Percaya diri – pada sebagian orang kadang naik dan turun. Terutama jika dialami oleh anak muda. Mereka rentan sekali mengalami kurang percaya diri.

Agar bisa menghadapi tantangan masa depan, setiap orang harus berani tampil percaya diri di segala situasi dan kondisi.

Tingkatkan Rasa Percaya Diri
Tingkatkan Rasa Percaya Diri (photo by tagoleki)

Masalahnya,

Anak muda yang minder akan memandang sesuatu serba tidak mungkin, dan menyerah sebelum berperang. Tapi anak muda yang percaya diri, menganggap sesuatu adalah sangat mungkin bahkan yakin bisa mewujudkan impiannya.

Nah untuk bisa mencapai pada level percaya diri, butuh latihan, terutama penanaman mindset pada diri sendiri.

Berikut caranya :

1. Berfikir positif
Terlalu banyak berfikir membuatmu jatuh pada pikiran yang negatif. Berhentilah dan yakinkan diri bahwa semuanya akan baik-baik saja. Jika kali ini belum berhasil, it’s okay, tapi besok belum tentu gagal jadi masih ada harapan untuk berhasil. Apapun mungkin jika kita berusaha.

2. Belajar mencintai diri sendiri
Mencintai diri dengan peduli akan kesehatan, penampilan, dan keselamatan diri akan membuat kita menghargai diri dan tidak memandang rendah lagi. Dari situ akan timbul bahwa kita ini sama derajatnya dengan mereka-mereka yang membuatmu minder.

3. Setiap orang punya kemampuan dan bakat masing-masing
Percayalah pada dirimu, setiap orang punya kemampuan yang berbeda-beda. Jadi jangan iri pada prestasi orang lain. Kembangkan bakat dan kemampuan kita sendiri itu lebih baik daripada meniru menjadi orang lain.

4. Mindset “tak ada yang sempurna”
Pahami bahwa kita diciptakan oleh Tuhan dalam keadaan lemah. Dan tidak ada yang sempurna didunia ini, masing-masing punya cacat dan kekurangan. Jangan minder hanya karena pangkat, jabatan, gaji mereka yang lebih tinggi, karena dimata Tuhan kita ini sama, dan hanya Allahlah yang pantas untuk dibanggakan.

5. Pahami diri dan belajarlah hal-hal yang kau sukai
Banyak belajar juga akan membuat tingkat percaya dirimu meningkat. Terutama belajar tentang hal-hal yang kau sukai. Dengan mengembangkan kemampuan dan bakatmu, tentu akan menjadi prestasi sendiri buatmu dimasa depan.

6. Pahami kekurangan diri dan cari solusi untuk atasi kekurangan tersebut
Setiap kegagalan pasti ada hikmahnya. Catat dan perbaiki diri dari kegagalan yang sudah kamu alami. Bersyukur bahwa kau sudah diberi tahu oleh Tuhan letak kesalahanmu. Tugasmu sekarang adalah memperbaikinya. Jangan sampai kesalahan itu terulang kembali.

7. Berkomunikasi dengan orang terdekat anda
Coba sharing pendapat dengan orang-orang dirumah atau teman dekat tentang masalah dalam diri kita. Dengan saing bertukar pendapat tentu kita jadi punya pikiran terbuka yang dapat memupuk rasa percaya diri.

8. Buat target pribadi
Buat target untuk seminggu kedepan hingga sebulan kedepan untuk mencapai level percaya dirimu. Dengan demikian kita semakin percaya diri jika target tersebut berhasil kita capai.

Demikian tips dan trik untuk meningkatkan rasa percaya diri. Semoga dengan membaca artikel ini sobat menjadi terinspirasi dan mendapat pencerahan soal percaya diri. Tetap semangat dan salam sukses.

Ada pertanyaan atau komentar?