Banyak hal dan barang yang bisa dimiliki dengan cara dicicil. Setuju? Sayangnya, jumlah cicilan yang harus dibayarkan di setiap bulan terkadang cukup mencekik leher.

Belum lagi tiba-tiba datang keperluan lain yang membutuhkan uang tidak sedikit seperti keluarga sakit atau mengalami kejadian tidak mengenakkan. 

Jika kamu termasuk orang yang sering stres karena angsuran bulanan, beberapa tips ini bisa membantu agar proses pembayaran tagihan tidak lagi terasa menyebalkan.

Dahulukan bayar angsuran sebelum menabung

Solusi Jitu Anti Stres Cara Mengatasi Bayar Angsuran Bulanan
Solusi Jitu Anti Stres Cara Mengatasi Bayar Angsuran Bulanan (Foto: Istimewa)

Menyisihkan uang di awal hari gajian untuk ditabung memang penting. Akan tetapi, jika kamu memiliki tanggungan cicilan angsuran, maka dahulukan pelunasan hutang terlebih dulu.

Dibandingkan dengan kebutuhan lain, angsuran kredit punya urgensi yang lebih tinggi dibandingkan semua kewajiban yang kamu miliki di tiap bulannya. Apalagi jika kamu terlambat membayar. 

Beban tambahan berupa bunga harian justru akan membuat pengeluaran bertambah banyak. Oleh karena itu, selalu bayar angsuran pertama kali sebelum mengatur pos keuangan lainnya, ya.

Setelah segala proses pembayaran selesai, selanjutnya kamu bisa menyisihkan uang untuk ditabung.

Catat pembayaran angsuran secara detail

Cara lain yang tidak kalah penting untuk kamu lakukan adalah buat daftar dari utang-utang secara detail, mulai dari tanggal penagihan, jatuh tempo, hingga juga tenor tenggang waktunya.

Hal ini penting dilakukan karena angsuran kredit merupakan hal yang wajib diselesaikan, apapun yang terjadi. Dengan mengetahui semua kewajiban, kamu akan lebih bijaksana dalam mengambil langkah yang berhubungan dengan keuangan dan pengeluaran.

Menabung dengan sistem autodebet

Membayar angsuran kredit memang butuh komitmen yang tinggi. Jika kamu termasuk orang yang kerap lupa, ada baiknya angsuran dibayar dengan cara autodebet di setiap bulan.

Teknik ini sangat ampuh karena proses pembayarannya tidak akan terasa. Begitu hari berganti ke tanggal yang telah disepakati, nominal tertentu akan otomatis di debet dari rekening.

  Waspadai Angin Kencang Di Awal Musim Penghujan, Ketahui Tanda-Tandanya

Satu yang harus diingat, pastikan saldo di rekening selalu cukup untuk melakukan metode ini. Jika sisa saldo berada di bawah nilai angsuran bulanan, maka kamu justru terkena denda jatuh tempo.

Atur fitur autodebet sekitar satu atau dua hari setelah tanggal gajian sehingga uang yang kamu miliki masih dalam batas aman, belum terpakai untuk kebutuhan yang lain. 

Cari pendapatan tambahan

Bagi para pekerja, mencari penghasilan lain lewat usaha tambahan sudah bukan rahasia umum. Apalagi di era digital seperti sekarang. Berbagai pekerjaan tambahan yang menguntungkan untuk diri sendiri dan bermanfaat bagi orang lain sangat mudah ditemukan.

Kamu bisa memanfaatkan trik ini untuk menambah pemasukan. Adanya pemasukan lebih berarti berkurang pula beban saat kamu harus membayar cicilan bulanan.

Ingat, pilih pekerjaan tambahan yang membuatmu senang saat melakukannya. Sebagai contoh, kamu bisa mencoba membuat blog yang berisi review film atau masakan favorit. Atau, kamu juga bisa berjualan dengan memanfaatkan ponsel.

Memanfaatkan teknologi secara maksimal

Membayar angsuran kredit tepat waktu artinya kamu tidak memiliki beban finansial bulanan. Jika kamu masih belum bisa melakukan teknik autodebet bagi semua tagihan, kamu bisa mencoba dengan mulai membayar tagihan lewat cara yang menyenangkan. 

Kamu bisa melakukan berbagai pembayaran lewat aplikasi yang ada di ponsel seperti Traveloka.

Kelebihan yang didapat dengan membayar tagihan lewat aplikasi adalah prosesnya yang mudah, tidak memakan waktu lama seperti membayar tagihan secara konvensional, dan privasi lebih terjaga.

Lewat aplikasi ini, kamu bisa melakukan pembayaran apa saja termasuk bayar online angsuran Mega Finance serta cek tagihan lainnya hanya dengan beberapa kali klik.

Membayar tagihan dan angsuran memang butuh komitmen yang tinggi. Jika semua prosesnya dijalani dengan teratur dan sesuai tanggal yang ditentukan, maka hidup pun akan terasa lebih ringan.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here