Tampaknya di masa lalu Jepang sempat menggali begitu banyak liang-liang di Yogya yang menjadi ukiran saksi sejarah kehidupan bangsa di masa penjajahan. Goa jepang dengan mudah Anda temukan di penjuru Yogya, dari kawasan kaki merapi sampai kawasan selatan perbukitan tepi Parang tritis. Memberi Anda satu lagi tantangan menarik untuk Anda jelajahi.

Ini dia Pesona Pantai Parang Tritis dari Goa Jepang Yang Mempesona
Ini dia Pesona Pantai Parang Tritis dari Goa Jepang Yang Mempesona (Photo by, angkisland.com)

Dan kali ini kita akan mencoba menjelajahi salah satu goa Jepang yang menghiasi kawasan wisata Parang Tritis. Entah karena kurang publikasi atau karena lokasinya yang terpisah, tak banyak orang mengetahui keberadaan Goa Jepang ini di area wisata Parang Tritis dan Parang Kusumo.

Berada di ketinggian sekitar 200 mdpl goa Jepang ini seharusnya bisa menjadi destinasi tambahan setelah penat bemain air dan beradu dengan hempasan ombak ganas Parang Tritis. Udara sejuk khas pantai yang menyapa wajah akan menyegarkan penat Anda kembali setelah berpanasan di pantai hitam khas Parang Tritis.

Goa Jepang ini masih berada di area yang sama dengan kawasan pantai Parang Kusumo dan Parang Tritis. Tepatnya di daerah Poyahan, Seloharjo Pundong.  Anda bisa menyambanginya dengan berjalan mengikuti jalur tracking yang sudah tersedia menuju perbukitan timur dari pantai Parang Tritis.

Posisinya tidak terlalu tinggi sebenarnya, meski memang membutuhkan cukup stamina untuk mendaki mengingat lokasinya di salah satu sisi bukit bertebing. Apalagi lokasinya sedikit terssembunyi di balik rimbun vegetasi dan tanaman hutan khas dari tepian bukit Pundong. Jalur tracking cukup berliku tetapi tidak membahayakan.

Menariknya, Goa Jepang ini secara langsung mempertemukan Anda dengan cakrawala dari lautan Hindia. Anda tidak hanya dimanjakan oleh kecantikan pemandangan dari pantai Parang Kusumo dan Parang Tritis belaka. Tetapi juga pesona dari jajaran pantai lain di sepanjang garis pantai kisaran Pundong dan sekitarnya seperti pantai Depok, pantai Samas, pantai Kwaru bahkan bila sedang cerah Anda juga bisa melapangkan pandangan Anda sampai ke garis pantai Glagah dan pantai Trisik.

Garis pantai di daerah Kulon Progo tergolong landai sehingga mudah dilihat dari area perbukitan Bantul. Ini berbeda dengan garis pantai di Gunung Kidul yang berpagar oleh jajaran perbukitan Sewu, sehingga tidak bisa leluasa dilihat dari kawasan Bantul.

Ada beberapa liang yang dibangun di area ini dan ukurannya relatif besar dengan kedalaman bervariasi sekitar 10 meter sampai beberapa belas meter. Anda bisa menjelajahinya satu persatu. Kadang beberapa orang memilih untuk berkemah di lokasi Goa Jepang karena alasan view yang luas dan lokasi yang sudah otomatis diteduhkan dari hujan dan angin.

Jangan lupa sempatkan untuk sejenak mendaki ke Goa Jepang dan menyesap kesegaran khas pantai dari perbukitan Pundong yang rimbun dan sejuk ketika Anda berkunjung ke kawasan wisata Parang tritis dan Parang Kusumo.

Baca juga : Beginilah Kedung Pedut, Kecantikan Air Terjun Kulonprogo Ala Kahyangan

Penelusuran yang terkait dengan Goa di pantai parangtritis, gunung botak parang kusumo goa jepang.

Ada pertanyaan atau komentar?