Gunung Merapi Siaga Level 3, Warga Diminta Waspada

Yogyakarta, 23 Januari 2024 – Aktivitas Gunung Merapi di Yogyakarta masih berstatus siaga level 3. Hal ini disampaikan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dalam laporan infografis periode 22 Januari 2024 pukul 00.00 – 24.00 WIB.

Gunung Merapi Siaga Level 3, Warga Diminta Waspada
Gunung Merapi Siaga Level 3, Warga Diminta Waspada (Foto: sobatjogja .com)

Dalam laporan tersebut, BPPTKG mencatat terjadi satu kali letusan tinggi kolom dengan amplitudo maksimum 70 mm, durasi 150 detik, dan jarak luncur maksimal 1500 meter ke arah barat daya. Selain itu, juga tercatat enam kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1.800 meter ke arah barat daya.

“Aktivitas Gunung Merapi masih menunjukkan peningkatan. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada warga untuk tetap waspada dan mematuhi rekomendasi yang telah dikeluarkan,” kata Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, dalam keterangan tertulisnya.

Rekomendasi BPPTKG antara lain:

  • Warga direkomendasikan untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi.
  • Warga direkomendasikan untuk tidak beraktivitas di luar rumah selama terjadi letusan atau guguran lava pijar.
  • Warga direkomendasikan untuk menggunakan masker dan kacamata jika terpaksa beraktivitas di luar rumah selama terjadi hujan abu.
Baca Juga:  Wajib Diketahui, Apa Manfaat Bangun Pagi Jam 5 Ketimbang Jam 8 ? Ternyata

Hingga saat ini, angin di sekitar puncak Gunung Merapi dominan ke arah timur. Akibatnya, wilayah lereng timur terdampak hujan abu vulkanik. Warga diimbau untuk menggunakan masker dan kacamata untuk melindungi diri dari abu vulkanik.

BPPTKG akan terus memantau aktivitas Gunung Merapi dan akan memberikan informasi terkini jika terjadi perubahan status atau aktivitas gunung berapi tersebut.

Bagikan ke sosmed kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas