Inilah Peluang Usaha Menguntungkan Dengan Jasa Pembuatan Taman
Inilah Peluang Usaha Menguntungkan Dengan Jasa Pembuatan Taman (Photo by, takashi_1980)

Area hijau merupakan sebuah kebutuhan yang belakangan menjadi dilema bagi banyak pemilik rumah hunian. Kavling rumah yang berukuran kecil berseberangan dengan kebutuhan ruang dalam rumah. Ini membuat sisa lahan yang bisa dimanfaatkan sebagai area hijau menjadi sangat terbatas.

Inilah Peluang Usaha Menguntungkan Dengan Jasa Pembuatan Taman
Inilah Peluang Usaha Menguntungkan Dengan Jasa Pembuatan Taman (Photo by, takashi_1980)

Banyak orang mengaku kesulitan ketika harus membangun sendiri sebuah taman berukuran kecil dengan area lahan yang terbatas. Inilah yang kemudian membuka peluang terbentuknya permintaan jasa penataan dan pembuatan taman, sebuah peluang usaha menguntungkan mengingat kebutuhan ini kebanyakan datang dari kalangan menengah ke atas.

Peluang usaha menguntungkan ini berupa jasa pembuatan taman profesional untuk kawasan rumah hunian, kawasan perumahan sebagai bagian dari fasilitas umum sampai kawasan perkantoran dan hunian bertingkat macam apartment.

Diakui untuk bisa memulai bisnis ini Anda memang harus memahami dengan baik dunia tanaman hias dan ornamen pertamanan. Selain itu Anda juga harus mampu mengenali trend dari dunia taman modern dewasa ini, termasuk beragam gaya taman dari model klasik, model abadi yang tak lekang zaman sampai model kekinian yang tengah banyak digandrungi orang.

Untuk itu, bisnis ini cenderung spesifik untuk Anda yang memahami dengan baik dunia pertamanan dan dunia tanaman hias. Beberapa orang malah menyarankan untuk turut menjadi karyawan sebuah perusahaan pertamanan dulu untuk bisa terjun bebas dalam bisnis serupa tanpa pengalaman. Cara ini mematangkan kemampuan Anda memahami kebutuhan konsumen, mengimplementasikan rancangan taman dengan cantik dan lain sebagainya.

Menjalankan peluang bisnis satu ini akan memaksa Anda memahaimi dulu pemikiran dan harapan konsumen baru Anda bisa melakukan adaptasi dengan memadukan model klasik dengan model kekinian. Memadukan ide-ide yang diharapkan dari konsumen dengan ide-ide Anda sendiri. Di sini Anda tidak hanya berurusan dengan masalah desain, tetapi juga proses pembuatan taman, termasuk pula pemilihan dan penataan tata letak tanaman dengan segala ornamen dalam taman.

Usaha pertamanan ini layak menjadi peluang usaha menguntungkan, karena tersedia pasar yang sangat luas yang mampu menampung usaha jasa Anda ini. Mulai dari kebutuhan personal untuk rumah hunian dan apartemen, sampai kebutuhan dari berbagai perusahaan developer perumahan dan perkantoran. Belum lagi berkembangnya kawasan taman wisata, taman kota yang juga membuka peluang baru bagi Anda yang menjalankan usaha pertamanan ini.

Yang menjadi pertanyaan apakah cara tepat untuk menjalankan peluang usaha menguntungkan ini?

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa mulai dengan menyusun portofolio desain dan hasil karya taman yang sudah Anda bangun. Itu sebabnya di awal, akan lebih baik untuk membangun taman dengan harga miring di atas harga pasar untuk mengisi laman portofolio pertama Anda.

Dari portofolio inilah Anda bisa manfaatkan untuk mempromosikan layanan Anda. Bisa dengan membuat semacam proposal cetak yang disertai foto hasil pengerjaan Anda sebagai bagian dari portofolio, bisa dalam bentuk brosur sampai melalui pemasaran online.

Pemasaran online untuk jasa sejenis ini memang belakangan mulai dirambah oleh pelaku  usaha pertamanan mengingat banyaknya pelaku usaha dan personal yang melakukan perburuan informasi melalui dunia maya.

Pemasaran ini memudahkan Anda berkomunikasi dan bertemu secara maya dengan banyak calon konsumen yang tadinya tak mudah Anda jangkau dengan hanya membuka sebuah toko atau kios. Anda bisa menjajal berbagai market place atau forum jual beli dimana banyak konsumen memang melakukan pencarian informasi terbanyak.

Selain via market place, Anda juga bisa mencari konsumen melalui sosial media. Terkesan unik, tetapi berbagi informasi seputar pertamanan dan rancang bangun taman akan membuat calon konsumen yakin pada kemampuan Anda memilih jasa Anda untuk mendandani taman mereka.

Pemasaran lain yang dirasa efektif justru dengan cara konvensional, seperti dengan melakukan pengajuan tender ke beberapa instansi untuk penggarapan taman bagi sebuah kawasan perkantoran atau taman wisata.  Biasanya di sini Anda perlu melakukan perancangan untuk lahan yang ditunjuk berikut dengan proses presentasi yang efektif.

Baca juga: Melirik Potensi Bisnis Kue Kering Dengan Omzet Ratusan Juta Sebulan

Ternyata dari kebisaan seseorang dalam merancang desain sebuah taman di berbagai lahan dan kontur, Anda bisa memulai sebuah bisnis menarik yang tak kalah memuaskan. Apakah Anda sendiri juga sekiranya berbakat dengan dunia tanaman dan pertamanan?

usaha pertamanan

LEAVE A REPLY