Menilik Daya Pikat pantai Perawan Pantai Watu Kodok
Menilik Daya Pikat pantai Perawan Pantai Watu Kodok
Menilik Daya Pikat pantai Perawan Pantai Watu Kodok
Menilik Daya Pikat pantai Perawan Pantai Watu Kodok

Ada banyak pilihan pantai di sepanjang kawasan Gunung Kidul yang memang saling bersaing menyajikan pesona dan eksotismenya sendiri. Jajaran karang yang menghias kawasan pantai lengkap dengan deretan pegunungan sewu yang menjadi dinding sepanjang kawasan bibir pantai selalu memberi aura berbeda dari pantai kebanyakan.

Anda bisa memilih pantai dengan pesona wisata kulinernya, pantai dengan panorama uniknya atau pantai perawan dengan nuansa alami yang belum tersentuh. Dan untuk pilihan terakhir, Anda bisa mencoba satu pantai perawan yang unik di hamparan pantai Gunung Kidul. Tepat berada di kompleks pantai Indrayanti, Drini dan Sepanjang. Tepatnya berlokasi di jajaran pantai Desa Kemandang, Tanjungsari Gunung Kidul.

Pantai perawan itu adalah pantai Watu Kodok. Nama watu kodok dalam bahasa Indonesia berarti batu kodok. Nama ini berasal dari figur batu yang muncul di antara karang teras yang selintas memang menyerupai kodok. Bibir pantai sendiri dihiasi teras karang yang menghampar hingga lepas pantai. Memberi efek tanggul alami yang cantik sekaligus area bermain yang seru untuk Anda menemukan kerang atau ikan cantik di antaranya.

Pantai berpasir putih dengan suasana gersang khas kawasan Gunung Kidul. Lengkap dengan jajaran batu-batu besar aneka ukuran dan bentuk yang menghiasi seluruh pinggir area. Beberapa batu kembali menunjukan figure berbentuk menyerupai kodok meski untuk kali ini sedikit samar.

Terdapat cerug-cerug karang yang tidak hanya menampilkan suasana cantik dengan lekukan dan semburat warna yang eksotis, kadang beberapa menjulang ke atas membentuk pyramid-miramid karang unik. Pantai ini memang cukup padat karang, tetapi juga sangat cocok untuk Anda mencari tempat berteduh dari teriknya matahari yang memberi pendaran pada pasir putih di hadapan Anda. Masalahnya vegetasi di kawasan ini terbilang jarang dan cenderung hanya berupa semak pantai.

Pantai perawan ini tidak hanya menyuguhkan panorama yang cantik khas pantai Gunung Kidul lengkap dengan ciri khas bebatuan uniknya, tetapi pantai ini terbilang sepi, karena aksesnya yang tesembunyi sehingga tidak banyak diketahui keberadaannya. Apalagi apan penunjuk arah menuju pantai ini terbilang kecil dan kurang mencolok.

Tetapi justru pantai ini sangat cocok untuk Anda yang mencari ketenangan dan suasana yang damai, dengan air yang bening dan deburan ombak yang relatif lembut. Cocok juga untuk Anda yang ingin lebih romantis dengan pasangan, atau mencari lokasi pemotretan pre wedding yang tidak memakan biaya perijinan. Pantai ini juga landai jadi bisa Anda jadikan lokasi seru untuk berkemah.

Untuk Anda yang ingin menyambangi pantai perawan ini. Anda bisa melalui arah Wonosari menuju ke timur, tepat melalui jalur pantai Indrayanti, Anda juga bisa memarkirkan kendaraan Anda pada parkiran pantai ini Kemudian menyusuri jalan setapak dengan paving block yang sebenarnya bisa juga dilalui oleh kendaraan roda dua. Hanya saja untuk kendaraan roda empat tetap mungkin melaluinya hanya saja perlu perlahan karena jalan relatif kecil.

Perjalanan dari kota Yogya relatif panjang, sekitar 1,5 jam. Namun perjalanan panjang ini sama sekali tidak akan membosankan mengingat jalur berkelok yang Anda lalui akan melintasi rangkaian bukit karang yang memberi Anda panorama berbeda dari perjalanan biasa.

Jadi kalau yang Anda cari adalah pantai yang memberi Anda nuansa tenang dimana Anda bisa puas asyik bermain dengan deburan ombak lembut, karang berjajar dan pasir putihnya tanpa harus berbagi dengan pengunjung yang padar, Anda bisa pilih pantai perawan yang eksotis satu ini, pantai Watu Kodok.

Photo by, indoturs.com

pantai watu kodok, hastag paintai watu kodok gunung kidul, pantai kodok, pantai kodok wonosari, pantai perawan bantul, pantai watu kodok wonosari

LEAVE A REPLY