Udah Coba Mie Lethek  Wisata Kuliner Bantul
Udah Coba Mie Lethek Wisata Kuliner Bantul

Bakmie Jawa sudah jadi salah satu ciri khas dari hidangan ala Jogja. Anda mudah menemukan hidangan satu ini di banyak sudut kota Jogja mulai dari yang kelas legendaries sampai pendatang baru. Dan hampir semua siap menyapa Anda dengan kelezatan gurih khasnya.

Kuliner Bantul satu ini bisa dikatakan sebagai alternatif murah dari hidangan ala bakmie Jawa. Bila biasanya bakmie jawa menggunakan mie kuning dari tepung terigu dan telur yang kenyal dan gurih, kini mie lethek menggunakan sajian mie berbahan singkong kering alias gaplek. Boleh dikatakan di masa lalu ketika tanah Bantul masih dipadati masyarakat miskin, gaplek menjadi makanan alternatif murah pengganti nasi.

Yang membuatnya berbeda adalah warna mienya yang keruh dan terkesan kotor. Ini karena bahan bakunya, yakni gaplek sendiri terbuat dari proses pengeringan singkong. Warna keruh khas inilah yang kemudian membuat mie dinamakan lethek yang dalam bahasa Jawa bermakna kotor.

Karena menggunakan baha baku singkong sudah jelas mie satu ini memiliki rasa dan sifat kekenyalan yang berbeda dari mie kuning biasa. Mie lethek lebih kenyal dengan rasa dan aroma yang khas. Malah karena rasa dan aroma khasnya, mie satu ini menjadi mie favorit banyak orang. Di kawasan aslinya, banyak penjaja mie jawa mengaku malah lebih banyak mendapat pesanan bakmie jawa dengan bahan mie lethek ketimbang bakmie jawa dengan mie kuning.

Biasanya bakmie jawa dengan bahan mie lethek ini disajikan dalam bentuk mie goreng da mie rebus. Ada pula sajian mie pedas untuk mereka yang lebih menyukai hidangan mie dengan citarasa pedas. Dimasak dengan menggunakan arang dan tungku tanah liat sudah dijamin rasa pasti akan membuat Anda ketagihan.

Ingin menjajal hidangan bakmie jawa ala kuliner Bantul yang merakyat ini? Anda bisa mengunjungi beberapa sudut kota Bantul seperti beberapa warung di kawasan Srandakan yang memang menjadi salah satu pusat industry mie lethek di Bantul.

Alternatif lain adalah penjual mie lethek Kang Sum yang sudah melegenda dari daerah Imogiri, tepatnya di sisi utara reruntuhan pasar Imogiri sisa gempa 2006. Mie yang sudah berjalan selama 3 generasi ini sejak dulu menjadi salah satu penjual mie lethek paling terkenal di kawasan Bantul. Sebagai salah satu legenda mie Lethek, sudah pasti bakmie jawa ekonomis ini rasanya pasti tak mungkin mengecewakan.

Mau cicip hidangan kuliner Bantul ini tanpa perlu lelah menempuh perjalanan sampai ke kawasan bantul? Kini di beberapa kawasan Jogja tersedia Mie Lethek yang cukup populer. Soal rasa tidak akan mengecewakan, tetap menampilkan kegurihan dan kelegitan yang berpadu dengan rasa khas mie lethek yang nikmat. Namanya mie lethek Mbah Mendes.

Anda bisa menemukan cabangnya sekitar 200 meter di sisi barat Lotte Mart Ring Road Utara, dan di kawasan jalan Parang Tritis.Dan selamat menikmati khasanah unik dari kuliner Bantul yang merakyat dan ekonomis tersebut.

Baca juga : Nikmati, Sarapan Di Jogja Dengan Aneka Jenang Ala Lempuyangan

Photo by, yogyakarta.panduanwisata.id

mie lethek imogiri bantul, gimana bentuk mie lethek, lotek lethek, mi lethek imogiri, mi lethek legendaris di bantul, mie lethek, penjual mi lethek yg enak murah di jogja

1 KOMENTAR

Ada pertanyaan atau komentar?