas Buat Lokasi Mancing

Sama seperti daerah tempat wisata lainnya semisal Watu Tekek Samigaluh, untuk menuju lokasi kita wajib memeriksa kelengkapan surat, kondisi mesin, dan tekanan ban, serta rem. Karena lokasinya cukup menanjak dan tikungan tajam jadi mohon berhati-hati.

Serta pastikan Anda berkendara dalam keadaan sehat, yang jelas semua jerih payah Sobat menuju lokasi. Dijamin terbayar lunas karena selama piknik di Kedung Pedut. Kita, dijamin bakalan kembali refresh karena udara yang segar, Air Yang Jernih, dan hamparan hijau pepohonan akan menghilangkan rasa lelah selama di perjalanan.

Untuk menuju lokasi Sobat bisa langsung datang ke Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Oke Sob, demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai destinasi wisata Kedung Pedut Kulon Progo yang wajib dikunjungi saat liburan nanti. Mengingatkan selalu untuk tidak membuang sampah sembarangan di lokasi wisata dan menjaga suasana tetap kondusif.

Sampai jumpa di lokasi wisata, tetap sehat, tetap semangat, enjoy sobatJogja.com ~Maturnuwun

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here