Siapa yang mau memungkiri bagaimana kawasan selatan Gunung Kidul memang dijajari oleh sederet pantai dengan pesonanya yang tak ada habisnya. Dan seperti tidak ada habisnya, selalu muncul nama baru dalam daftar pantai Gunung Kidul yang menanti untuk Anda sambangi, sebagaimana pantai anyar satu ini, pantai Ngedan / Pantai Ngeden.

Pantai Ngedan, Wisata Pantai Terbaru Dari Bibir Pantai Gunung Kidul
Pantai Ngedan, Wisata Pantai Terbaru Dari Bibir Pantai Gunung Kidul (Photo by, ridiculoustravel.wordpress.com)

Mengenakan nama yang unik dan memberi konotasi yang sedikit unik, rupanya  memang ada yang berbeda dari pantai Ngedan ini dari kebanyakan pantai Gunung Kidul lain yang mungkin telah Anda jajahi sebelumnya.

Sekilas tak banyak yang berbeda dari pantai ini bila Anda bandingkan dengan pantai lain. Masih berbingkai perbukitan karst yang menjulang di tepian pantai. Lengkap dengan vegetasi hijaunya yang membuat pantai tetap terasa bernuansa tropis. Disertai batuan karang di hamparan pantai dan lepas pantai dalam bentuk-bentuk unik.

Yang berbeda, pantai ini sebenarnya memiliki 3 akses pantai sekaligus, yakni pantai Ngedan itu sendiri, kemudian pantai Jugala dan pantai Ngelimun. Jadi Anda bisa menyambangi sekaligus tiga pantai yang hadir dalam nuansa berbeda dan akan memberi Anda kesempatan bertualang dengan cara yang berbeda pula.

Pantai Ngedan sebagai pantai utama berbingkai bukit karst tinggi berselimut rimpun rumput dan pandan laut pada sudut timurnya. Pantai ini berpasir halus dengan beberapa karang menghiasi tepian bibir pantai yang berdekatan dengan tebiing. Anda bisa naik ke atas tebing untuk menikmati panorama unik pantai Ngedan lebih lengkap.

Panorama cantik ini lengkap dengan beberapa dinding tebing di kawasan pantai Jugala dan Ngelimun dengan bentuk unik yang terbentuk dari kikisan ombak juga karang cinta yang ada tepat di bawah tebing. Di bawah tebing tampaknya terdapat goa kecil yang juga terbentuk dari kikisan ombak namun bukan destinasi yang bisa Anda kunjungi, karena goa ini dihempas ombak setiap waktu.

Menyusur pantai ke arah barat, Anda akan jumpai satu cekungan pantai bernama pantai Jugala yang berhias karang kecil berbentuk bola-bola dalam aneka ukuran. Pasir di pantai ini bahkan hampir tidak terlihat tertutupi oleh batuan karang kecil ini.

Berjalan kembali ke arah barat dan menyeberang sedikit melintasi beberapa karang, Anda bertemu dengan panti Ngelimun. Pantai ini juga berhias batuan karang, namun beberapa bagiannya sudah tampak hamparan pasir kekuningan yang cantik. Pantai ini tergolong kecil dan cenderung sulit dijangkau bila tengah pasang karena beberapa karang memenuhi tepiannya.

Pantai Gunung Kidul satu ini berada di Dusun Bedalo, Desa Krambit Sawit, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul atau tepatnya pada sisi timur dari pantai Gesing yang sudah lebih dikenal. Baru saja diresmikan pada bulan Februari 2015, pantai ini memang cenderung belum dikenal, Jangan heran sekalipun sudah dilengkapi beberapa fasilitas umum dan beberapa penjaja makanan, pantai ini masih tergolong sepi. Apalagi akses jalan menuju pantai juga belum sepenuhnya nyaman.

Posisi pantai ini di antara perbatasan Imogiri dan Gunung Kidul, tepatnya sebelah barat kawasan suaka margasatwa Paliyan. Anda bisa pula menempuh jalur melalui Imogiri melalui pasar Imogiri, Selopamioro dan sebelum masuk ke area  Krambit Sawit, lokasi pantai Ngedan berada.

Baca juga : Dari Kawasan Wisata Alam Mangunan, Menikmati Indahnya Ketinggian Bantul

Penelusuran yang terkait dengan pantai ngedan, pantai gunungkidul anyar, pantai terbaru gunungkidul, bibir wisata, pantai baru gunung kidul, pantai gunung kidul baru, pantai gunungkidul terbaru, wisata baru gunung kidul baru, wisata pantai baru anyar jogja.

Ada pertanyaan atau komentar?