Nuansa Kuta Di Lokasi Wisata Jogja Pantai Sepanjang
Nuansa Kuta Di Lokasi Wisata Jogja Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang belakangan ini memang sedang naik daun menjadi lokasi wisata Jogja yang populer. Setelah pemerintah daerah dan banyak pecinta traveler tak sudah-sudah membahas pantai Indrayanti, kini giliran pantai Sepanjang, yang ramai dipromosikan. Bahkan pantai Sepanjang ini juga digadang-gadang oleh pemerintah daerah sebagai sosok Kuta masa lalu untuk semakin meningkatkan kunjungan wisata pantai ke lokasi ini.

Konon bila Anda pernah mengunjungi Kuta pada masa 70an, maka sekiranya pantai Sepanjang inilah gambarannya. Pantai yang menghampar panjang, dengan pasir putih halus dan deburan ombak yan tergolong sedang. Beberapa peselancar menjajal nyali di gelungan ombak, sementara sebagian pengunjung menikmati panorama pasir putih yang berpadu apik dengan deretan karang dan lautan membiru, lengkap dengan buih ombaknya.

Tak banyak unsur komersial yang hadir di lokasi wisata Jogja ini, selain gubug-gubuk buatan masyarakat lokal yang menghadirkan fasilitas ala kadarnya untuk kuliner sederhana , toilet dan mushola. Harmoni alam dengan masyarakat lokal yang elegan.

Inilah gambaran yang akan Anda dapatkan dari pantai Sepanjang, tak ubahnya dengan gambaran pantai Kuta Bali yang tersohor itu di masa lalu, sebelum kawasan wisata pantai  ternama di dunia itu tersentuh dunia komersial.

Menariknya di pantai Sepanjang Anda masih bisa menemukan aktivitas masyarakat sekitar yang menyatu dengan aktivitas wisata. Anda masih bisa menemukan perbukitan yang lerengnya digunakan sebagai perkebunan jagung, kawasan ladang kedelai dan usaha rumput laut.

Beberapa investor mulai membangun penginapan dan vila, tetapi tetap dengan konsep alami dan menyatu dengan kehidupan sosial pantai ini. Justru kesibukan masyarakat ini menjadi satu pelengkap tersendiri untuk panorama alam yang sudah tersaji alami, dan menjadi asset tersendiri bagi pantai Sepanjang yang konon memang pantai terpanjang di bibir terluar kawasan Gunung Kidul ini.

Bagi Anda yang berkunjung ke lokasi wisata pantai eksotis ini, Anda bisa memanjakan diri Anda dengan bermain deburan ombak yang tidak berbahaya, menjajal berburu kerang di kawasan berkarang yang biasanya selalu terendam air di sisi timur pantai. Atau sekedar duduk dan bersenda gurau beratapkan cerug-cerug karang yang membingkai pantai. Seperti halnya pantai kebanyakan di kawasan Gunung Kidul ini.

Tak sulit bagi Anda untuk bisa menemukan beragam ikan hias yang berlenggok di dalam kolam-kolam karang, aneka kerang dengan cangkang cantiknya atau sekedar ikutan mencari rumput laut. Asal Anda hati-hati ada banyak ranjau karang yang bisa melukai Anda seperti landak laut dan ubur-ubur.

Pantai ini juga memiliki sebuah situs kuno yang konon diyakini masyarakat setempat sebagai tug atau sumber air berkhasiat. Pada masa lalu kerap digunakan untuk padusan dan pemandian pusaka. Situs itu bernama Banyusepuh. Pada musim kemarau, Banyusepuh hanya berupa kolam kecil dengan air yang menggenang dan sumber air yang sangat kecil. Namun konon di musim penghujang, air dalam kolam cukup besar dan debit air mengalir cukup deras.

Nuansa Kuta Di Lokasi Wisata Jogja Pantai Sepanjang Nuansa Kuta Di Lokasi Wisata Jogja Pantai Sepanjang (Photo by, Hendri. K)

Lokasi wisata Jogja ini juga sangat mudah Anda capai, karena berada di kawasan kompleks wisata pantai yang populer. Pantai Sepanjang berada di desa Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul. Untuk mencapainya Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju tenggara kawasan Wonosari hingga Anda mencapai kawasan deretan pantai yang dimulai dengan pantai Baron sekitar 1,5 jam dari kota Yogya. Dari Baron ini Anda masih harus menempuh perjalanan sekitar 20 menitan untuk bisa sampai ke parkiran Sepanjang. Anda tertarik untuk merencanakan liburan ke Kuta tempo doeloe ini?

La Noel | Photo by, Stefanus Ajie

Penelusuran terkait tempat bermalam di parangtritis dengan nuansa gubuk.

Ada pertanyaan atau komentar?