10 Tempat Wisata Candi Di Jogja Yang Mengagumkan
10 Tempat Wisata Candi Di Jogja Yang Mengagumkan
10 Tempat Wisata Candi Di Jogja Yang Mengagumkan
10 Tempat Wisata Candi Di Jogja Yang Mengagumkan

Tempat wisata di Jogja memang sangat menarik untuk di kunjungi, apalagi kalau mengulas tentang wisata candi di Jogja. Pastinya akan muncul beragam pertanyaan, rasa penasaran, sekaligus decak kagum yang membuat anda bisa menggelengkan kepala. Tak ubahnya pulau seribu Pura yang menjadi julukan Provinsi Bali, Yogyakarta juga memiliki julukan negeri seribu Candi, selain kota pelajar.

Terutama di kawasan Prambanan dan sekitarnya yang merupakan sebuah wilayah atau pusat ke-agaman dari masa ke masa Kerajaan Mataram. Tersebarnya ribuan candi yang berada di kawasan Prambanan semakin membuktikan bahwa wilayah tersebut merupakan pusat dari pemerintahan sekaligus wilayah religi dan penting di masa kerajaan.

Mengulas wisata candi di Jogja, menjadi begitu penting mengingat banyaknya candi yang masih belum di pugar kembali. Sekaligus juga semakin membuktikan kalau tempat wisata di Jogja, tidak hanya sekedar komersil saja melainkan juga sebagai wisata yang kaya akan ilmu pengetahuan dan budaya. Nah, mari kita simak 10 tempat wisata candi di Jogja yang mengagumkan berikut ini.

Candi Prambanan

Merupakan candi termegah abad ke-9 yang pernah dibangun oleh bangsa Indonesia yang dibangun pada kawasan dataran sewu. Sekaligus menjadi candi Hindu termegah yang pernah dibangun di tanah Jawa. Dengan asrsitektur yang menyerupai Maha Meru, yang dipercaya sebagai tempat bersemayam para Dewa.

Candi Plaosan

Candi yang merupakan bentuk dari akulturasi budaya Hindu dan Buddha, menjadikan arstiketur candi berbentuk gabungan antara candi Hindu dan Buddha. Dibangun oleh Rakai Pikatan, sebagai bentuk kecintaanya terhadap sang Permaisuri. Sebuah kisah romance di masa kerajaan, dimana cinta tidak dibatasi oleh keyakinan masing – masing.

Candi Banyunibo

Sebuah candi yang berdiri jauh dari hiruk pikuk perkotaan, sebuah kawasan persawahan yang damai. Berada mblusuk ke dalam desa – desa, sebuah candi yang menawarkan eksotisme kedamaian sekaligus ketenangan jiwa. Sekaligus juga menyimpan beragam misteri yang belum terpecahkan.

Candi Sambisari

Keberuntungan sekaligus kesabaran, beraduk menjadi satu setelah candi ini selesai di pugar. Tidak dengan waktu singkat para peneliti untuk memugar candi Sambisari, kiranya sekitar Dua-Dekade untuk merampungkan misteri puzzle sejarah yang menyelimuti candi. Keberuntungan untuk bapak pemilik sawah yang menemukan harta karun tak ternilai ini.

Candi Kalasan

Ialah candi yang berdiri sejak 1236 tahun yang lalu, menjadikan candi Kalasan sebagai salah satu candi tertua yang pernah ditemukan. Yang diperuntukan sebagai tempat tinggal para Biksu, sekaligus sebagai tempat suci Wihara. Serta menjadikan candi yang menyimpan beribu kisah dari masa ke masa.

Candi Sari

Sebuah candi yang berbentuk seperti sebuah istana di Kahyangan, sekaligus masih erat kaitanya dengan candi – candi sebelumnya. Dengan arsitektur mengagumkan, serta stupa – stupa yang bentuknya sama dengan yang ada di candi Borobudur. Semakin menunjukan kejayaan kerajaan Buddha di masa itu sangat mendominasi.

Candi Ijo

Menyimpan beragam kisah yang menyelimutinya, sekaligus kepercayaan yang membuat candi ini berada di dataran paling tinggi diantara candi yang berada di kawasan dataran sewu. Tepatnya berada di 375 meter permukaan laut membuat candi ini, tepat berada diatas perbukitan yang memiliki hamparan padang nan luas.

Candi Gebang

Lokasi candi yang berada di hamparan ladang padi membuat suasana pedesaan sangat kental terasa di Candi Gebang. Sinar mentari pagi serta kabut pagi menyelimuti candi, dengan kicauan burung yang berada di atas pepohonan. Sungguh sinergi alam antara manusia dengan alam, menikmati wisata candi di Jogja, penuh ketenangan batin.

Candi Ratu Boko

Salah satu tempat wisata di Jogja, yang penuh dengan ketenangan, sekaligus sebagai spot paling mantap untuk menyaksikan matahari terbenam. Sekaligus tempat yang paling mantap pula untuk melihat matahari terbit dari ufuk timur. Meleburkan kehangatan oleh cahaya sang mentari pagi, yang menyambut hari baru.

Candi Barong

Masih erat kaitanya dengan keberadaan candi Prambanan membuat candi Barong tidak luput dari kunjungan para wisatawan. Kekayaan budaya yang terpancar dari relief candi Barong membuktikan tangan terampil maysarakat Jawa pada masa itu, sangat menyukai keindahan. Sekaligus detail yang menjadikan maha karya, arsitektur yang sangat megah dan indah.

Dari ke-10 tempat wisata candi di Jogja tersebut, masihlah beberapa candi yang sudah sangat popular dikalangan para wisatawan. Sedangkan masih ada banyak lagi candi yang akan membuat anda berdecak kagum saat melihat maha karya indah itu. Nah, semakin menyenangkan tentunya buat anda yang sangat senang dengan wisata sejarah.

Selain itu juga semakin mempertegas bahwa bangsa Indonesia juga memiliki kekayaan budaya untuk soal arsitekur bangunan yang tak kalah dengan arsitek dunia Negara lain. Dan pastinya sangat menyenangkan buat anda yang memiliki kesempatan untuk berkunjung ke salah lima tempat tersebut.

Photo by, sobatjogja.com

candi di jogja yang hits, candi dijogja, wisata candi di jogja, candi yang hits di jogja, wisata candi di jogja yang gratis, wisata candi jogja
BAGIKAN

Ada pertanyaan atau komentar?