Goa Jepang Surocolo – Sudah mau long weekend lagi nih Sob, kira-kira enaknya mau piknik kemana ya? Atau masih belum pada punya rencana, nih? Kalau belum, cobadeh main-main ke kawasan Goa Jepang Surocolo, Bantul.

Gak perlu jauh-jauh ke Bulan Sob, cukup ke Goa Jepang, Seloharjo, Pundong, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55771. Karena disini, sudah ada bulan yang menanti mu, seperti foto dibawah ini nih.

Inilah Lokasi Goa Jepang Surocolo Seloharjo Pundong Bantul Yang Lagi Hits di Jogja
Inilah Lokasi Goa Jepang Surocolo Seloharjo Pundong Bantul Yang Lagi Hits di Jogja (Photo by, trisnoarybudi)

Seru banget deh, sambil menikmati long weekend, plus gak perlu naik pesawat SpaceX untuk pergi ke bulan. Well, yang jelas Sobat gak bakalan nemuin full moon disini, mungkin karena di Pundong selalu awal bulan, kalik ya? Hehee..

Sejarahnya kawasan Goa Jepang ini dulu memang digunakan sebagai markas pertahanan tentara Jepang. Sekalian ngulik sejarah, tahun 1942 kita sempat di jajah oleh pasukan Jepang, masih pada inget kan?

Sebelum kita merdeka, mereka bikin markas di kawasan Bantul ini, sekalian mengingatkan kalau dulu kita pernah di jajah Jepang.

Dimasa perang dunia ke-2, Amerika membalas serangan Pearl Harbor 1941 (setelah lima tahun berselang) dengan mem-bom atom dua kota di Jepang. Yaitu, Hiroshima dan Nagasaki, masih pada inget pelajaran sejarah kan?

Nah, pada tahun 1945 Jepang menyatakan mundur setelah apa yang terjadi pada serangan balasan Amerika tersebut. Untuk menyudahi perang dunia ke-2 ini, akhirnya sebuah organisasi pemuda yang di pelopori oleh Ir. Soekarno.

Mem-proklamasikan atas nama bangsa Indonesia, dengan menyatakan Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Proklamasi tersebut tidak semulus itu, karena kemudian kita mati-matian mempertahankan kemerdekaan atas agresi-agresi militer Belanda yang masih ingin menjajah Indonesia.

Bersyukurlah sekarang ini, kita menjadi generasi pengisi kemerdekaan. Untuk menolak lupa, dan untuk menghormati jasa-jasa para Pahlawan. Sudah selayaknya kita berkontribusi bagi bangsa dan Negara.

Dengan cara apa? tentu saja dimulai dari cara-cara sederhana, semisal warga Pundong yang mengemas wisata sejarah dengan wisata alam di sekitar Goa Jepang.

Sementara kita? jadilah wisatawan yang berkontribusi pula dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan lokasi wisata. Dengan tidak membuang sampah sembarang dan membangun suasana tetap kondusif.

Baca juga : The world landmarks Jogja: Tempat wisata hits terbaru di Jogja kawasan Merapi Park Kaliurang

Oke Sob, kalau sudah bicara sejarah memang sangat menarik sekali, sampai lupa mendeskripsikan panorama yang indah di kawasan Goa Jepang Surocolo ini. Tapi, sudah terdeskripsi rapi dari foto yang kece badai dari kak trisnoarybudi yang difotoin sama kak wanderlustita.

Buat yang nanya, harga tiket masuknya berapa? Tenang, cukup bayar retribusi parkir 5K rupiah untuk roda empat, dan 2K rupiah untuk roda dua, dan untuk apresiasi spot foto cukup 3K rupiah saja.

Terima kasih, kalau Sobat suka dengan pemandangan indah di Goa Jepang Surocolo ini, jangan lupa bagikan ke orang-orang sekitar anda dan ajak mereka kemari dan jangan lupa kalau ada tambahan bisa isi di kolom komentar. see ya enjoy sobatjogja.com ~Maturnuwun

Penelusuran terkait goa jepang bantul, goa jepang pundong yogyakarta, alamat gue jepang pindong tiket msuk, goa jep, Goa Jepang Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta 55771, sejarah goa jepang pundong, wisata seloharjo pundong.

Ada pertanyaan atau komentar?