Pengelolaan sampah saat ini sangat diperlukan karena sampah sulit didaur ulang. Desa wisata Sidoakur dapat jadi contoh dan apa saja yang menarik disana?

Desa Wisata Sidoakur: Belajar Mengolah Sampah dan Membuat Kerajinan
Desa Wisata Sidoakur: Belajar Mengolah Sampah dan Membuat Kerajinan (Foto: RahmatRRor Jezigoz)

Kemudahan yang tersedia di zaman sekarang, kerap membuat banyak orang lalai menjalankan tugasnya. Salah satunya lalai dalam menangani pembuangan sampah dan pengolahannya. Akibatnya, banyak sampah berhamburan dan menjadi limbah hingga sumber penyakit.

Namun lain dengan desa yang satu ini, karena disini sampah diolah menjadi berkah berlimpah. Apakah yang dilakukan di Desa Sidoakur tersebut? Layanan apakah yang tersedia di dalamnya? Anda akan mengetahui jawabannya dengan membaca artikel ini.

Lebih Dekat Dengan Desa Wisata Sidoakur Sleman

Berwisata ke tempat wisata, sangat kurang lengkap tanpa mendatangi fasilitas yang tersedia di dalamnya. Untuk itu, ketahui beberapa fasilitas yang ada dengan membaca informasi berikut.

Pendidikan Pengelolaan Sampah dan Lingkungan

Pengelolaan sampah dan lingkungan adalah hal yang harus dilakukan di zaman modern saat ini. Sehingga limbah tidak akan bertumpuk dan merusak lingkungan.

Keunikannya, banyak limbah sampah yang dapat dijadikan uang kembali. Karena limbah dapat diolah menjadi produk baru dan dijual ke publik dengan harga yang tidak murah.

Wisata Kuliner

Anda yang senang dengan wisata kuliner, dapat mendatangi desa ini bersama keluarga. Karena disini tersedia banyak makanan khas Jogja yang dapat dijadikan pilihan.

Diantaranya, Nasi Megono, Sengek, Lepet Jagung hingga Wedang Rempah. Dari semua makanan dan minuman ini manakah yang menjadi favorit anda? Harga yang ditawarkan pun tergolong murah.

Permainan Tradisional dan Modern

Jika enggan menikmati kuliner, pengunjung dapat menikmati permainan tradisional dan modern. Tersedia berbagai pilihan permainan, seperti lomba bakiak ataupun egrang.

Pengunjung dipastikan dapat menggunakan permainan secara bergantian sembari mengenang kembali permainan yang dimainkan di masa lalu.

Mengenal Tradisi dan Budaya

Kelompok masyarakat di tempat ini sangat mempertahankan budaya dan tradisi mereka. Karenanya, jika beruntung pengunjung dapat menikmati kelas tari ataupun mengikuti upacara adat yang diadakan di desa.

Biasanya, kelas tari dibuka tanpa dipungut biaya. Jadi, tidak perlu khawatir untuk mendatangi kelas dan belajar tari bersama.

Penginapan

Untuk anda yang ingin bermalam tidak perlu jauh-jauh mencari penginapan di kota. Karena disini, tersedia beberapa penginapan yang mengusung konsep tradisional.

Artinya, rumah yang digunakan merupakan rumah tradisional Jogja yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Harga sewa penginapannya pun tergolong murah, jadi pengunjung dapat singgah dalam waktu panjang.

Lokasi Desa Sidoakur

Berikunya anda perlu mengetahui dimana lokasi tepat Desa Sidoakur. Adapun tempat ini berada di dekat pusat kota, tepatnya berada di 8 KM sebelah Barat Yogyakarta.

Untuk menempuhnya, pengunjung dapat melewati Jalan Godean, Jethak II, sidokarto, Godean, Yogyakarta. Jika kesulitan, manfaatkanlah teknologi dengan menggunakan GPS atau Google Maps.

Karena tidak banyak yang mengerti cara mencapai tempat ini, akan disampaikan beberapa akomodasi yang dapat digunakan untuk mencapai desa.

Terdapat 3 cara mencapai tempat wisata, yaitu menggunakan kendaraan pribadi, menggunakan bus jalur 15 dan menggunakan bus jurusan Godean.

Selama menggunakan kendaraan pribadi, anda akan tiba ditempat dengan lebih cepat. Sedangkan yang menggunakan angkutan umum, harap lebih bersabar hingga tiba ditempat tujuan.

Sebelum berwisata ke tempat ini, sebaiknya siapkan dana yang mungkin dibutuhkan. Siapkan dalam bentuk beberapa pecahan uang kecil (cash), mengingat Desa Wisata Sidoakur tidak menyediakan mesin ATM.

Selain itu, persiapkan beberapa peralatan lainnya untuk melengkapi kebutuhan perjalanan.

Petunjuk Arah via Google Maps

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here