Sebuah wisata yang dilengkapi keindahan pegunungan adalah Canting Mas Puncak Dipowono. Siapapun yang melihatnya akan terhipnotis. Bahkan tak ingin sekali, tapi ingin berkali-kali berkunjung kesana.

Puncak Dipowono: Melihat Dari Atas Indahnya Kalibiru Kulon Progo
Puncak Dipowono: Melihat Dari Atas Indahnya Kalibiru Kulon Progo (Photo by, Le Raja)

Jika Anda melakukan liburan di daerah Kulon Progo janganlah lupa untuk mampir di tempat wisata yang bernama Canting Mas Puncak Dipowono. Dari sini terlihat keanggunan dan keindahannya karena salah satu pemandangan dibalik itu adalah waduk Sermo.

Wisata alam ini memiliki potensi yang sangat cocok untuk dikunjungi masyarakat untuk liburan. Apa saja yang membuat wisata ini sangat menarik? Simak beberapa faktornya disini.

Lebih Dekat Dengan Canting Mas Puncak Dipowono

Sebelum Anda berkunjung ke lokasi wisata ini, perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini. Karena beberapa hal tersebut membantu Anda sebagai guide menuju dan memiliki rasa ketertarikan yang lebih.

Misalnya lokasi wisata, harga tiket masuk, jam operasional, rute menuju lokasi, fasilitas dan sarana yang ada disana. Kemudian waktu yang cocok untuk berkunjung ke tempat wisata.

Lokasi Wisata

Wisata alam ini terletak di daerah Clapar, Hargowilis. Lebih tepatnya di sebuah dusun yang berada di atas perbukitan Menoreh. Dusun itu bernama Clapar 2, Desa Hargowilis, Kulon Progo.

  Wisata di Bantul Untuk Anda Yang Ingin Suasana Baru & Keren

Ketinggian Puncak ini kurang lebih 700 mdpl, hamparan kehijauan dan Waduk Sermo turut melengkapi keindahan Puncak Dipowono. Lokasi wisata Puncak Dipowono juga ramai didatangi oleh para pengunjung karena keindahannya.

Rute Menuju Lokasi

Sedangkan rute menuju lokasi wisata Dipowono tidak terlalu sulit. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi supaya lebih mudah menuju ke Canting Mas Dipowono. Jika sudah sampai di daerah Jogja ambil arah jalan Jogja-Wates untuk menuju kota dan ambil arah menuju alun-alun Wates.

Lalu ikuti arah menuju Waduk Sermo dan Kalibiru. Setelah Anda mengikuti jalan tersebut, ada pertigaan yang menuju ke wisata Kalibiru dan Canting Mas. Ambil arah menuju Canting Mas, mungkin belok ke arah kiri. Lalu ikuti sesuai papan petunjuk. Sampailah Anda pada tempat tujuan wisata Puncak Dipowono.

Waktu Terbaik Berkunjung

Waktu terbaik berkunjung di Canting Mas adalah kala pagi atau sore hari. Karena di waktu tersebut hawa tidak terlalu panas. Anda jika beruntung bisa melihat matahari terbenam atau matahari terbit.

Karena ketinggian Puncak ini saat cuaca cerah Anda dapat menikmati keindahan Waduk Sermo, pantai Glagah, Kota Wates, dan Gunung Merapi.

Harga Tiket Masuk

Menikmati keindahan dan keanggunan Dipowono sangatlah menarik. Namun tidak semua bisa gratis. Anda harus mengeluarkan setidaknya tiket masuk dan tempat parkir. Selain biaya itu seperti makan dan jajan perlu uang yang lebih.

  Air Terjun Gedad Gunung Kidul Yang Menawarkan Suasana Hutan Alami

Harga tiket masuk ke Canting Mas Dipowono kurang lebih Rp 12.000 per orang sudah termasuk parkir motor. Jika membawa mobil tarif masuk ke Puncak Dipowono menjadi Rp 15.000 per orang.

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Fasilitas dan Sarana

Jalan menuju Puncak Dipowono mayoritas sudah baik dan beraspal. Mungkin sebagian kecil jalan yang masih tanah. Wisata Puncak Dipowono dilengkapi dengan Mushola, tempat istirahat, warung, parkir kendaraan, gazebo, rumah pohon untuk foto, dan toilet.

Berkunjung ke tempat wisata sangatlah menyenangkan bagi siapapun. Cobalah untuk mengunjungi tempat wisata Canting Mas Puncak Dipowono yang berada di Hargowilis ini. Siapa tahu bakal memberikan pengalaman yang terbaik dari sekian wisata yang pernah Anda kunjungi.

Dan jangan lupa jika Anda berkunjung ke lokasi wisata Dipowono tetap mempersiapkan segala kebutuhan dan keperluan. Seperti persiapkan kendaraan Anda, karena jalanan menuju lokasi lumayan terjal. Lalu tetap jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan tempat wisata.

Petunjuk Arah via Google Maps

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here