Jalan Malioboro – direncanakan akan menjadi kawasan semi pedestrian pada tahun 2019. Wacana tersebut merupakan bagian dari rencana Pemerintah Kota Yogyakarta, untuk memperbanyak ruang bagi pejalan kaki.

Perluasan Pedestrian Jalan Malioboro Akan Berlanjut Dari Tugu Sampai Panggung Krapyak
Perluasan Pedestrian Jalan Malioboro Akan Berlanjut Dari Tugu Sampai Panggung Krapyak (Photo by, ryaniyani27)

Di kawasan Malioboro mulai dari Tugu sampai titik nol rencana itu sudah diwujudkan dengan adanya perombakan jalur pedestrian di sebelah timur Jalan Malioboro.

Perombakan akan berlanjut ke tahap kedua yaitu mulai dari Pasar Beringharjo sampai titik nol. Ruas jalan dan trotoar direncanakan akan menjadi ruang bagi pejalan kaki yang telah ditata dengan rapi sesuai dengan wacana model jalur pedestrian yang dibangun di sebelah barat.

Jalan Malioboro akan sama seperti jalur pedestrian di sebelah timur sementara para pedagang kaki lima Jalan Malioboro akan dibenahi dan ditata ulang. Yaitu misalnya gerobak disesuaikan dengan tempatnya tidak seperti sekarang yang menyebar tidak terarah.

Rencananya tidak semua kendaraan dapat melalui Jalan Malioboro hanya kendaraan jenis sepeda motor saja, atau lebih tepatnya angkutan umum ambulan dan kendaraan tamu negara.

Yang intinya tidak ditutup total, tentu saja make over ini ditujukan untuk para wisatawan yang hadir di kawasan Malioboro. Selain niat untuk tetap melestarikan nilai-nilai budaya sejarah.

Tentu filosofi yang ada pada Jalan Malioboro adalah salah satu jalan yang dilalui oleh garis imajiner. Yaitu dari Merapi sampai dengan Laut Selatan, dimana sebagai poros imajiner.

Tentu Jalan Malioboro harus semakin tertata rapi, sehingga wisatawan yang datang ke Yogyakarta akan merasa istimewa, seperti dikatakan oleh pemerintah.

Make over kawasan Malioboro merupakan langkah awal untuk melestarikan nilai-nilai yang terkandung di poros imajiner. Perbaikan akan terus dilanjutkan dari Tugu sampai panggung Krapyak.

Oke Sob, demikianlah yang dapat kami sampaikan terkait ruang bagi pejalan kaki di Malioboro yang akan bertambah luas. Tentu saja semoga make over Jalan Malioboro ini segera selesai tepat waktu.

Karena ini tentunya akan meningkatkan kunjungan wisata ke Jogja, harapan kami sebagai pengguna Jalan Malioboro Semoga semakin baik dan menyenangkan berjalan di poros imajiner.

Semoga informasi ini bermanfaat dan sampaikan opini anda mengenai makeover Jalan Malioboro kalau sobat suka jangan lupa comment dan share artikel ini. enjoy sobatjogja.com ~Maturnuwun

Ada pertanyaan atau komentar?