Kuliner Jogja, Tahu Gimbal Pak Yono Yang Melegenda Lezatnya
Kuliner Jogja, Tahu Gimbal Pak Yono Yang Melegenda Lezatnya
Kuliner Jogja, Tahu Gimbal Pak Yono Yang Melegenda Lezatnya
Kuliner Jogja, Tahu Gimbal Pak Yono Yang Melegenda Lezatnya

Pecinta kuliner Jogja pada umumnya mengenal hidangan tahu gimbal, merupakan kuliner khas Semarang. Yang lebih dahulu popular di Semarang, serta memiliki cita rasa khas Jawa Tengah yang kental.

Walau demikian, ada sebuah warung di Yogyakarta yang menjajakan tahu gimbal dan hampir setiap harinya senantiasa ramai diserbu para pecinta kuliner Jogja, yup ialah “Tahu Gimbal Pak Yono”. Lokasinya mudah dijangkau, tepat di jalan Tentara Pelajar, Utara Kantor BPD DIY.

Saking ramainya warung makan ini, sobat akan kesusahan untuk mendapat tempat duduk seandainya datang ke Tahu Gimbal Pak Yono diwaktu jam makan siang. Sobat mesti rela bersabar untuk dapat satu porsi hidangan tahu gimbal yang berisikan gimbal (bakwan udang), tahu, telur mata sapi, ketupat, irisan kobis, tauge, selanjutnya di lumerkan dengan bumbu kacang, dan kemudian ditaburi daun seledri.

Ini dia yang bikin orang rela antre buat merasakan nikmatnya Tahu Gimbal Pak Yono, apalagi dan pasti rasanya yang benar-benar bikin lidah goyang inul. Kombinasi gurihnya udang, telur, tahu, serta segarnya sayuran, berpadu sempurna dengan gurih pedasnya bumbu kacang yang disiram di atasnya.

Didik Darmadi (35) penjaja tahu Gimbal Pak Yono mengatakan kini dirinya meneruskan usaha yang sudah dirintis oleh ayahnya (Pak Yono) sejak tahun 1980-an.

“Bapak saya aslinya Klaten, dan Ibu saya asli Semarang. Mulai awal tahun 80-an orangtua saya jajal berjualan tahu gimbal dengan modal resep yang diwariskan oleh Simbah dari ibu,” ungkap Didik.

Ketika itu Pak Yono berjualan dengan cara ­berkeliling dengan memakai pikulan. Merasa usaha jualan tahu gimbal di Semarang tak berkembang seperti yang beliau bayangkan, kemudian tahun 1997 Pak Yono “nekat” jajal berjualan diluar Semarang, dan dipilihlah Yogyakarta.

Saat pertama berjualan di Yogyakarta, metode yang dipakai pun tetap berkeliling. Disaat itu kawasan seputar Malioboro dipilih buat berkeliling menjajakan tahu gimbal.

“Pada tahun 1997 itu, di sini (Yogyakarta) belum ada yang berjualan tahu gimbal, Ayah saya itu yang pertama kali sebagai pedagang tahu Gimbal,” tambah Didik.

Hingga akhirnya pada tahun 2003 berkat saran salah satu pelanggannya, Pak Yono membuka warung tahu gimbal di depan Kantor BPD DIY.

Karena berhasil konsisten mempertahankan mutu hidangannya, Tahu Gimbal Pak Yono hingga kini selalu ramai di kunjungi para pecinta kuliner Jogja. Meskipun kini telah muncul sekian banyak bakul tahu gimbal lainya di Yogyakarta. Dalam sehari tempat makan tersebut sanggup ludes menjual 350 hingga 400 porsi tahu gimbal dalam sehari.

“Membuat tahu gimbal itu sebenarnya gampang – gampang saja. Bahan – bahan dasarnya juga mudah didapatkan di pasar, namun setiap tempat yang menjajakan tahu gimbal pastinya memiliki cita rasa yang beda,” tambah Didik.

Diantaranya bumbu yang diperlukan untuk buat membuat tahu gimbal yakni Petis, bawang putih, cabai, daun salam, serai, lengkuas, daun jeruk, merica, garam gula. Yg membedakan rasa dari tahu gimbal yang satu dengan yang lain ialah pemakaian kuah rahasia.

Lebih lanjut Didik menyebut, bumbu kacang yang sudah dihaluskan dengan cara ditumbuk. Biarpun dalam sehari menghabiskan 20 kilogram kacang tanah, namun untuk menghaluskannya terus ditumbuk, karena apabila digiling rasa bumbu kacangnya kurang gurih.

Untuk masalah harga, sobat tak usah khawatir, lantaran satu porsi tahu gimbal bisa dinikmati lumayan dengan harga Rp 12 ribu. Porsinya serta lumayan banyak, maka cocok untuk makan siang. Hehhe..

Baca juga : Sompil Kuliner Khas Gunungkidul Yang Bikin Huh-hah Mantap

Photo by, Hamim Thohari | Tribun Jogja

tahu gimbal jogja, tahu gimbal, tahu gimbal di jogja, tahu gimbal pak yono, cara membuat tahu gimbal klaten, resep tahu gimbal jogja, asal makanan tahu gimbal, resep tahu gimbal jo, kupat tahu gimbal pak yono, resep tahu gimbal pak yono

1 COMMENT

LEAVE A REPLY