Wisata Kuliner Jogja Di Sogan Village, Resto Ala Pedesaan
Wisata Kuliner Jogja Di Sogan Village, Resto Ala Pedesaan

Menyusuri jalan menuju utara dari arah Monumen Jogja Kembali, hingga tiba di km 10 dan menemukan sebuah pasar yang terbilang populer di bilangan Palagan, Pasar Rejodani. Sempatkan untuk belok ke kanan dan memasuki desa Rejodani. Kemudian belok ke kiri untuk kemudian menghentikan perjalanan Anda di sebuah resto.

Jelas bukan resto biasa, dan jelas bukan wisata kuliner Jogja yang kerap Anda jumpai. Sogan Village, resto dengan konsep Gallery ini memberi Anda satu pengalaman unik menikmati kuliner tradisional, modern dan cuisine dengan nuansa yang tenang dan hangat ala pedesaan.

Memasuki area parkir yang luasnya muat untuk setidaknya 20an mobil, Anda akan bertemu dengan sebuah pendopo memanjang yang menjadi ruang pamer koleksi batik yang diproduksi sendiri oleh Sogan Village.

Di dunia industry batik, Sogan sendiri adalah sebuah nama lama yang berkonsentrasi pada produk batik inovasi, batik pewarnaan alam serta batik modern. Dikelola dengan melibatkan warga desa di sekitar resto membuat resto ini seolah menjadi bagian dari desa dan untuk Anda yang berkunjung ke dalam Sogan Village akan serta merta merasakan atmosfer tersebut.

Dari gallery, Anda akan menemukan jalan tembus menuju pekarangan tengah yang sekaligus menjadi area makan. Dilengkapi dengan teras beratap transparan, pendopo besar yang terbuka, area dapur dan area saji yang bisa Anda lihat langsung serta tentu saja pekarangan rumput yang lengkap dengan taman yang dibiarkan alami. Menariknya, begitu alaminya area taman makan ini, sampai Anda bisa bercengkerama dengan beberapa kelinci mungil yang dibiarkan bermain bebas di sana.

Suasana resto memang dibuat santai, lebih dari sekedar resto yang menyatu dengan nuansa alam, karena memang toh nuansa pemandangannya menyatu berbingkai samar Gunung Merapi di kejauhan. Lebih dari itu, Anda seakan disuguhkan suasana desa, Anda bahkan bisa memilih menikmati hidangan sembari duduk santai di rumput dan bermain bersama kelinci.

Ditemani alunan gamelan ala cokekan yang lebih merakyat,  Anda bisa memilih aneka hidangan seafood, hidangan ala rakyat macam tempe mendoan dan tiwul atau malah hidangan internasional seperti sirloin. Suka yang lebih santai, jajal saja aneka hidangan wedang hangat khas Sogan.

Anda bisa pula menyempatkan diri belajar membatik di sisi lain pendopo, disana sudah tersedia pembatik professional yang siap memandu Anda belajar membatik. Atau kalau Anda tertarik bisa pula melihat proses produksi batik warna alam yang menggunakan aneka bahan pewarnaan alami. Beberapa proses pembuatan membutuhkan proses yang akan sangat menarik untuk Anda ikuti.

Wisata kuliner Jogja memang tengah dimarakan dengan merebaknya Resto berkonsep alam. Tetapi resto Sogan Village, menyuguhkan satu pengalaman berbeda dari sekedar resto berkonsep alam. Lebih dari sekedar pengalaman kuliner, tetapi ketenangan ala kehidupan pedesaan.

Lokasi : JL. Palagan Tentara Pelajar, KM. 10, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca juga : Wisata Gunung Kidul Batara Sriten, Embung Air di Puncak Gunung Kidul

Photo by, worldtravelserver.com

sogan village, kuliner pedesaan, resto alam jogja, resto alam murah yogyakarta, Rumah Makan Ala Desa Di Jogjakarta, sogan v, sogan vilage, sogan village restaurant

2 KOMENTAR

Ada pertanyaan atau komentar?