Sobat Jogja – Peluang untuk membuka usaha ada dimana mana bahkan di desa pun juga bisa. Tetapi untuk membuka usaha juga tidak bisa sembarangan dan juga tidak bisa asal memilih usaha apa yang akan digeluti.

Banyak macam usaha yang sudah berdiri saat ini, seperti wisata contohnya. Sudah banyak tempat wisata yang berdiri, yang membedakan hanyalah wahana dan tempatnya saja sehingga itu memberikan kesan yang bosan bagi pengunjung.

Lalu, bagaimana membuat suatu usaha yang unik? Dengan memanfaatkan kondisi sekitar yang berbeda dengan daerah lainnya, kalian bisa membuka usaha unik di desa.

Kalian bisa memanfaatkan kondisi di desa kalian sehingga menjadikannya desa wisata yang menarik banyak pengunjung. Usaha ini juga tidak perlu modal besar karena modalnya malah lebih ke berupa promosi di social media atau promosi dari mulut ke mulut.

Di bawah ini ada beberapa contoh usaha unik di desa yang memanfaatkan kondisi sekitarnya:

Usaha Makanan Ringan

Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Mulai Dari 2 Juta-an, Mau Coba?
Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Mulai Dari 2 Juta-an, Mau Coba? (Foto: Buenosia Carol)

Di Lombok Utara banyak ibu ibu yang berkumpul membuat makanan dari segala jenis tumbuhan yang mereka tanam di kebun. Contohnya adalah ceriping pisang manis dan makanan ringan lainnya yang terbuat dari pisang.

Alasan pisang dipilih karena di Desa Lombok Utara banyak pohon pisang yang telah matang sering terbuang sia sia. Lalu ibu ibu itu menggunakan keahlian mereka sehingga pisang yang tadinya terbuang itu menjadi makanan ringan dalam kemasan yang bagus di banyak toko dengan rasa yang menggugah selera.

  Apa Tugas Utama Badan Permusyawaratan Desa dan Kepentingannya?

Jika di daerah kalian terdapat tanaman buah yang jarang dimanfaatkan orang, kalian bisa menjadikannya usaha loh.

Membuat Hiasan

Kawasan Kotagede, Bagian Sejarah Negeri Mataram Kuno
Kawasan Kotagede, Bagian Sejarah Negeri Mataram Kuno

Hiasan adalah suatu produk kerajinan tangan yang membuat banyak orang suka karena keindahannya yang unik dan mempunyai ciri khas. Setiap daerah memiliki orang yang berkemauan membuat hiasan unik dari berbagai bahan yang ada di daerah mereka.

Ini lah yang dilakukan kelompok ibu-ibu di Dayak dengan menciptakan aneka hiasan berbahan manik-manik khas Kalimantan. Ciri khas manik-manik yang disebut mutu manikam itu sekarang banyak menjadi bagian dari berbagai pagelaran fashion dunia.

Aneka kerajinan seperti ini bisa menjadi salah satu jenis usaha unik di desa dengan menjual produknya ke kota atau menjadi oleh oleh wisatawan.

Dropship

4 Usaha Unik di Desa, Mulai Dari Modal Kecil Dijamin Untung Banyak
4 Usaha Unik di Desa, Mulai Dari Modal Kecil Dijamin Untung Banyak (Foto: Rawpixel)

Hidup di pedesaan bukan berarti tidak bisa mendapat rezeki. Jika ada internet di desa kalian, kalian tetap bisa menjalankan usaha seperti yang dilakukan orang orang di kota. Contohnya dropship.

Kalian bisa memanfaatkan ini di desa, karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bagaimana cara menjadi dropshipper. Jika di desa kalian ada penjual suatu makanan khas daerah yang unik, kalian bisa membantu mereka menjualnya.

  Klik Disini Dan lihat Ide Bisnis Dana Kecil Yang Menguntungkan

Usaha ini tidak memerlukan tempat untuk menampilkan barang yang dijual karena kalian hanya perlu menjual produk warga di desa. Kalian tidak perlu modal untuk menjalankan usaha ini karena kalian hanya tinggal mencari pembeli saja.

Desa Wisata

Desa Wisata Kebon Agung, Bawa Kita Pada Suasana Pedesaan Yang Asri
Desa Wisata Kebon Agung, Bawa Kita Pada Suasana Pedesaan Yang Asri

Desa Wisata mengharuskan kalian melibatkan banyak orang jika menjalankannya. Karena dalam membuat desa wisata, banyak aspek yang terlibat contohnya aspek alam, wahana, fasilitas dan lainnya.

Banyak Desa Wisata di  Yogyakarta yang menarik pengunjung karena keunikannya. Keunikannya ya seperti yang disebutkan di atas, aspek alam yang memberikan pemandangan cantik di sekitarnya, wahana yang memanfaatkan kondisi alam sekitarnya.

Ini bisa menjadi usaha unik di desa bagi kalian yang tinggal di desa yang memiliki pesona alam yang indah dan belum menjadi tempat wisata.

Itulah beberapa contoh usaha unik di desa, semoga setelah membaca ini kalian bisa mendapat inspirasi untuk membuat usaha unik di tempat kalian.

Penelusuran terkait usaha unik di desa.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here