8 Kuliner Esktrim Jogja Yang Bikin Penasaran Part Satu
8 Kuliner Esktrim Jogja Yang Bikin Penasaran Part Satu
8 Kuliner Esktrim Jogja Yang Bikin Penasaran Part Satu
8 Kuliner Esktrim Jogja Yang Bikin Penasaran Part Satu

Rupanya di Jogja juga ada beberapa lokasi makan yang siap membuat Anda kaget dengan pilihan menunya, atau beberapa sajian jalanan yang siap bikin Anda meneguk ludah sesaat. Siapa sangka Anda bisa bertemu kuliner ekstrim Jogja di kota yang terkesan ramah dan hangat ini?

Jadi penasaran apa saja sih kuliner ekstrim Jogja yang siap menyapa petualangan selera Anda? Ini dia daftarnya :

  1. Belalang Goreng
    Kita mulai daftar makanan unik dan ekstrim ala Jogja kita dengan belalang goreng, Camilan yang berdasar penelitian UGM ternyata sehat sekali ini adalah hidangan khas dari kawasan Gunung Kidul. Dibuat pusing dengan banyaknya kawasan serangga ini yang datang ke ladang dan merusak tanaman mereka, akhirnya belalang ini malah ditangkap dan dimasak sekalian. Rupanya rasanya malah enak, gurih dan renyah, katanya tak ubahnya dengan udang yang digoreng kering. Biasanya belalang ini dibumbu bacem atau malah di bumbu pedas.
  2. Daging Ular Kobra
    Tidak terbayang ular kobra yang kita kenal berbisa dan berhaya malah tersaji di meja makan kita dan menjadi teman nasi. Tetapi itulah yang bisa Anda jumpai di sebuah resto yang berada di Jalan hayam Wuruk 19, sekitar 400 meter ke selatan stasiun Lempuyangan. Jangan kaget dengan aneka hidangan unik berbahan kobra mulai dari kobra asam manis, sate kobra, tongseng kobra, steak kobra sampai kobra crispy. Anda juga bisa membawa pulang abon kobra dan dendeng kobra, kalau-kalau Anda rindu lagi menikmati hidangan serba kobra di sini.

    Kuliner Esktrim Jogja Sate Kobra
    Kuliner Esktrim Jogja Sate Kobra (Photo by, web.id.tc)
  3. Sate Kuda
    Siapa yang membayangkan rasanya daging kuda dibakar? Tak usah dibayangkan, cicipi saja langsung di sate kuda di kawasan Gondolayu atau di kawasan Kranggan. Soal rasa, sedikit mendekati rasa daging kambing dengan efek rasa panas yang sama. Tapi khasiat dari daging kuda ini cukup melegenda meski belum bisa juga dipastikan kebenarannya. Katanya sate kuda sangat baik untuk obat asma, reumatik dan masalah vitalitas.

    Kuliner Esktrim Jogja Sate Kuda
    Kuliner Esktrim Jogja Sate Kuda (Photo by, jogjatrip.com)
  4. Tongseng kelelawar
    Sedikit mengejutkan memang ketika mendengar kelelawar bisa dimakan, bahkan di bubu tongseng. Kira-kira rasanya jadi seperti apa? Untuk menjawab penasaran Anda, bisa saja Anda memacu kendaraan menuju Jl Bantul km 5,5. Disana terdapat warung unik yang menyajikan tongseng kelelawar dan tongseng tupai. Katanya sih, kedua bahan aneh ini memiliki khasiat penyembuhan untuk mengatasi asma, darah tinggi dan beberapa penyakit lain.

    Kuliner Esktrim Jogja Tongseng Kelelawar
    Kuliner Esktrim Jogja Tongseng Kelelawar (Photo by, sonofmountmalang.wordpress.com)

Masih ada 4 lagi menu kuliner ekstrim Jogja yang siap membuat Anda terkejut. Bagi Anda yang hobi bertualang rasa menu-menu unik dari khasanah kuliner Jogja ini tak boleh Anda lewatkan. Masih penasaran dengan menu-menu lain dalam kuliner ekstrim Jogja, Anda bisa lihat di bagian kedua dari informasi ini di sini. Siap menantang selera makan Anda?

Lanjutan : 8 Kuliner Esktrim Jogja Yang Bikin Penasaran Part Dua

Baca juga : Sego Gurih Sajian Khas Sekaten Yang Hampir Punah

Photo by, kompasiana.com/muslihudinelhasanudin

abon ular jogja, sate biawak kuda diyogya
BAGIKAN

Ada pertanyaan atau komentar?