5 Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Jogja Bagi Pemula
5 Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Jogja Bagi Pemula
5 Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Jogja Bagi Pemula
5 Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Jogja Bagi Pemula

Sudah banyak sekali kita me-review tempat – tempat makan enak di Jogja, tak pelak karena banyaknya kuliner Jogja yang beragam dan lezat. Namun, kadang tersirat bagaimana rasanya memiliki warung makan dengan berjubel pengunjung seperti itu ? Membayangkan hal ini terpaksa jemari dibuat menghitung.

Kalau sepiring Gudeg Kuliner Jogja saja seharga 7,000 per porsi, kemudian anggaplah pengunjung yang datang dalam sehari itu 100 orang (pastinya lebih). Dalam sehari omzet penjaja kuliner Jogja ini tentu bisa mengantongi 700,000 per hari. Dalam sebulan tentu menyentuh angka 21,000,000 rupiah per bulan.

Itu baru menu utama lho, belum lagi softdrink yang mereka jual serta cemilan diatas meja yang kelihatanya murah dan enak. Wow.. fantastis tentu saja bila sampai pada zona itu, namun untuk mencapai posisi itu tentu penuh perjuangan. Jadi, bagi pemula itu baru tahap menghayal diatas kertas secara logic.

Hal, ini dibenarkan kalau bisnis kuliner saat ini memang sedang hit, terutama beberapa tahun belakangan. Tiap – tiap daerah di Nusantara berlomba – lomba mengangkat kuliner khas masing – masing. Ide ini memang bagus untuk mempertahankan kebudayaan bangsa Indonesia, melalui kuliner khas masing – masing daerah.

Selain itu, bagi pebisnisnya ini merupakan hal yang teramat menguntungkan bahkan, tidak hanya itu mereka secara langsung berjasa telah mengangkat kuliner khas daerah mereka. Nah, lalu bagaimana dengan anda yang ingin memulai masuk pada kategori bisnis kuliner Jogja ? Berikut tips sukses memulai bisnis kuliner bagi pemula, yang sudah kami rangkum berikut ini.

  1. Konsep yang menarik

Bicara soal konsep, mengangkat kuliner khas memang sudah menarik pada umumnya, namun perlu sobat ketahui menarik saja tidaklah cukup. Nilai – nilai budaya juga harus tetap di masukan, sebagai penguat bisnis kuliner khas anda.

Membuat konsumen terkesan adalah point penting, agar feedback yang kita terima adalah konsumen balik lagi (after selling). Selain itu mendekor tempat makan senyaman mungkin, kental dengan suasana khas daerah, itu juga jadi point penting.

  1. Target Konsumen

Dalam hal ini, tentu kita harus jeli mengingat bisnis kuliner tidaklah mudah seperti yang terlihat di permukaan. Target pasar harus pas dan tepat secara keseluruhan, semisal sobat menjual di daerah perkantoran, sekolahan, atau kampus.

Anda harus lebih focus pada cita rasa, sebab daerah ini merupakan wilayah yang tidak betahan. Jadi, bila sudah enak di satu kumpulan (geng) maka kumpulan lain akan datang, karena wilayah ini sharing mulut ke mulut.

  1. Inovasi Sangatlah Penting

Berbisnis kuliner khas Jogja, memang tidaklah gampang sebab tingkat authority serta experience kadang jadi salah satu tolak ukur enaknya suatu tempat makanan. Semakin tua dan classic biasanya malah semakin ramai, meskipun cita rasanya sudah berkurang.

Nah, ber-inovasilah seperti Bakpiapia dengan bakpia blasteran-nya, D’Piesgor dengan Pisang Ceria-nya, dan masih banyak lagi kuliner khas Jogja lainya yang sudah modifikasi oleh para innovator kuliner ini.

  1. Harga Terjangkau

Untuk urusan satu ini, janganlah pesimis dengan untung yang akan didapat, sebab kebiasaan masyarakat kita cenderung konsumtif namun masih melihat harga di depan menu. Oleh karena itu berilah harga yang wajar pada konsumen, dengan demikian anda akan cepat dalam berkembang.

  1. Jaga Reputasi

Point ini tidak bisa dianggap enteng, karena reputasi yang terjaga berarti cita rasa bisnis kuliner anda harus tetap terjaga. Sebab tidak penting pelanggan datang seminggu sekali, karena yang terpenting satu konsumen itu rutin seminggu sekali datang dan membangun kepercayaan terhadapa pelayanan sobat.

Jaga aspek – aspek kebersihan, pelayanan, cita – rasa, kenyamanan tempat makan, harga, dan inovasi. Dengan begitu, bisnis kuliner anda akan tetap terjaga hingga puluhan tahun kedepan.

Apapun yang akan dikembangkan pada bisnis kuliner Jogja anda, penting di ingat untuk tetap menjaga inti nilai – nilai kebudayaan yang melestarikan budaya bangsa. Karena, dengan niat yang baik tentu akan menghasilkan sesuatu yang baik. Semoga, tulisan ini memantu sobat untuk mengawali bisnis kuliner dengan mantap.

Baca juga : Tips Penting Supaya Bisa Menikmati Tempat Wisata di Jogja Dengan Nyaman

Photo by, instagram.com/dpiesgor

usaha kuliner di jogja, tips dan trik usaha kuliner di jogjakarta, bisnis kuliner di jogja, bisnis kuliner terbaru jogja, bisnis dijogya, bisnis kuliner diyogya, bisnis kuliner jogja, bisnis kuliner jogjakarta
BAGIKAN

Ada pertanyaan atau komentar?