Inilah Pantai Sadranan Gunung Kidul, Buat Yang Suka Snorkeling
Inilah Pantai Sadranan Gunung Kidul, Buat Yang Suka Snorkeling (Photo by, m.ibnuabd_)

Pantai Sadranan Gunung Kidul merupakan bagian dari rantai wisata pantai Jogja di bagian selatan yang wajib anda datangi.

Untuk menuju Pantai Sadranan, kami menempuh jarak sekitar 63 KM dari Kota Yogyakarta atau sekitar dua jam dari Kota Yogyakarta.

Inilah Pantai Sadranan Gunung Kidul, Buat Yang Suka Snorkeling
Inilah Pantai Sadranan Gunung Kidul, Buat Yang Suka Snorkeling (Photo by, m.ibnuabd_)

Mengikuti Jalan Wonosari dimana sepanjang perjalanan menuju Pantai Sadranan anda akan disuguhkan dengan hutan – hutan di wilayah jalan Nasional III (Bukit Bintang) yang masih hijau.

Kemudian mengikuti jalan Yogyakarta – Wonosari, sampai di Kota Wonosari ambil arah selatan mengikuti jalan Baron.

Setelah itu belok kearah timur di jalan Tepus, nah sepanjang jalan ini anda akan disuguhi pemandangan hamparan hutan dengan udaranya yang masih segar.

Lalu mengikuti jalan Pantai Selatan Jawa, hingga menuju Pantai Sadranan.

Nah, mungkin ancer – ancer diatas terlihat mudah, meski begitu sebaiknya anda di dampingi pemandu supaya lebih mempermudah.

Bila tanpa pemandu, jangan segan untuk bertanya dengan sopan kepada penduduk sekitar.

Selama perjalanan berkendaralah sewajarnya, sekalipun jalanan sepi, ingat jalan tersebut merupakan jalan kampung, jadi bersikaplah sopan.

Ada banyak minimarket sepanjang perjalanan anda atau beristirahatlah di warung – warung apabila anda mengalami kelelahan.

Kios – kios dan bengkel / tambal ban juga tidak jauh – jauh, apabila terjadi yang tidak diinginkan seperti ban bocor sobat tidak perlu khawatir.

Belajar dari pengalaman.

  • Sebaiknya apabila memutuskan untuk berangkat dengan kendaraan pribadi, jangan lupa untuk memeriksa kendaraan anda.
  • Terutama tekanan udara pada ban, periksa rem kembali pastikan berfungsi dengan baik, apabila ada masalah pada mesin silahkan di perbaiki terlebih dahulu demi menjaga kenyamanan anda dalam berkendara.
  • Pastikan anda dalam kondisi yang fit dan sebaiknya berkendaralah berkelompok dengan barisan memanjang kebelakang (jalan desa tidaklah terlalu lebar).
  • Tidak membuat sampah sembarangan.

Pantai Sadranan.

Anda akan langsung disuguhkan dengan hamparan pasir putih yang mempesona, hamparan laut biru dan langit yang cerah merupakan nilai plus tersendiri.

Nah, buat anda yang suka snorkeling, disini tempat yang tepat untuk menyalurkan hobby anda tersebut.

Karang dan ikan dengan beragam jenis bisa sobat lihat dengan jelas di Pantai Sadranan.

Selain itu, buat anda yang masih pemula dan tidak memiliki peralatan snorkeling tidak perlu khawatir, di Pantai Sadranan sudah disediakan tempat penyewaan untuk perlengkapan diving.

Tips untuk anda yang ingin snorkeling, sebaiknya datang agak siang atau pagi karena saat sore tiba, pantai akan surut.

Sebaiknya menggunakan alas kaki, bisa sendal atau sepatu karet saat berenang di bibir Pantai Sadranan, karena ada banyak karang, untuk menjaga – jaga supaya kaki anda tidak terluka oleh karang.

Karena masih belum ada petugas P3K (Paramedic) yang siaga di pantai, jadi anda harus menjaga keluarga, teman, dan anda sendiri tentunya.

Menikmati suasana pantai, dengan mendengar deburan ombak serta hembusan angin pantai juga dapat menyembuhkan stress anda.

Lupakan sejenak dengan pekerjaan atau tugas – tugas, berbahagialah dengan mengagumi karya Sang Maha Kuasa ini.

Buat anda yang tidak membawa perlengkapan atau makanan, jangan khawatir disepanjang pantai Sadranan sudah ada banyak sekali tersedia warung – warung penjaja kuliner sea food.

Ada juga tempat berteduh, semacam gazebo yang sudah disewakan oleh warga sekitar.

Wah, liburan kali ini sepertinya bakalan jadi waktu yang pas untuk datang ke Pantai Sadranan ini.

Jangan lupa, untuk tetap menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dan bila melihat sampah berserakan jangan segan untuk memungutnya dan membuang ke tempat – tempat yang sudah disediakan. ~Terima kasih.

bukit bintang dan pantai sadranan, kuliner di pantai sadranan, kuliner pantai sadranan, sejarah pantai sadrana, sejarah pantai sadranan

LEAVE A REPLY