10 Wisata Kuliner Jogja Mblusuk-an Yang Mantap
10 Wisata Kuliner Jogja Mblusuk-an Yang Mantap

Kali ini kita bicara soal wisata kuliner Jogja yang unik dan bahkan perlu upaya untuk menjamahnya. Wisata kuliner Jogja memang beragam, bahkan lokasi yang “Mblusuk” sekalipun tetap di cari oleh para pecinta kuliner se-antero negeri. Buktinya, parkiran yang penuh sesak ini tidak hanya didominasi oleh plat AB (Kendaraan Wilayah Yogyakarta) saja, tapi dari sekitaran Jawa Tengah dan berbagai daerah juga terlihat datang bersama keluarga besar.

Semakin membuktikan bahwa kelezatan kuliner Jogja memang sangat memorable, terutama bagi alumni mahasiswa yang sempat kuliah di Yogyakarta. Tempat makan Mblusuk ini pastinya akan membangkitkan memory mereka, yang kemudian menjadi bahan cerita kepada anak – anak dan keluarga mereka. Selain cita rasa yang menggoyang lidah yang paling penting juga adalah history-nya.

Dan berikut 10 daftar wisata kuliner Jogja yang Mblusuk itu :

Ayam Goreng Mbah Cemplung

Lokasinya berada di Dusun Sendang Semangi, Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Mendengar namanya saja sudah terdengar unik kan ? Tentu cita rasa yang disajikan juga unik pastinya. Rasa ayam kampung Kemanggang umur 3 bulanan yang terkenal lezat, dijamin bikin lidah anda bergoyang.

Rasa ayam yang gurih dan nikmat membuat hati juga ikut bergetar, merasakan sebuah cita rasa yang memang melegenda. Jika sudah mencicipi ayam Mbah Cemplung dijamin bakalan ketagihan, untuk datang lagi dan lagi. Wisata kuliner Jogja memang menyenangkan apalagi datang beramai – ramai bersama keluarga besar

Bakmi Mbah Gito

Lokasinya di Jalan Nyi Ageng Nis, Kelurahan Rejowinangun (Barat kantor BPS) bila dari XT Square ka-arah timur sampai mentok. Melihat arsitektur warung-nya saja sudah nyentrik dan juga terkesan etnik, membawa suasana desa yang sangat kental. Menikmati semangkuk Bakmi Jawa dengan segelas teh hangat rasanya memang menggiurkan.

Ditambah suasana yang tenang juga pas buat refresh diri keluar dari hiruk pikuk perkotaan, lewati malam di warung ini juga terasa nikmat. Apalagi ngobrol asyik sembari menyantap Bakmi Mbah Gito yang sangat khas dan unik. Makan disini akan menciptakan memory baru tentang kenangan di Jogja dan pastinya dapat dikenang dengan baik.

Bakmi Mbah Mo

Lokasinya berada di Desa Code, Kabupaten Bantul, Yogyakarta tepatnya di jalan Bantul sampai ketemu perempatan daerah Klodaran, lalu kea rah timur menuju RSUD Bantul, lalu perempatan pertama belok ke-arah utara sampai ketemu Desa Code, nah sampai disini Sobat akan menemukan plang yang menunjukan arah lokasi Mbah Mo.

Kudapan satu ini memang paling nikmat saat disantap hangat – hangat, aroma tungku kayu tradisional kental terasa, membuat Bakmi Mbah Mo semakin nikmat saat disantap. Irisan sayur, daging ayam, telur bebek, dan sambal kecap melumer dalam mulut, semakin nendang rasanya. Mie nya yang lembut membuat lidah bergoyang saat dikunyah.

Bakso Ironayan

Lokasinya berada di Desa Ironayan, Banguntapan, Yogyakarta. Tepatnya di perempatan ring road Pleret, arah selatan sampai ketemu Gapura Dusun Ironayan, Warung ada di sebelah Masjid Ironayan. Warung Bakso Ironayan yang dibangun tahun 1985 ini memang sangat melegenda. Tak heran jika pengunjung yang datang dari berbagai daerah.

Rasa kuah yang gurih, ditambah dengan pentol (bakso) yang lembut, dan bakso goreng yang kerenyes membuat mulut tak henti berkunyah. Dengan sedikit perasan jeruk nipis membuat kuah menjadi sangat gurih terasa.

Enthok Slenget

Lokasinya berada di Dusun Randusongo, Donokerto, Turi, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Enthok Slenget sudah ada sejak tahun 2007, yang dirintis oleh Kang Tanir. Kata “Slenget” ini maksudnya adalah enthok yang dimasak dengan lumeran cabe, yang dicampur pada semur enthok-nya. Tak heran menimbulkan rasa pedas yang cetar.

Saat jam makan siang tiba, banyak pecinta kuliner pedas datang kesini, sampai – sampai penuh sesak di warung makan ukuran 5 x 6 meter ini. Jika anda sudah nyoba Enthok Slenget Super Pedas Kang Tanir ini, dijamin pengen coba lagi dan lagi. Karenan memang cita rasanya ngangenin.

Gudeg Pawon

Menjelang malam warung makan Gudeg Pawon makin penuh sesak oleh para pecinta kuliner, cita rasannya yang khas dan unik membuat para pecinta kuliner tidak bosan – bosanya datang kembali ke warung makan Gudeg Pawon. Pawon merupakan bahasa Jawa artinya dapur, jadi konsep Gudeg Pawon ini memang, makan gudeg di dapur. Lokasinya di jalan Janturan, Kusumanegara, Yogyakarta.

Kebiasaan makan di dapur ini memang sudah ada sejak ribuan tahun silam, kesan hangat dan nyaman serta rasa kekeluargaan itulah yang membuat konsep ini menjadi primadona. Selain cita rasa gudeg yang memang sudah melegenda, suasana historical juga kental disini, membuat anda akan seolah kembali kemasa lalu. Jadi, sempatkan untuk mencicipi Gudeg Pawon ini kala anda datang ke Jogja.

Ingkung Mbah Cempluk

Berlokasi di Guwosari, Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Sebuah warung makan yang berada jauh dari perkotaan, yang menyuguhkan anda dengan ayam kampung lezat tanpa batas. Tak heran jika pengunjung yang datang sangat banyak, sebab cita rasa ayam ingkung yang terkenal, sudah menjadi magnet tersendiri disini.

Selain itu ada berbagai menu andalan lainya seperti ayam bakar, ayam goreng, wader goreng, bandeng bakar, gurame bakar, sambel teri, cumi Lombok ijo, ikan patin, udang petai, dan sambel belut. Dijamin menggoyang lidah anda para pecinta kuliner.

Mangut Lele Mbah Marto Ngeneng

Mangut lele mbah Marto ngeneng memang juara untuk soal bahan olahan lele, itu sebabnya warung ini ramai di datangi oleh para pecinta kuliner dari berbagai daerah di Indonesia. Yang menjadi ciri khas lainya adalah cara penyajian-nya.

Konsepnya makan di dapur dan ambil sediri langsung dari wajanya, yap! Jadi disini tidak ada pelayan. Semua menu anda sendiri yang ambil, semacam prasmanan, jadi anda bisa bebas milih menu bayar belakangan. Jadi, tunggu apa lagi, segera meluncur kesana dan nikmati cita rasa luar biasa, untuk info lebih lanjut Sobat bisa baca di artikel berikut : Mangut Lele Mbah Marto

Pecel Baywatch

Lokasinya berada di Kasongan, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Di pulau Jawa memang memiliki beragam jenis pecel seperti, Pecel Madiun, Pecel Blitar, Pecel Madura, Pecel Slawi, termasuk juga yang khas Jogja yaitu Pecel Baywatch ini. Nama pecelnya keren kan ? Sekeren rasanya tentu, pantas saja warung ini tak perah sepi oleh pengunjung.

Menu andalan-nya adalah pecel dengan sayuran gurih plus bumbu kacang yan meng-gugah selera makan anda. Pecel ciptaan mbah Marno ini memiliki ciri khas unik yaitu sayuranya yang terdiri dari empat sayuran yaitu, bayam, daun papaya, kembang turi, dan toge, dijamin enak dan sehat tentunya.

Sambel Welut Pak Sabar

Lokasinya berada di dusun Dongkaran, Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Warung yang menu utama nya ini adalah welut, sangat popular dikalangan pecinta kuliner nusantara. Itu sebabnya banyak pecinta kuliner Jogja pasti menyempatkan diri datang untuk menikmati sepiring sambel welut Pak Sabar yang melegenda ini.

Rasa pedas sambal yang ramah membuat lidak tak berhenti menelan welut goreng yang digoreng hingga gurih. Rasa peda mulai terasa setelah beberapa gigitan, cukup sopan kan ? pedas yang perlahan memanaskan lidah itulah yang nikmat, jadi sempatkan diri untuk nimkati sporsi sambel welut lezat ini.

Nah, gimana sudah “Penasaran” dengan rasanya ? Siap – siaplah untuk Mblusuk lebih dalam ke kampung – kampung lalu rasakan keseruan dan kenikmatanya. Jadi, pilih salah dua dari daftar 10 wisata kuliner Jogja Mblusuk tersebut weekend ini, dan bersiaplah menciptakan kenangan di tempat makan legendaris itu. Selamat menikmati wisata Kuliner Jogja..

Photo by, Jogja Empat Roda

kuliner bantul, wisata kuliner di bantul, kuliner desa di jogja, kuliner legendaris jogja, kuliner pedesaan di jogja, ayam ingkung terkenal di jogja, wisata kuliner legendaris jogja, ingkung ayam ring road selatan

Ada pertanyaan atau komentar?