Sobat Jogja – “Menjalankan usaha itu lebih menguntungkan di kota daripada di desa,” itulah anggapan banyak orang pada umumnya. Padahal, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar karena dengan melihat potensi yang ada maka usaha di desa yang Anda dirikan juga bisa sukses.

Usaha di Desa Yang Menguntungkan Untuk Referensi Anda Memulai
Usaha di Desa Yang Menguntungkan Untuk Referensi Anda Memulai (Foto: Creative Fix)

Anda harus jeli melihat peluang bisnis di desa dengan melakukan beberapa analisa seperti melihat kebutuhan dan daya beli masyarakat serta sumber daya yang ada.

Apalagi dengan masuknya internet ke berbagai pelosok desa yang tentunya sangat membantu dalam mengembangkan berbagai macam jenis usaha yang ada di desa, sehingga keuntungan yang didapatkan semakin besar tidak kalah dengan usaha yang ada di perkotaan.

Bagi Anda yang ingin sekali mendirikan bisnis di desa, berikut ini beberapa peluang usaha di desa yang sangat potensial untuk dijalankan :

Membuka Usaha Sembako

Sembako merupakan kebutuhan utama semua orang, baik yang tinggal di perkotaan dan juga di pedesaan. Maka dari itu, membuka usaha sembako di desa merupakan pilihan terbaik.

Dalam menjalankan usaha sembako, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

  • Tempat yang akan digunakan untuk toko sembako berada di lokasi yang strategis
  • Barang yang dijual mudah didapatkan dan tidak sulit untuk diputar
  • Amati strategi yang digunakan kompetitor
  • Berikan harga yang sesuai dengan standar pasaran

Dengan mengamati empat hal diatas maka Anda tidak akan kesulitan dalam menjalankan usaha sembako.

  Bagaimana Memulai Usaha Kuliner Terbaru Food Truck Yang Kekinian

Pastikan barang yang dijual tidak bermasalah seperti beras yang busuk, telur pecah, bumbu kemasan yang kadaluarsa, dan lainnya.

Usaha Pangkas Rambut

Peluang usaha lainnya yang juga bisa dijalankan di desa yaitu pangkas atau cukur rambut. Usaha ini terbilang mudah dijalankan asalkan Anda punya keterampilan mencukur rambut.

Selain itu, segmen pasarnya juga sangat luas, mulai dari anak kecil hingga orang tua.

Beberapa peralatan yang harus disiapkan dalam menjalankan pangkas rambut adalah sisir, gunting, kaca, alat cukur elektrik, silet, kaca, kursi dan handuk atau lap.

Usaha Peternakan

Ternak merupakan jenis usaha yang cukup populer di pedesaan, karena lahan di pedesaan sangat luas sehingga bisa digunakan untuk beternak.

Selain itu, untuk mendapatkan pakan ternak juga sangat mudah, wajar saja jika usaha ini banyak dijalankan oleh penduduk desa.

Hewan yang paling sering diternakkan yaitu bebek, ayam, kambing, sapi dan lele. Selanjutnya, ketika hewan siap jual, Anda bisa suplai ke pasar, rumah makan dan juga pasar modern.

Usaha Gorengan

Bisa dibilang lidah masyarakat Indonesia sudah sangat akrab dengan makanan yang satu ini. Dengan harga yang murah meriah, gorengan selalu ludes terjual.

Inilah jenis usaha yang tidak pernah sepi pembeli, apalagi jika jualannya di lokasi yang ramai seperti di dekat pasar, perumahan, sekolahan, pabrik dan kampus.

Cukup dengan modal Rp 1 juta Anda sudah bisa memulai usaha gorengan. Anda bisa berjualan keliling atau titip jual ke warung makan pinggir jalan.

  Bisnis yang Menjanjikan untuk Anak Muda, Kaum Urban, dan Millennial

Usaha Cuci Motor

Jumlah pengguna sepeda motor di desa sudah lumayan banyak sehingga usaha pencucian motor cocok untuk Anda jalankan, apalagi jika memasuki musim hujan pasti banyak yang mau mencuci motor.

Peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha cuci motor diantaranya adalah kompresor, selang semprot, ember, lap kanebo, busa dan sabun khusus steam motor.

Berikan promo menarik untuk memancing pengunjung datang seperti 3 kali cuci gratis 1 kali cuci.

Usaha Kerajinan Tangan dan Aksesoris

Kerajinan tangan dan aksesoris merupakan salah satu bidang usaha yang juga banyak dilakukan penduduk desa. Contoh kerajinan tangan yang biasa dibuat adalah furniture dari rotan, kalung dan gelang manik-manik, tas dari batok kelapa, dan masih banyak lagi.

Hasil kerajinan tangan ini dijual di warung-warung pinggir jalan sebagai oleh-oleh dan souvenir. Bahkan, banyak turis dari luar negeri yang menyukai hasil kerajinan tangan Indonesia loh.

Anda juga bisa memasarkan hasil kerajinan tangan dan aksesoris lewat internet melalui media sosial, forum jual beli dan marketplace.

Aneka peluang usaha di desa yang menguntungkan diatas bisa dijalankan oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Jika usaha yang Anda jalankan semakin besar, maka Anda bisa membuka cabang di desa lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here