Tips Bertamu Agar Si Pemilik Rumah Tidak Terganggu Dan Terbebani
Tips Bertamu Agar Si Pemilik Rumah Tidak Terganggu Dan Terbebani (photo by, golfwrx.com)

Bertamu adalah hal yang sering kita lakukan dalam rangka berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. Mesti teknologi semakin maju hingga orang dapat berkomunikasi tanpa bertatap muka langsung, namun untuk alasan tertentu kita masih harus tetap berkunjung atau bertamu, misal dalam rangka silaturahmi. Namun kadang kita belum tahu etika yang baik dalam bertamu, bahkan kadang membuat jengkel si pemilik rumah karena kita kurang tahu terhadap hal-hal yang musti wajib dilakukan saat bertamu. Untuk itu simak tips-tips berikut untuk lebih jelasnya :

Tips Bertamu Agar Si Pemilik Rumah Tidak Terganggu Dan Terbebani
Tips Bertamu Agar Si Pemilik Rumah Tidak Terganggu Dan Terbebani (photo by, golfwrx.com)

 

1.Pastikan sudah janjian terlebih dahulu.

Hal wajib yang harus dilakukan adalah janjian dengan si pemilik rumah. Tetapi jika sebelumnya sudah sering berkunjung tidak perlu janjian pun si pemilik rumah sudah hafal dengan kedatangan kita. Namun jika belum pernah bertamu kerumahnya, ya sebaiknya buat janjian dulu dengan si pemilik rumah. Kapan waktu yang tepat untuk bertamu kerumahnya. Kalau tidak punya kontaknya, sebaiknya lihat waktu yang tepat untuk berkunjung, jangan terlalu pagi dan jangan juga terlalu malam.

  1. Tepat waktu

Point wajib selanjutnya yaitu datang tepat waktu. Kalaupun molor ya jangan sampai terlalu over. Tujuannya agar si pemilik rumah tidak menunggu terlalu lama kedatangan kita, karena bisa jadi si pemilik rumah juga punya kesibukan sendiri dalam beberapa jam kedepan. Jadi pastikan untuk datang tepat waktu.

  1. Tunggu dipersilahkan

Ketika sudah sampai di tujuan, ucapkan salam terlebih dahulu. Kemudian pastikan si pemilik rumah sudah mempersilahkan kita untuk masuk ke dalam rumah dan dipersilahkan duduk.

  1. Liat Sitkon, bila ada tamu lain

Bisa jadi ketika kita berkunjung, si pemilik rumah juga kedatangan tamu lain. Hal yang bisa kita lakukan yaitu perkenalkan diri kita kepada tamu tersebut. Kemudian lihat situasi apakah bisa lama mengobrol atau tidak, dan apakah bisa dibicarakan saat itu juga atau ditunda dulu. Jangan sampai membuat si pemilik rumah malah merasa terbebani karena kamu datang disaat yang tidak tepat.

  1. Pahami keadaan si tuan rumah

Perlu diperhatikan juga apakah pemilik rumah sedang sibuk, sedih, atau sedang santai. Bila keadaan pemilik rumah sedang tidak baik, sebaiknya kita segera minta pamit.

  1. Segera pamit jika urusan selesai

Ingat, kita sedang bertamu bukan pindah rumah, jadi lama bertamu ya sewajarnya saja. Jika sudah tidak ada lagi yang dibicarakan atau dibahas, percakapan lama-lama akan menjadi membosankan. Sebaiknya kita segera minta pamit undur diri. Jangan lupa ucapkan salam perpisahan.

cara betamu berkomunikasi dengan orang yogyakarta
BAGIKAN

Ada pertanyaan atau komentar?