Umbul Ponggok , Kolam Pemandian Alami Buat Yang Hobi Snorkeling
Umbul Ponggok , Kolam Pemandian Alami Buat Yang Hobi Snorkeling

Destinasi wisata satu ini lokasinya memang tidak benar-benar di kota Jogja, kalo kata orang dulu disebut Jogja kemringet, alias dari kota Jogja masih harus gowes sepeda dulu sampai keringatan baru sampai lokasi. Pasalnya destinasi satu ini berada di kota Klaten dan butuh perjalanan sekitar 1 jam dari Jogja.

Umbul Ponggok , Kolam Pemandian Alami Buat Yang Hobi Snorkeling
Umbul Ponggok , Kolam Pemandian Alami Buat Yang Hobi Snorkeling

Namanya Umbul Ponggok, sebuah kolam pemandian alami yang sudah ada sejak jaman Belanda dulu. Kola mini bukan buatan manusia, tetapi semacam kedung yang terbuat alami dari sumber air yang muncul di dasar kolam. Hanya saja pada masa pemerintahan Belanda, kolam ini didandani supaya terlihat lebih cantik.

Kolam ini memiliki aliran sungai yang mengalir sehingga perputaran airnya juga berlangsung alami. Jadi dijamin air kolam ini bersih dan aman, tidak kotor apalagi berbau. Padahal di dalam kolam berukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter  ini hidup aneka jenis ikan tawar dengan aneka warna dan ukuran.

Yang menarik justru karena kolam ini memiliki begitu banyak ikan di dalamnya, lengkap dengan dasar alami pasir sungai sesuai aslinya, maka kolam pemandian ini juga kerap dimanfaatkan sebagai arena Snorkeling dan diving ala air tawar.

Bahkan oleh pengelola, kolam pemandian Umbul Ponggok ini ditambahkan dengan beberapa ornament yang semakin mempercantik nuansa bawah air dari kolam sekaligus menjadi media hidup bagi kawanan ikan di dalamnya.

Jadi kalau Anda termasuk pecinta snorkeling, tidak selamanya harus memuaskan hasrat Anda berinteraksi dengan ikan dan pesona bawah air dengan bertandang kelaut yang kadang sulit dijangkau dan memakan biaya, karena kini Anda juga bisa menjajal kemampuan snorkeling Anda di kolam pemandian Umbul Ponggok ini.

Pihak pengelola menyediakan sarana peminjaman peralatan snorkeling lengkap berikut pakaiannya. Juga ada jasa pelatihan snorkeling dan diving di kolam pemandian ini sebagai sarana untuk Anda yang ingin belajar. Pengelola juga menyediakan sarana pemotretan bawah air dengan tariff tergolong murah hanya kisaran 60 ribu sampai 100 ribu saja.

Kalau Anda tidak mahir snorkeling atau diving, tidak lantas akan gigit jari di kolam pemandian Umbul Ponggok ini. Anda juga bisa temukan lokasi kolam renang dengan beragam ketinggian termasuk untuk anak-anak dengan kualitas air yang sama baiknya dengan lokasi umbul. Juga tersedia beragam permainan air lain permainan perahu.

Di lokasi ini juga sudah berdiri beberapa lokasi kuliner yang cukup memadai untuk Anda yang ingin mengisi perut yang lapar setelah seru bermain air dan bercengkerama dengan ikan-ikan di dalam Umbul Ponggok. Sebuah wahana wisata unik dan seru yang siap memanjakan hari libur Anda. Bahkan dengan jarak yang dekat dari kota Jogja rasanya sangat setimpal mencapainya demi sebuah keseruan yang tidak mudah Anda temui di tengah kota Jogja.

Baca juga : Kisah Dibalik Kebesaran Makam Raja Imogiri Yang Wajib Anda Ketahui

Photo by, tourjogjamasjo.com

pemandian ponggak jogja, umbul panguk

LEAVE A REPLY