Usaha sampingan adalah kegiatan yang banyak dilakukan oleh pekerja yang ingin meningkatkan pendapatan mereka.

Usaha Sampingan Untuk Pegawai Negeri Sipil Maupun Swasta
Usaha Sampingan Untuk Pegawai Negeri Sipil Maupun Swasta (Foto: Christina Morillo)

Yang melakukan kegiatan ini adalah orang-orang yang sudah berada di pekerjaan utama, mulai dari pegawai negeri sipil hingga pegawai swasta, yang jam kerjanya pada umumnya sudah pasti.

Selain menghabiskan waktu di rumah, mereka kemudian menciptakan peluang usaha yang menguntungkan di desa tanpa harus mengganggu pekerjaan utama. Jenis pekerjaan paralel ini tentunya harus merupakan pekerjaan yang tidak memerlukan waktu khusus untuk mengelolanya.

Usaha sampingan tidak terlalu memakan banyak energi, karena orang sudah muak dengan pekerjaan utama mereka dan biasanya usaha ini memiliki hubungan dengan hobi dan preferensi orang lain untuk suatu kegiatan.

Ada dua jenis usaha sampingan yang bisa kalian lakukan.

Pertama adalah usaha offline atau konvensional.

Jenis usaha ini mengharuskan Anda menguasai diri secara teknis dengan meluangkan waktu di antara tugas-tugas utama Anda. Biasanya dilakukan setelah kembali dari kerja atau setelah menyelesaikan pekerjaan utama. Beberapa jenis peluang usaha yang dapat Anda manfaatkan adalah:

Warung Klontong

Warung Klontong adalah jenis usaha yang tidak aka nada matinya. Soalnya, warung klontong menjual kebutuhan orang setiap hari. Bagaimana cara menjalankan warung klontong jika Anda harus pergi bekerja dari pagi hingga malam?

Anda tidak harus membuka warung kelontong buka 24 jam sehari, Anda cukup terbuka sampai tengah malam misalnya. Masalahnya adalah bahwa di pedesaan, jarang ada toko buka larut malam.

Bahkan jika Anda tahu, banyak ibu lebih suka berbelanja di malam hari ketika anak-anak mereka tertidur, terutama ibu-ibu dari balita.

Warkop atau Café

Ketika sedang santai atau libur, orang biasanya suka pergi ke café untuk bersantai terutama anak muda. Terkadang, café juga menyajikan sarapan di cafe sambil makan kue. Nah, kafe bisa menjadi usaha yang bagus.

Pertama-tama Anda dapat mempekerjakan karyawan atau orang terdekat. Dan pilih lokasi yang berdekatan dengan suatu kampus atau kantor. Selain itu, Anda bisa membuka stand jus buah.

Usaha jus juga selalu menjanjikan karena permintaan sangat kuat. Terutama di daerah yang masih minim café.

Warung bakso

Nah, warung bakso juga merupakan usaha terlaris jika rasanya enak. Orang-orang dapat berbondong-bondong membawa keluarga atau pacar mereka untuk mencari makanan ini.

Selain cara makannya yang simple, peminat dari bakso ini kebanyakan dari kalangan ibu-ibu atau mahasiswa.

Siapkan bakso seenak mungkin untuk mendapatkan pelanggan tetap. Bakso biasanya sangat diminati saat kondisi cuaca sedang hujan, karena bakso dihidangkan dalam kondisi yang panas.

Jadi cocok untuk dijadikan menu saat dinginnya hujan. Yang penting, lokasi dan tempat penjualan bakso itu bersih dan indah. Ini bertujuan untuk menarik minat pelanggan Anda.

  Peluang Usaha Rumahan Agro Modern Dengan Sistem Hidroponik

okasi yang ideal untuk membuka warung bakso yaitu dekat komplek perumahan atau kampus.

Toko makanan ringan

Usaha sampingan selanjutnya yang bisa Anda jadikan usaha sampingan adalah toko makanan ringan.

Makanan ringan seperti kue kering atau stik keju biasanya sangat laku di tempat-tempat sibuk seperti pelabuhan, terminal, dan lainnya. Karena makanan ringan bisa dijadikan cemilan untuk sambil menunggu kendaraan datang.

Ada berbagai jenis makanan ringan yang bisa dijual, dari astor hingga kue kering. Anda juga bisa menjual kue khas daerah.

Kedua, usaha yang bersifat online

Usaha online berarti menggunakan teknologi digital atau Internet sebagai media. Jenis bisnis ini memiliki tipe berbeda yang semuanya berbasis internet. Beberapa upaya yang dapat Anda kembangkan secara online meliputi:

Reseller

Dengan menjadi Reseller, Anda tidak perlu pindah dari tempat duduk Anda untuk menjalankan bisnis ini. Cukup mempromosikan diri sebagai reseller atau penjual produk orang lain. Ada banyak pilihan untuk membeli dan menjual model ini.

Berbekal media sosial, sebagian besar Instagram dan Facebook, hanya menampilkan berbagai produk yang siap dijual dan menawarkannya melalui akun media sosial Anda.

Hebatnya, peluang bisnis unilateral di desa ini hanya membutuhkan modal HP dengan koneksi Internet. Anda juga dapat menjalankannya di antara aktivitas domestik Anda.

Membuat website sendiri

Banyak orang memiliki website tetapi tidak tahu mendapat pengunjung dan mendorong penjualan produk. Kesempatan ini dapat diambil dan melakukannya selama waktu senggang Anda.

Tentu saja, Anda harus memiliki fitur yang terkait dengan optimalisasi situs web untuk dapat tampil di halaman Google misalnya. Pembuatan website ini juga dapat memperkuat citra merek perusahaan yang Anda layani. Pekerjaan ini dapat dilakukan di malam hari dan di luar jam kerja Anda.

Content Writer atau Penulis

Usaha yang lainnya adalah menjadi penulis. Ini adalah pekerjaan yang dapat dilakukan dari mana saja dan Anda dapat dengan mudah mengatur waktu untuk mengerjakannya.

Tapi untuk menjadi penulis, Anda harus memastikan bahwa tulisan itu mengandung Search Engine Optimization (SEO) sambil menyediakan berbagai informasi menarik dan, tentu saja, dapat dipahami banyak orang.

Ada banyak peluang kerja seperti ini yang dapat Anda tawarkan sebagai orang yang dapat menulis dan siap untuk menyediakan konten untuk website.

Oke Sob, itulah beberapa usaha sampingan yang dapat Anda lakukan tanpa harus mengganggu pekerjaan utama Anda. Beberapa pekerjaan sampingan tersebut, mungkin akan membawa Anda lebih sukses daripada pekerjaan utama Anda.

Tapi, rejeki siapa yang tahu ya kan? Yang penting tetap optimis, tapi tetap berhitung sesuai data ya Sob! jangan coba-coba.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here