Telusuri Ragamnya Kuliner Jogja di Bawah Fly over Janti
Telusuri Ragamnya Kuliner Jogja di Bawah Fly over Janti
Telusuri Ragamnya Kuliner Jogja di Bawah Fly over Janti
Telusuri Ragamnya Kuliner Jogja di Bawah Fly over Janti

Ragamnya kuliner Jogja yang bisa kita nikmati di bawah fly over Janti ini memang sangat banyak macamnya. Mulai dari bakar, goreng, dan rebus, hingga cita rasa pedas, manis, gurih, dan asam bisa kita nikmati di jalan sepanjang kurang lebih 1 kilometer ini.

Mulai dari ujung utara hingga ujung selatan, membentang beragam kuliner dari beragam daerah yang bisa kita nikmati sesuka hati. Aroma kuliner mantap sudah bisa tercium jelas kala sobat melintas di bawah fly over Janti ini.

Saat matahari mulai tenggelam di ufuk barat, perlahan satu – persatu pedagang kaki lima membangun warung sederhana berbekal spanduk – spanduk yang ditandai sedemikian rupa, serta memamerkan menu andalan masing – masing.

Begitu jelas, bisa kita saksikan hampir setiap sore hari bawah jembatan Janti selalu sipadati oleh para pedagang kaki lima. Mengingat kawasan ini merupakan urat nadi dari bagian jalan lingkar (ring road) bagian timur, tentu menjadi kawasan yang begitu ramai oleh masyarakat yang lalu lalang di jalan ini.

Itulah mengapa kawasan ini menjadi kawasan emas bagi para pedagang yang rela jauh – jauh tanpa takut di tertibkan oleh Satpol-PP, karena memang kawasan ini cukup aman sebab jalur cepat, tepat berada di atas.

Alasan inilah yang membuat para pedagang kaki lima terus berdatangan, untuk menjajakan kulineran masing – masing daerah mereka, semua bersaing menjajakan cita rasa terbaik untuk para penikmat kuliner Jogja. Saking banyaknya kuliner yang ada, pasti membuat sobat kebingungan mana yang akan dipilih untuk disantap.

Nah, jangan khawatir kami sudah memetakan sedikit mulai dari ujung utara sampai selatan, pilihan mana yang tepat untuk sobat jajal. Karena jalan bawah fly over Janti ini terbagi menjadi dua bagian di pisah oleh rel kereta api, nah mari simak kulineran yang bisa jajal di wilayah ini :

Fly Over Janti Bagian Utara

Bila sobat datang dari arah timur maupun barat, tepat bagian utara janti setelah lampu merah kiri jalan warung burjo sudah menyambut, sementara itu di bagian kanan jalan sobat akan disambut oleh angkringan, yup angkringan yang hampir tiap malam selalu dipenuhi pengunjung yang asyik nongkrong ramai – ramai, kadang malahan jadi home base para rider club.

Jalan lima meter kedepan sobat bisa temui angkringan lagi, namun disisi bagian kanan sobat jumpai warung soto, roti bakar, nasi bakar, terang bulan, lalapan, tepat dibelakan shelter Trans Jogja, sobat bisa temui tenda kuning menjajakan tengkleng.

Disekitaranya juga terdapat warung Padang, lalapan, sea food, warung kacang ijo, warung lotek, serta warung bakso, dan warung masakan manado, berjalan lagi di sekitarnya sampai menuju ujung sebelum rel, sobat bisa temui aneka warung lalapan lagi. Dan intinya bagian utara ini banyak sekali sobat jumpai warung penyetan dan pas buat sobat pecinta kuliner pedas.

Fly Over Janti Bagian Selatan

Setelah rel dari arah utara, bagian ujung selatan ini juga menjajakan kuliner istimewa dari beragam daerah, semisal warung Jimbaran asal Bali, atau warung spesial sambal di seberangnya. Untuk bagian, selatan ini masih juga bisa kita jumpai warung lalapan.

Mengingat, di bagian selatan ini tidak begitu panjang, jadi di bagian selatan ini tidak banyak ragam kuliner yang bisa kita coba, meski begitu di bagian selatan ini cukup beragam, semisal warung jus di ujung selatan, warung penyetan, hingga penjaja kudapan gurih seperti martabak telur.

Tentu, semua jajanan ini memiliki cita rasa yang beragam, untuk soal rasa ini kembali pada sobat sendiri. Untuk rekomendasi saja, dibagian selatan terdapat warung dengan masakan berkuah seperti cah kangkung, sup, atau fuyunghai. Bagi penikmat kuliner berkuah, kawasan selatan saya rasa pas untuk sobat jajali.

Nah, itulah tadi sekelumit jenis warung makan kaki lima atau permanen yang bisa sobat coba, bila sempat melewati fly over Janti. Banyak kenangan yang bisa sobat bangun disini, mengingat jalan ini juga jadi salah satu jalan bersejarah bagi saya sendiri. Dan nikmatilah wisata kuliner Jogja di bawah fly over Janti dengan senang hati, berikut-nya akan kami sampaikan daftar kuliner yang bisa sobat jajal disini.

Baca juga : Lanjut Kuliner Jogja di Warung Makan Mangut Lele Purnama

Photo by, kompasiana.com

fly over janti, kuliner janti jogja, fly over janti yogyakarta, lampu merah janti yogyakarta, harga makanan di bawah jembatan janti jogja, jalan fly over janti, janti, warung tahu terkenal di janti jogja

LEAVE A REPLY